Kombinasi pendidikan kesehatan ceramah dan puzzle meningkatkan pengetahuan tentang gunung meletus pada anak usia sekolah

Authors

  • Fajarina Lathu Asmarani Program Studi S1 Keperawatan, Universitas Respati Yogyakarta
  • Endang Nurul Syafitri Program Studi S1 Keperawatan, Universitas Respati Yogyakarta
  • Nety Marsalina Suni Program Studi S1 Keperawatan, Universitas Respati Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34305/jphi.v4i02.983

Keywords:

Ceramah, Puzzle, Anak Usia Sekolah, Pendidikan Kesehatan

Abstract

Latar Belakang: Yogyakarta memiliki potensi bencana gunung meletus. Meletusnya gunung Merapi menyebakan anak-anak sering menjadi korban utama. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman tentang gunung meletus. Untuk mengurangi risiko anak-anak menjadi korban gunung meletus dapat dilakukan dengan mengedukasi mereka tentang gunung meletus menggunakan kombinasi metode ceramah dengan game puzzle.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Anak Usia Sekolah berusia 6-12 Tahun yang dipilih menggunakan Consecutive Sampling dengan jumlah 20. Pendidikan Kesehatan dilakukan sebanyak satu kali dengan kombinasi metode ceramah dengan game puzzle. Analisa penelitian ini menggunakan Wilcoxon karena sebaran data pengetahuan tidak Normal.
Hasil: Menunjukkan jumlah laki-laki lebih sedikit dibanding perempuan. Paling banyak anak usia sekolah berada di kelas 2 dan 3. Semua anak usia sekolah tidak pernah mendapatkan informasi mengenai gunung meletus. Nilai rerata pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 2.
Kesimpulan: Pengetahuan meningkat 7,74 setalah diberikan pendidikan kesehatan. Secara statistic menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan.

References

Asmarani, F. L. (2019). Peningkatan Pengetahuan Lansia Mengenai Osteoporosis Melalui Pemberian Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visul Di Desa Karangbendo Bantul Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 6(1), 491–495.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2019). Profil Risiko Bencana Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Https://Bnpb.Go.Id/Uploads/Old/Dokumen_Profil_Risiko/Profil_Risiko_Propinsi_Diy.Pdf

Centers For Disease Control And Prevention. (2020). Volcanoes. Https://Www.Cdc.Gov/Disasters/Volcanoes/Index.Html

Green, L. W., & Kreuter, M. W. (1999). Health Promotion Planning: -Aneducationalandecologicalapproach. Mountain View, Ca: Mayfield Publishing. Gwede, C., & Mcdermott, Rj (1992). Aids In Sub-Saharan Africa: Implications Of Health Education. Aids Education And Prevention, 4(4), 350–361.

National Public Radio. (2010). Indonesia’s Mount Merapi Erupts, Dozens Killed. Https://Www.Npr.Org/Sections/Thetwo-Way/2010/11/06/131121861/Indonesia-S-Mount-Merapi-Erupts-Dozens-Killed

Nutbeam, D. (1998). Health Promotion Glossary. World Health Organization.

Potter, & Perry. (2010). Fundamental Of Nursing: Fundamental Keperawatan: Buku 1: Edisi 7. Jakarta: Salemba Medika.

Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi. (2021). Informasi Gunung Merapi. Https://Merapi.Bgl.Esdm.Go.Id/

Rusdiana, A. (2019). Penggunaan Media Komik Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tarbiyatus Sholihin Dadapan Sumberejo Tanggamus. Uin Raden Intan Lampung.

Safitri, Y. L., Sulistyowati, E., & Ambarwati, R. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Media Puzzle Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Sayur Dan Buah Pada Anak Sekolah Dasar. Journal Of Nutrition College, 10(2), 100–104.

Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304.

Santoso, E. B., Fiernaningsih, N., & Murtiyanto, R. K. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Humaniora, 8(2), 48–51.

Suhardin, S. (2016). Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Dan Pengetahuan Tentang Konsep Dasar Ekologi Terhadap Kepedulian Lingkungan. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan.

Taqiyah, S. Z. (2023). Implementasi Manual Media Kaana Puzzle Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 34–51.

Texas, A., & M Agri, L. E. (2016). Germs And Diseases Puzzle. Https://Agrilife.Org/Healthyliving/Germs-And-Diseases-Puzzle/

Unicef. (2011). Child Protection In Emergencies - Indonesia: Mount Merapi Eruption. Https://Www.Unicef.Org/Indonesia/Media/1161/File/Child Protection In Emergencies Indonesia Mount Merapi Eruption - Case Study Final Report.Pdf

Unicef. (2018). The Impact Of Volcanoes On Children. Https://Www.Unicef.Org/Reports/Impact-Volcanoes-Children

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2).

Wibowo, H. S. (2023). Ice Breaker Dan Pembelajaran. Tiram Media.

Yuliana, D., & Sutisna, I. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Ceramah Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Di Smp Negeri 2 Tanjungsari Sumedang. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 3(1), 45–51.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Asmarani, F. L., Syafitri, E. N., & Suni, N. M. (2024). Kombinasi pendidikan kesehatan ceramah dan puzzle meningkatkan pengetahuan tentang gunung meletus pada anak usia sekolah. Journal of Public Health Innovation, 4(02), 443–448. https://doi.org/10.34305/jphi.v4i02.983
Abstract viewed = 25 times