Hubungan persepsi dengan kepuasan pasien JKN terhadap kualitas pelayanan rumah sakit

Authors

  • Witri Dewi Mentari Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Sebelas April
  • Indra Gunawan Program Profesi Ners, Universitas Sebelas April
  • Ahmad Ropii Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Melani Putri Mentari Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Sebelas April

DOI:

https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.978

Keywords:

Persepsi, Kepuasan, Pasien JKN

Abstract

Latar Belakang: Rumah sakit memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Hal ini tentu perlu didukung oleh pelayanan yang optimal agar pengguna jasa rumah sakit merasa puas. Apalagi saat ini, sebagian besar pengguna jasa rumah sakit adalah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dimana mereka memiliki persepsi bahwa dengan menjadi peserta dan membayar setiap bulannya dengan harapan mereka akan mendapat pelayanan yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara persepsi dengan kepuasan pasien JKN terhadap pelayanan di RSUD Sumedang.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan desain correlational. Populasi penelitian ini adalah pasien atau keluarga pasien JKN di RSUD Sumedang yang berjumlah 10.154 orang, dengan jumlah sampel 100 orang yang ditentukan dengan rumus Slovin.

Hasil: Analisis yang digunakan yaitu univariat dan analisis bivariat dengan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 62% responden memiliki persepsi yang “baik” dan 67% responden “puas” terhadap pelayanan di RSUD Sumedang. Uji korelasi product moment menunjukkan nilai r sebesar 0.787 yang artinya terdapat hubungan antara persepsi dengan kepuasan pasien peserta JKN terhadap pelayanan di RSUD Sumedang.

Kesimpulan: Disimpulkan bahwa sebagian besar responden memiliki persepsi “baik” dan “puas” terhadap pelayanan di RSUD Sumedang. Ada hubungan antara persepsi dengan kepuasan pasien peserta JKN terhadap pelayanan di RSUD Sumedang.

References

Abd Rijali Lapodi, S. K. (2023). Buku Ajar Manajemen Strategik Rumah Sakit. Uwais inspirasi indonesia.

Anjaryani, W. D. (2009). Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Universitas Diponegoro.

Enjang, N. M. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Puskesmas Di Kecamatan Bangkinang. Ilmu Pemerintahan.

Handiwidjojo, W. (2015). Sistem informasi manajemen rumah sakit. Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi Dan Sains, 2(2).

Ikrawan, Z., Ariyanto, Y., & Harijanto, B. (2015). Sistem Informasi Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Pada Program Studi Manajemen Informatika. Jurnal Informatika Polinema, 1(4), 48.

Kayame, E. A. (2023). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Melalui Pendekatan Bauran Pemasaran Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Sungai Bahar Tahun 2023. UNIVERSITAS JAMBI.

Keleng, A., & Aulia, F. (n.d.). Perbandingan Tingkat Kepuasaan Pasien Umum Dengan Pasien Bpjs Pada Pelayanan Instalasi Rawat Jalan Rs Grandmed Lubuk Pakam (Comparison Of General Patient Satisfaction Level With Bpjs Patients In Main Installation Services Grand Lubuk.

Khainuddin, K., Kusmanto, H., & Isnaini, I. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Rawat Inap Pada Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(1), 22–31.

Muliarini, P., & Wiryani, F. (2021). Person-Centered Maternity Care sebagai Pelayanan yang Bermutu dalam Perspektif Hukum Kesehatan. Pandecta Research Law Journal, 16(1), 68–79.

Nugraha, N. M., Anwar, A., Priadana, M. S., & Firdaus, O. M. (2017). Analisis pengaruh citra dan kualitas layanan terhadap kepuasan pasien serta implikasinya pada komunikasi pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 3(1), 14–19.

Radito, T. (2014). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 1–25.

Ranti, B. P. D. (2019). Valuasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Gratis (Studi Kasus Di Rsud Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung).

Shafiratunnisa, K. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Klinik Brimedika Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Sinulingga, N. A. B., Sihotang, H. T., & Kom, M. (2023). Perilaku Konsumen: Strategi Dan Teori. Iocs Publisher.

Siyen, S., Hadi, A. J., & Asriwati, A. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 3(3), 267–274.

Sulaiman, F., Latupono, F., Rohman, H., & Mardiyoko, I. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Dr. Soetarto Tahun 2018. JCOMENT (Journal of Community Empowerment), 1(1), 40–48.

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas pelayanan kepuasan pasien rumah sakit: kasus pada pasien rawat jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 6(1), 9–15.

Yanuarti, R., Febriawati, H., Angraini, W., Pratiwi, B. A., & Wati, N. (2021). Persepsi pasien tentang kualitas pelayanan rumah sakit pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(2), 49–59.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Mentari, W. D., Gunawan, I., Ropii, A., & Mentari, M. P. (2023). Hubungan persepsi dengan kepuasan pasien JKN terhadap kualitas pelayanan rumah sakit. Journal of Public Health Innovation, 4(01), 243–248. https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.978
Abstract viewed = 51 times