Faktor-faktor yang mempengaruhi akses informasi pendidikan seksual di SMK PGRI I Kota Sukabumi

Authors

  • Ai Ana Rodiana Program Studi D3 Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.933

Keywords:

Pengetahuan, Perilaku, Media Informasi, Lingkungan Keluaga, Askes Informasi Pendidikan Seksual

Abstract

Latar Belakang: Akses informasi pendidikan seksual sangat penting karena memiliki dampak langsung pada pembangunan individu yang sehat, baik secara fisik maupun mental. Keterbatasan akses terhadap informasi pendidikan seksual dapat mengakibatkan ketidaktahuan, ketidakmengertian, dan perilaku berisiko dalam hal kesehatan seksual. Menurut data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun 2019, sekitar 29% remaja di Indonesia yang mendapatkan akses pendidikan seksual yang memadai. Maka dari itu, penting untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi akses informasi pendidikan seksual agar dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman di bidang ini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran pengetahuan, perilaku, media informasi, teman sebaya, dan lingkungan keluarga dalam memengaruhi akses informasi pendidikan seksual.

Metode: Jenis penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh siswa SMK PGRI I Kota Sukabumi dengan sampel 237 orang. Pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan analisis statistik menggunakan chi-square dan regresi logistik.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pengetahuan, perilaku, media informasi, teman sebaya dan lingkungan keluarga secara bivariat dan silmultan terhadap akses informasi pendidikan seksual dengan nilai p-value 0.000 (<0,05).

Kesimpulan: Terdapat pengaruh pengetahuan, perilaku, media informasi, teman sebaya dan lingkungan keluarga secara bivariat dan silmultan terhadap akses informasi pendidikan seksual siswa SMK PGRI I Kota Sukabumi.

References

Alviyan, A. (2020). Peran Kelompok Teman Sebaya dalam Upaya Pembentukan Moral Siswa di Kabupaten Ponorogo. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(2).

Andesty, D., Syahrul, F., Epidemiologi, D. & Masyarakat, F. K. (2018). Hubungan interaksi sosial dengan kualitas hidup lansia di unit pelayanan terpadu (UPTD) Griya Werdha kota Surabaya tahun 2017. The Indonesian Journal of Public Health, 13(2), 169–180.

Andriyani, A. & A’la Al Muadudi, A. (2018). Peran teman sebaya terhadap perilaku seksual siswa SMA X Jakarta. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 14(2), 1–9.

Asda, P. (2021). Penyuluhan Kesehatan Reproduksi pada Remaja di SMK Kesehatan Amanah Husada, Bantul. DIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2).

Bouclaous, C. H., Alrazim, A., Chababi, J., Jamaleddine, W., Nassar, E., Maalouf, A., Dakour Aridy, S., Naccache, M., Abboud, D. M. & Assi, M. (2021). Association between sources of sexuality education, sexual beliefs and behaviours in Lebanese young adults: a university-based cross-sectional study. Sex Education, 21(1), 1–12.

Burhanudin, B., Siti, B. & Tri, U. (2022). Pendidikan Seksual Komprehensif untuk Pencegahan Perilaku Seksual pada Remaja. CV. MEDIA SAINS INDONESIA.

Elvira, E., Hastono, S. P. & Misytah, S. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan PErilaku Seksual Pranikah Remaja. Citra Delima Scientific journal of Citra Internasional Institute, 3(1), 15–24.

Huwae, A. (2022). Penerapan Solution Focused Brief Counseling Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pencegahan Perilaku Seksual Berisiko. Karya Kesehatan Siwalima, 1(1), 7–13.

Kementerian Kesehatan RI. (2022). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2022. https://www.kemkes.go.id/article/view/21102100001/riset-kesehatan-dasar-riskesdas-2022.html.

Lefaan, A., Abidjulu, F. C. & Banurea, R. N. (2022). Pendidikan Seksual Komprehensif pada Masa Pandemi COVID-19 di SMA Gabungan Jayapura. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 595–600.

Mahabbah, C. & Fithria, F. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Merokok pada Remaja di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 4(2).

Mediawati, A. S., Yosep, I. & Mardhiyah, A. (2022). Life skills and sexual risk behaviors among adolescents in Indonesia: A cross-sectional survey. Belitung Nursing Journal, 8(2), 132–138.

Mudawaroch, R. E. (2020). Pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap perilaku mahasiswa dalam mengahadapi virus corona. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi, 1, 257.

Nisaa, F. A. & Arifah, I. (2019). Akses informasi kesehatan reproduksi dan seksual komprehensif melalui internet pada remaja SMA.

Novia, R., Taufik, M. & Widyastutik, O. (2019). The Effect of Gender Sensitivity Education on Sexuality Knowledge and Attitudes at Occupants of LPKA Kelas II B Sungai Raya Pontianak. Jurnal Kesehatan Komunitas, 5(3), 166–172.

Nurfadillah, M. & Ardiansah, A. (2021). Perilaku pencarian informasi mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan informasi sebelum dan saat pandemi Covid-19. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 16(1), 21–39.

Omole, F., Olatunji, R., Oyero, O., Okorie, N. & Adesina, E. (2020). Use of Information Sources and Knowledge of Child Sexual Abuse in Ogun State, Nigeria.

World Health Organization. (2022). Global Health Observatory Data Repository - Adolescent Sexual and Reproductive Health. https://apps.who.int/gho/data/view.main.ADOLESSEXUALHEALTHv?lang=e

Passe, R., Syam, N. F. S. & Lestari, A. L. (2021). Hubungan Keterpaparan Media Informasi dengan Perilaku Seksual Remaja pada Siswa SMPN 8 Makassar. Ghizai: Jurnal Gizi dan Keluarga, 1(1), 21–27.

Rabbitte, M. (2020). Sex education in school, are gender and sexual minority youth included?: A decade in review. American journal of sexuality education, 15(4), 530–542.

Rochadi, N. W. (2019). Peran teman sebaya dan media informasi terhadap perilaku seks pranikah remaja. JHeS (Journal of Health Studies), 3(1), 53–63.

Saputra, S. & Movitaria, M. A. (2022). Analisis Kemampuan Kognitif pada Remaja Pecandu Pornografi. Ikhtisar: Jurnal Pengetahuan Islam, 2(2), 178–191.

Sigalingging, G. & Sianturi, I. A. (2019). Hubungan teman sebaya dengan perilaku seksual remaja di SMK Medan Area Medan Sunggal. Jurnal Darma Agung Husada, 5(1), 9–15.

Sundari, E. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Scholastica Journal, 4(2).

Wiendijarti, I. (2020). Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak dalam Pendidikan Seksual. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(3), 280–298

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Rodiana, A. A. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi akses informasi pendidikan seksual di SMK PGRI I Kota Sukabumi. Journal of Public Health Innovation, 4(01), 35–42. https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.933
Abstract viewed = 180 times