Hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil terhadap status pemeriksaan HIV di UPTD Puskesmas Buniwangi Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi

Authors

  • Muslihin Muslihin Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Irawan Danismaya Keperawatan Medikal Bedah, Program Studi D3 Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Tri Utami Manajemen Rumah Sakit, Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.908

Keywords:

Pengetahuan, Sikap, Status Pemeriksaan HIV

Abstract

Latar Belakang: Penyakit menular merupakan penyebab kematian pada penderitanyadan masih menjadi prioritas diantaranya adalah HIV (Human Immunodeficiency Virus). Pada ibu hamil, HIV bukan hanya merupakan ancaman bagi keselamatan jiwa ibu, tetapi juga merupakan ancaman bagi anak yang dikandungnya karena penularan yang terjadi dari ibu ke bayinya. Salah satu cara untuk mendeteksi dini HIV pada ibu hamil yaitu dilakukan dengan pemeriksaan Penularan HIV dari ibu ke Bayi atau sering disebut dengan PPIA. Terdapat beberapa factor yang mempengaruhi perilaku ibu hamil dalam melakukan tes HIV yaitu pengetahuan, sikap, ketersediaan sarana dan prasarana, dan dukungan tenaga Kesehatan. Tujuan penelitian: untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil terhadap status pemeriksaan HIV.

Metode: Rancangan Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel sebanyak 191 responden. Metode analisis dengan menggunakan uji Chi-square.

Hasil : Hasil uji statistik dengan menggunakan rumus korelasi Chi Square bahwa nilai  p-value sebesar 0,043 p < 0,05, hal ini berarti menunjukan terdapat hubungan pengetahuan terhadap status pemeriksaan HIV dan nilai  p-value sebesar 0,044 p < 0,05, sehingga terdapat hubungan sikap terhadap status pemeriksaan HIV.

Kesimpulan: dapat disimpulkan bahwa terdapat Hubungan Pengetahuan Terhadap Status Pemeriksaan HIV dan terdapat Hubungan Sikap Terhadap Status Pemeriksaan HIV.

References

Christiana, I. dkk. (2020). Hubungan Peran Bidan dengan Kepatuhan Pemeriksaan VCT pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas GITIK Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Publikasi. Prodi DIII Kebidanan STIKES Banyuwangi.

Herdiani, T. N. dkk. (2020). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Dengan Pemeriksaan HIV pada Ibu Hamil Di Puskesmas Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Kebidanan. Program Studi Kebidanan STIKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jenderal. (2022). Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.Laporan Perkembangan HIV AIDS dan Penyakit Infeksi Menular Seksual (PIMS) Triwulan 1 2021.Jakarta.

Leta, S. L. (2019). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Dengan Perilaku Deteksi Dini HIV dalam ANC Terpadu di Puskesmas Kendalsari. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang.

Ni’amah Siti dkk. (2019). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang HIV/AIDS dan VCT serta Motivasi Ibu Hamil Dengan Kesediaan Mengikuti VCT di Kabupaten Pati. Jurnal Pulbikasi. DIII Kebidanan. Akbid Bakti Utama Pati.

Niu. Flora dkk. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang HIV/ AIDS dengan Kepatuhan Melakukkan VCT di Puskesmas Abepura. Jurnal Keperawatan Tropis Papua. Jurusan Kebidanan. Poltekkes Kemenkes Jayapura. Jurnal Keperawatan Vol. 02 No 2 Desember 2019. ISSN 26.

Notoatmodjo, S. (2019). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta Rineka Cipta.

Nuraeni, T. dan N. D. I. (2020). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil tentnag HIV/ AIDS dan VCT dengan Sikap Terhadap Konseling dan Tes HIV/ AIDS secara Sukarela di Puskesmas Karangdoro Semarang. Jurnal Publikasi. Program Studi Diploma III Kebidanan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Univ.

Panjaitan, D. O. (2019). Hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang pencegahan penularan HIV ibu ke anak (PPIA) dengan pemanfaatan pemeriksaan HIV di puskesmas paya lombang kabupaten serdang bedagai tahun 2018.

Ratnawati, dkk. (2020). Jurnal Ilmiah Kebidanan. Vol 6 No 2 September 2020. Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. STIKES Pemkab Jombang. (2020) Jurnal Ilmiah Kebidanan. Vol 6 No 2 September 2020. Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. STIKES Pemkab Jombang.

Sari, Sarah Hamita Nelita, Atun Raudotul Ma’rifah, and N. Y. T. (2022). “Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Hiv Pada Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Di Puskesmas Ajibarang I.” Jurnal Inovasi Penelitian 3, no. 5 (2022): 6375-6382.

Sayuti. (2021). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang HIV/ AIDS. Dukungan Keluarga dan Kunjungan ANC dengan Kesediaan Ibu Untuk melakukan test PITC diwilayah kerja Puskesmas Ketawang. Kabupaten Malang. Jurnal Publikasi. Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara Malang.

Setiyawati, Nanik, and N. M. (2015). “Determinan Perilaku Tes HIV pada Ibu Hamil.” Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal) 9, no. 3 (2015): 201-206.e.

Setyowati, P. dkk. (2020). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang HIV/ AIDS Dengan Sikap Ibu Hamil Yang Sudah Melakukan Skrining HIV/ AIDS Di Puskesmas Ngronggo Kecamatan Kota. Kota Kediri. Jurnal Publikasi Akademi Kebidanan Dharma Husada Kediri Jawa Timur.

Sita, P.M. and Aryaneta, Y. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Sikap Terhadap Screening HIV/AIDS Di Puskesmas Lubuk Baja Kota Batam Tahun 2017. Zona Kebidanan: Program Studi Kebidanan Universitas Batam, 8(1).

Sofiyanti, I. (2020). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil tentang HIV/ AIDS dengan Tes HIV/ AIDS. Jurnal Publikasi Volume 8 No 1 Februari 2020. Universitas Ngudi Waluyo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Widhi, Agung Nugroho, et al. (2020). “hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang pencerahan penularan hiv ibu ke anak (ppia) dengan pemanfaatan pemeriksaan HIV.” Java Health Jounal 7.2 (2020).

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Muslihin, M., Danismaya, I., & Utami, T. (2023). Hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil terhadap status pemeriksaan HIV di UPTD Puskesmas Buniwangi Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi. Journal of Public Health Innovation, 4(01), 25–33. https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.908
Abstract viewed = 55 times