Kombinasi pendidikan kesehatan ceramah dan puzzle meningkatkan pengetahuan tentang gunung meletus pada anak usia sekolah
DOI:
https://doi.org/10.34305/jphi.v4i02.983Keywords:
Ceramah, Puzzle, Anak Usia Sekolah, Pendidikan KesehatanAbstract
Latar Belakang: Yogyakarta memiliki potensi bencana gunung meletus. Meletusnya gunung Merapi menyebakan anak-anak sering menjadi korban utama. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman tentang gunung meletus. Untuk mengurangi risiko anak-anak menjadi korban gunung meletus dapat dilakukan dengan mengedukasi mereka tentang gunung meletus menggunakan kombinasi metode ceramah dengan game puzzle.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Anak Usia Sekolah berusia 6-12 Tahun yang dipilih menggunakan Consecutive Sampling dengan jumlah 20. Pendidikan Kesehatan dilakukan sebanyak satu kali dengan kombinasi metode ceramah dengan game puzzle. Analisa penelitian ini menggunakan Wilcoxon karena sebaran data pengetahuan tidak Normal.
Hasil: Menunjukkan jumlah laki-laki lebih sedikit dibanding perempuan. Paling banyak anak usia sekolah berada di kelas 2 dan 3. Semua anak usia sekolah tidak pernah mendapatkan informasi mengenai gunung meletus. Nilai rerata pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 2.
Kesimpulan: Pengetahuan meningkat 7,74 setalah diberikan pendidikan kesehatan. Secara statistic menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan.
References
Asmarani, F. L. (2019). Peningkatan Pengetahuan Lansia Mengenai Osteoporosis Melalui Pemberian Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visul Di Desa Karangbendo Bantul Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 6(1), 491–495.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2019). Profil Risiko Bencana Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Https://Bnpb.Go.Id/Uploads/Old/Dokumen_Profil_Risiko/Profil_Risiko_Propinsi_Diy.Pdf
Centers For Disease Control And Prevention. (2020). Volcanoes. Https://Www.Cdc.Gov/Disasters/Volcanoes/Index.Html
Green, L. W., & Kreuter, M. W. (1999). Health Promotion Planning: -Aneducationalandecologicalapproach. Mountain View, Ca: Mayfield Publishing. Gwede, C., & Mcdermott, Rj (1992). Aids In Sub-Saharan Africa: Implications Of Health Education. Aids Education And Prevention, 4(4), 350–361.
National Public Radio. (2010). Indonesia’s Mount Merapi Erupts, Dozens Killed. Https://Www.Npr.Org/Sections/Thetwo-Way/2010/11/06/131121861/Indonesia-S-Mount-Merapi-Erupts-Dozens-Killed
Nutbeam, D. (1998). Health Promotion Glossary. World Health Organization.
Potter, & Perry. (2010). Fundamental Of Nursing: Fundamental Keperawatan: Buku 1: Edisi 7. Jakarta: Salemba Medika.
Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi. (2021). Informasi Gunung Merapi. Https://Merapi.Bgl.Esdm.Go.Id/
Rusdiana, A. (2019). Penggunaan Media Komik Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tarbiyatus Sholihin Dadapan Sumberejo Tanggamus. Uin Raden Intan Lampung.
Safitri, Y. L., Sulistyowati, E., & Ambarwati, R. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Media Puzzle Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Sayur Dan Buah Pada Anak Sekolah Dasar. Journal Of Nutrition College, 10(2), 100–104.
Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304.
Santoso, E. B., Fiernaningsih, N., & Murtiyanto, R. K. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Humaniora, 8(2), 48–51.
Suhardin, S. (2016). Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Dan Pengetahuan Tentang Konsep Dasar Ekologi Terhadap Kepedulian Lingkungan. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan.
Taqiyah, S. Z. (2023). Implementasi Manual Media Kaana Puzzle Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 34–51.
Texas, A., & M Agri, L. E. (2016). Germs And Diseases Puzzle. Https://Agrilife.Org/Healthyliving/Germs-And-Diseases-Puzzle/
Unicef. (2011). Child Protection In Emergencies - Indonesia: Mount Merapi Eruption. Https://Www.Unicef.Org/Indonesia/Media/1161/File/Child Protection In Emergencies Indonesia Mount Merapi Eruption - Case Study Final Report.Pdf
Unicef. (2018). The Impact Of Volcanoes On Children. Https://Www.Unicef.Org/Reports/Impact-Volcanoes-Children
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2).
Wibowo, H. S. (2023). Ice Breaker Dan Pembelajaran. Tiram Media.
Yuliana, D., & Sutisna, I. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Ceramah Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Di Smp Negeri 2 Tanjungsari Sumedang. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 3(1), 45–51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan di jurnal kami setuju dengan syarat-syarat berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan Journal of Public Health Inovation (JPHI) hak dari publikasi pertama dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International yang memungkinkan orang lain untuk melakukan perubahan, menyesuaikan dan membangun karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal dalam Jurnal . Penulis diizinkan untuk menyalin dan mendistribusikan ulang versi karya yang diterbitkan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi di jurnal kami.