PENGARUH INSTRUMENTAL THERAPY MUSIC TERHADAP KUALITAS TIDUR PADA PASIEN POST OPERASI MAYOR DI RUANG BOUGENVILLE RSUD 45 KUNINGAN TAHUN 20019

  • Widiya Septiani Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Kuningan Garawangi
  • Aditiya Puspanegara Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Kuningan Garawangi
  • Yana Hendriana Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Kuningan Garawangi
Keywords: Operasi Mayor, Kualitas Tidur, Terapi Musik Instrumental

Abstract

Operasi merupakan tindakan invasif dengan membuka bagian tubuh untuk perbaikan. Pada pasien yang telah menjalani tindakan pembedahan membutuhkan istirahat lebih banyak dalam proses penyembuhan penyakitnya dibandingkan orang yang sehat. Setiap penyakit yang menyebabkan nyeri, ketidaknyamanan fisik dapat menyebabkan kualitas tidur buruk. Terapi musik instrumental dapat memberikan rasa tenang dan nyaman sehingga membantu untuk memudahkan tidur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi musik instrumental terhadap kualitas tidur pada pasien post operasi mayor.

Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan one group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien post operasi mayor di Ruang Bougenville RSUD 45 Kuningan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah 30 responden. Analisa data digunakan dengan uji paired sampel t test.

Hasil penelitian menunjukan bahwa sesudah diberikan terapi musik instrumental terdapat rata-rata skor kualitas tidur dari skor 14,37 menjadi 4,87   dimana skor ini masuk kedalam kualitas tidur  baik. Hasil uji rerata didapatkan bahwa hasil nilai p value 0,000 < 0,05, maka terdapat pengaruh antara sebelum dengan sesudah dilakukan terapi musik instrumental terhadap kualitas tidur pada pasien post operasi mayor di ruang Bougenville RSUD 45 Kuningan Tahun 2019.

Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terapi musik instrumental terhadap kualitas tidur pada pasien post operasi mayor di ruang Bougenville RSUD 45 Kuningan Tahun 2019. Dianjurkan bagi responden dapat menjadikan terapi musik instrumental sebagai alternatif dalam tindakan non-farmakologis untuk  meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Published
2020-02-17
How to Cite
Septiani, W., Puspanegara, A., & Hendriana, Y. (2020). PENGARUH INSTRUMENTAL THERAPY MUSIC TERHADAP KUALITAS TIDUR PADA PASIEN POST OPERASI MAYOR DI RUANG BOUGENVILLE RSUD 45 KUNINGAN TAHUN 20019. National Nursing Conference, 1(1), 30. https://doi.org/10.34305/nnc.v1i1.136