HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KUALITAS HIDUP ANAK PENYANDANG THALASEMIA MAYOR DI RSUD KABUPATEN SUMEDANG

  • Lilis Lusiani RSD Gunung Jati Kota Cirebon
Keywords: analisis faktor, anak usia sekolah, kualitas hidup, thalasemia mayor

Abstract

Thalasemia mayor merupakan penyakit kronis terbanyak pada anak di Indonesia. Anak penyandang thalasemia mayor memerlukan transfusi darah dan pengobatan yang terus menerus agar dapat mempertahankan pertumbuhan yang normal. Akibat penyakit dan pengobatan yang terus menerus menimbulkan dampak terhadap anak,  baik secara fisik, psikologis maupun sosial yang berpengaruh terhadap kualitas hidupnya. Kualitas hidup anak penyandang thalasemia mayor dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik eksternal maupun internal. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan dukungan keluarga dan dukungan teman sebaya dengan kualitas hidup penyandang thalasemia mayor usia sekolah di RSUD Kabupaten Sumedang.

Desain penelitian ini adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah penyandang thalasemia usia sekolah. Sampel penelitian berjumlah 55 orang yang diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data kualitas hidup anak menggunakan instrumen PedsQL generic core scale. Faktor-faktor yang diteliti adalah dukungan keluarga dan dukungan teman sebaya. Data dianalisis secara bivariat dengan menggunakan Uji Korelasi Pearson.

Hasil penelitian menunjukkan rerata kualitas hidup penyandang thalasemia mayor usia sekolah sebesar 66,54+12,85. Terdapat hubungan yang bermakna antara kualitas hidup dengan dukungan keluarga (p=0,004, α=0,05) dan dukungan teman sebaya (p=0,000,α=0,05). Kesimpulan penelitian ini bahwa faktor dukungan keluarga dan dukungan teman sebaya merupakan faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup anak penyandang thalasemia mayor usia sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut implikasi keperawatan yang dapat diterapkan adalah dengan mengoptimalkan dukungan keluarga dan teman sebaya.

Published
2020-02-17
How to Cite
Lusiani, L. (2020). HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KUALITAS HIDUP ANAK PENYANDANG THALASEMIA MAYOR DI RSUD KABUPATEN SUMEDANG. National Nursing Conference, 1(1), 15. https://doi.org/10.34305/nnc.v1i1.121