PENGARUH TERAPI MEWARNAI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA

  • Khusnul Aini STIKes Kuningan
  • Idzni Azyyati Nadhilah STIKes Kuningan

Abstract

Latar Belakang: Tunagrahita merupakan anak yang memiliki tingkat kecerdasan jauh dibawah anak normal sehingga membutuhkan pelayanan pendidikan khusus. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SLB C YPALB Perwari menunjukkan bahwa rata-rata anak tunagrahita memiliki kemampuan motorik halus yang kurang baik. Salah satu cara untuk meningkatkan motorik halus anak tunagrahita adalah dengan terapi mewarnai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi mewarnai terhadap kemampuan motorik halus anak tunagrahita di SLB C YPALB Perwari Kabupaten Kuningan Tahun 2018.

Metode penelitian: Jenis penelitian ini quasi experimentdengan menggunakan rancangan one group pre test- post test design, rancangan ini tidak ada kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan purpose samplingdengan sampel 15 responden dan menggunakan instrumen SOP mewarnai dan lembar observasi tes kemampuan motorik halus anak tunagrahita. Uji statistik menggunakan uji T-Test Dependent.

Hasil penelitian: Hasil analisis univariat kemampuan motorik halus sebelum diberikan terapi mewarnai didapatkan nilai rata-rata 24,80 sedangkan kemampuan motorik halus setelah diberikan terapi mewarnai didapatkan nilai rata-rata 28,00. Hasil penelitian menunjukanp value 0,003 (p<0,05).

Simpulan: Ada pengaruh terapi mewarnai terhadap kemampuan motorik halus anak tunagrahita di SLB C YPALB Perwari Kabupaten Kuningan Tahun 2018. Disarankan kegiatan mewarnai dapat diaplikasikan terhadap peningkatan motorik halus anak tunagrahita baik dirumah maupun disekolah serta kegiatan mewarnai dapat dijadikan bahan ajar untuk meningkatkan motorik halus siswa tunagrahita

Published
2020-02-17
How to Cite
Aini, K., & Nadhilah, I. (2020). PENGARUH TERAPI MEWARNAI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA. National Nursing Conference, 1(1). Retrieved from https://ejournal.stikku.ac.id/index.php/nnc/article/view/224