PENGARUH AROMATERAPI LAVENDER DAN MUSIK SHOLAWAT TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA IBU PRIMIGRAVIDA KALA 1 FASE LATEN DI RSUD 45 KUNINGAN TAHUN 2019

  • Ira Andriyani Sekolah Tinggi ilmu Kesehatan Kuningan Garawangi
  • Rany Muliany Sudirman Sekolah Tinggi ilmu Kesehatan Kuningan Garawangi
  • Vina Fuji Lastari Sekolah Tinggi ilmu Kesehatan Kuningan Garawangi
Keywords: Aromaterapi Lavender, Musik Sholawat, Kecemasan, Persalinan

Abstract

Kecemasan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap jalannya persalinan dan dapat menyebabkan pembukaan serviks kurang lancar. Salah satu intervensi non-farmakologi yang dapat dilakukan yaitu dengan pemberian aromaterapi lavender dan musik sholawat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh aromaterapi lavender dan musik sholawat terhadap tingkat kecemasan ibu primigravida kala I fase laten di RSUD 45 Kuningan Tahun 2019.

Jenis penelitian ini menggunakan Quasy Eksperimen dengan One Group Pretest Posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 20 ibu bersalin dengan jumlah sampel 15 responden dan teknik pengambilan sampel ini adalah Accidental Sampling, menggunakan uji Paired T-Test. Instrumen yang digunakan untuk menilai kecemasan adalah Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS).

Hasil analisis univariat menunjukkan sebagian besar responden mengalami kecemasan sedang (80%) sebelum diberikan terapi dengan rata-rata 24,47 dan setelah diberikan terapi hampir seluruh responden mengalami kecemasan sedang (93,3%) dengan rata-rata 20,33. Hasil analisis bivariat menunjukkan p value 0,00.

Simpulan terdapat pengaruh aromaterapi lavender dan musik sholawat terhadap tingkat kecemasan ibu primigravida kala 1 fase laten di RSUD 45 Kuningan tahun 2019. Aromaterapi lavender dan musik shalawat bisa menjadi salah satu terapi alternatif untuk membantu ibu bersalin dalam mengalihkan kecemasan pada masa persalinan.

Published
2020-02-17
How to Cite
Andriyani, I., Sudirman, R., & Lastari, V. (2020). PENGARUH AROMATERAPI LAVENDER DAN MUSIK SHOLAWAT TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA IBU PRIMIGRAVIDA KALA 1 FASE LATEN DI RSUD 45 KUNINGAN TAHUN 2019. National Nursing Conference, 1(1), 19. https://doi.org/10.34305/nnc.v1i1.125