Hubungan respon time dengan tingkat kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit Umum Daerah Sekarwangi Sukabumi tahun 2022

Authors

  • Dian Andriani Fakultas Kesehatan, Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Erna Safariyah Fakultas Kesehatan, Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Burhanuddin Basri Fakultas Kesehatan, Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.823

Keywords:

Respon time, Kepuasan, IGD

Abstract

Latar Belakang: Rumah sakit memiliki pelayanan yang komprehensif dan kuratif yaitu untuk pencegahan penyakit terhadap masyarakat. Intalasi Gawat Darurat (IGD) berperan penting dalam menangani keselamatan pasien. Penanganan kondisi korban harus di utamakan oleh petugas medis di rumah sakit karena keberhasilan penanganan di ruangan gawat darurat tergantung pada kondisi respon, tenaga kesehatan, kualitas dan kecepatan ditemukan.Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan respon time dengan tingkat kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit Sekarwangi.

Metode: Penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan metode kuesioner cross sectional, teknik ini mengumpulkan dokumen simple random sampling dengan jumlah responden 97 orang.

Hasil: Response time pada pasien RSUD Sekarwangi Sukabumi menunjukkan response time yang cepat < 5 menit , sejumlah 69 responden dengan nilai (71,1%). Kepuasan pasien di RSUD Sekarwangi Sukabumi menunjukkan 75 responden sangat puas dengan angka ini (77,3%). Berdasarkan hasil analisis uji statistik Chi-Square di dapatkan nilai P value : 0,000 ( 0,05) yaitu Ha diterima.

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan secara statistik antara response time dengan kepuasan pasien di IGD RSU Sekarwangi Sukabumi.

Saran:  Diharapkan  perawat meningkatkan response time untuk pelayanan yang lebih optimal untuk menjaga kepuasan pasien.

References

Andila, W. S., Ardiyani, V. M., & Dudella Desnani Firman Yasin. (2018). Hubungan Response Time Dengan Kepuasan Keluarga Pada Pasien Prioritas II Nontrauma Di IGD RSUD Bangil Pasuruan. Hubungan Response Time Dengan Kepuasan Keluarga Pada Pasien Prioritas II Nontrauma Di IGD RSUD Bangil Pasuruan, 3(3), 557–568. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/1364

Adiputra,M,I., (2021) Metedologi Penelitian Kesehatan. Yayasan Kita Menulis

Anjaryani, W. D. 2009. Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Thesis.Universitas Diponegoro.http://eprints.undip.ac.id/23824/1/wike_diah_anjaryani.pdfDiakses tanggal 03 September 2022 (I Made Sudarma Adiputra, 2021)

Haryatun, N., & Sudaryanto, A. (2008). Perbedaan Waktu Tanggap Tindakan Keperawatan Pasien Cedera Kepala Kategori I – V di Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Moewardi. Berita Ilmu Keperawatan, 69–74.

Isrofah, Indriono, A., & Setiyarso, T. (2020). Hubungan Response Time Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat ( Igd ) Rsud Batang. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 4(2), 19–29. https://doi.org/10.55686/ristek.v4i2.76

Kumaladewi, R. I., Prasetyo, J., & Aziz, A. N. (2021). Hubungan Response Time Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal EDUNursing, 5(1), 62–76.

Muninjaya. G. (2012). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. EGC.

Pisu, H. D. (2015). Analisis unvariat Hasil penelitian diperoleh sampel sebanyak 60 pasien , dengan karakteristik sebagai brikut : Tabel Distribusi responden berdasarkan jenis kelamin . Banyak Responden Jenis n kelamin Laki-laki Perempuan Total. E-Jurnal Keperawatan (e-Kp), 3(2).

Prahmawati, P., Rahmawati, A., & Kholina, K. (2021). Hubungan Response Time Perawat Dengan Pelayanan Gawat Darurat Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Demang Sepulau Raya Lampung Tengah. Jurnal Wacana Kesehatan, 6(2), 69. https://doi.org/10.52822/jwk.v6i2.281

Rahil, N. H. (2012). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Lama Waktu Tanggap Perawat Pada Penanganan Asma Di Instalasi Gawat Darurat. Tesis Universitas Hasanuddin.

Rahmawati, I., & Munawar, A. (2022). Hubungan Respon Time Perawat Dengan Kepuasan Keluarga Pasien Di Ruang Triage : Literatur Review The Relationship Between Nurse Response Time with Patient Family Satisfaction in The Triage Room: Literature Review. Jurnal Sains Kesehatan, 29(3).

Rumampuk, J., & Katuuk, M. E. (2019). Hubungan Ketepatan Triase Dengan Response Time Perawat Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Tipe C. Jurnal Keperawatan, 7(1). https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.25206

Saktiawati, S., Silvah, S., & Ilham, M. I. A. (2021). Factors Related To the Response Time of Nursing in Emergency Patients Management. Hospital Management Studies Journal, 2(2), 73–81. https://doi.org/10.24252/hmsj.v2i2.18715

Toni Akhirul, & Nurul Fatwati Fitriana. (2020). Hubungan rensponse time pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dengan tingkat kepuasan pasien. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 001(September), 263–271. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Andriani, D., Safariyah, E., & Basri, B. (2023). Hubungan respon time dengan tingkat kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit Umum Daerah Sekarwangi Sukabumi tahun 2022. Journal of Public Health Innovation, 4(01), 77–83. https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.823
Abstract viewed = 143 times