STUDI EPIDEMIOLOGI PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) DAN KESEHATAN REPRODUKSI : ANALISIS DATA PROFIL KESEHATAN DESA CIBERUNG KECAMATAN SELAJAMBE KAB. KUNINGAN

  • Siti Nunung Nurjannah Sekolah Tinggi ilmu Kesehatan Kuningan Garawangi
  • Cecep Heriana Sekolah Tinggi ilmu Kesehatan Kuningan Garawangi
Keywords: Epidemiologi, Pelayanan, Profil Kesehatan Desa, Ciberung

Abstract

Kesehatan Ibu dan Anak dan Kesehatan Reproduksi menjadi fokus pembangunan kesehatan terutama terkait dengan 1000 hari pertama kelahiran (HPK) yang menjadi fokus pemerintah dalam pencegahan stunting. Data KIA-KR di Kecamatan Selajambe sudah tersedia berdasarkan hasil Survei Dasar Kesehatan Masyarakat (SDKM) tahun 2019 dengan jumlah penduduk terbanyak yaitu Desa Ciberung. Belum dilakukan analisis dan kajian terhadap hasil SDKM bidang KIA-KR di Desa Ciberung.

Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan epidemiologi deskriptif dengan variabel distribusi berdasarkan tempat persalinan, waktu pemeriksaan ANC, karakteristik orang yaitu usia ibu, bayi baru lahir, ASI eksklusif, MP ASI dan penggunaan alat kontrasepsi. Jenis data sekunder yang diambil dari Profil Kesehatan Desa Ciberung tahun 2019. Analisis data deskriptif menggunakan persentase yang disajikan dalam diagram pie dan histogram.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan waktu pemeriksaan ANC yaitu 85,83% rutin, tempat persalinan sebagian 26,77% di Puskesmas, 60,63% usia 21-35 tahun, 88,98% waktu kehamilan >9 bulan, 90% Berat Bayi Lahir >2500 gr, 81% ASI eksklusif, dari yang tidak ASI eksklusif diberikan makanan tambahan 58% dengan susu formula dan 62,24% wanita menikah usia 15-54 tahun mengikuti program KB.

Aspek pelayanan KIA-KR berdasarkan studi epidemiologi deskriptif menunjukan capaian yang baik. Saran bagi Puskesmas Selajambe dan Desa Ciberung perlu meningkatkan kualitas program melalui kerjasama dengan berbagai pihak.

Published
2020-02-17
How to Cite
Nurjannah, S., & Heriana, C. (2020). STUDI EPIDEMIOLOGI PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) DAN KESEHATAN REPRODUKSI : ANALISIS DATA PROFIL KESEHATAN DESA CIBERUNG KECAMATAN SELAJAMBE KAB. KUNINGAN. National Nursing Conference, 1(1), 25. https://doi.org/10.34305/nnc.v1i1.131