Hubungan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Sekarwangi

Authors

  • Syifa Rizki Fauziah Fakultas Kesehatan, Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Burhanuddin Basri Fakultas Kesehatan, Program Studi D3 Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hadi Abdillah Fakultas Kesehatan, Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.808

Keywords:

Pelayanan Kesehatan, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pasien

Abstract

Latar Belakang: Kualitas pelayanan adalah pelayanan yang menunjukkan tingkat kesempurnaan dan yang diharapkan oleh pasien. Berdasarkan data dari bidang rekam medik Rumah Sakit Sekarwangi diperoleh data jumlah pasien rawat inap non – BPJS pada tahun 2020 – 2022 terjadi penurunan. Pelayanan Kesehatan yang berkualitas akan berdampak positif terhadap kepuasan pasien. Kepuasaan pasien yang positif akan berdampak juga pada peningkatan loyalitas pasien terhadap Rumah Sakit. Loyalitas pasien merupakan salah satu manifestasi dan kelanjutan dari kepuasan pasien dalam menggunakan fasilitas maupun jasa pelayanan yang disediakan oleh pihak Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Sekarwangi.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik korelasi dengan menggunakan rancangan cross-sectional dengan teknik pengambilan sampel Non-Probability Sampling dengan jenis accidental sampling.

Hasil: Berdasarkan hasil uji Chi-square didapatkan P value: 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Dengan hasil, adanya hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Sekarwangi.

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Sekarwangi.

Saran: : Saran kepada Rumah Sakit Sekarwangi peneliti menyadari dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa loyalitas pasien baik terhadap Rumah Sakit.

References

, U. D. (2022). Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. https://www.dpr.go.id/jdih/uu1945

Astuti, S., Seswandi, A., & Kuning, U. L. (2022). Pengaruh mediasi kepuasan pasien pada hubungan karakteristik dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien. Ncssr, 231–235.

Dewi, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna Bpjs Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 146–156. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4511

Griffin, EM. 2019. A First Look at Communication Theory, Tenth Edition. McGraw Hill Education, New York.

Hakim, M. L., Cahyono, D., & Herlambang, T. (2019). Dampak Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 1–13. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/2365

Indrawan, D., Lengkong, S. G., Burhan, L., Rahmawati, L., & Sulistiadi, W. (2022). Membangun Brand Layanan Kesehatan Di Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Branding: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.15575/jb.v1i1.17199

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Kasenda, P. N. ., Gosal, R., & Pangemanan, S. E. (2019). Patricia N.F Kasenda, Ronny Gosal, And S.E. Pangemanan, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Ratatotok Buyat Kecamatan Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara Issn : 2337 - 5736,” Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan 3, No. 3 (2019), Https://Ejourn. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 3(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnaleksekutif/article/view/26666/26287

Miska. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Pada Rumah Sakit Pendidikan Unhas Makassar.1–13. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-01012%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020

NIRMAYATI, N., Devi Fitriani, A., & Simanjorang, A. (2020). Analisis Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rsud Munyang Kute Redelong Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 13–20. https://doi.org/10.34035/jk.v11i1.405

Peraturan Pemerintah. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan. 086146.

Purba, L., Halim, E. H., & Widayatsari, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Bedah Saraf RSUD dr. Doris Sylvanus Palangkaraya Lestari Purba 1) , Edyanus Herman Halim 2) dan Any Widayatsari 3). Jurnal Ekonomi KIAT, 32(2), 1–16

Retnaningtyas, E., Astutik, F., Wati, A. F., & Malo, S. (2020). Analisis Kemampuan Aplikasi Metode Kalender Keluarga Berencana Wanita Usia Subur (WUS) Dalam Menentukan Masa Subur Di Puskesmas Balowerti Kota Kediri. Journal for Quality in Women’s Health, 3(1), 44–49. https://doi.org/10.30994/jqwh.v3i1.48

Sari, M. R., Ardiwirastuti, I., & Harviandani, B. S. (2020). Hubungan Kepuasan Pasien dengan Loyalitas Pasien di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri. Jurnal Wiyata: Penelitian Sains Dan Kesehatan, 7(1), 56–61. http://www.ojs.iik.ac.id/index.php/wiyata/article/view/360%0Ahttps://www.wiyata.iik.ac.id/index.php/wiyata/article/view/360

Sari, S. M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien (Studi pada Rumah Sakit Bhayangkara Tk. II Sartika Asih Bandung). Jurnal Economix, 9(1), 61–72.

Sumadi, A. F., Mardiyoko, I., & Pratama, Y. Y. (2022). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien JKN Dan Pasien Umum Terhadap Mutu Pelayanan Unit Rawat Inap: Literatur Review. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 8(1), 86. https://doi.org/10.29241/jmk.v8i1.913

Tamonsang, M., & Dwi, M. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pasien dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Interverning (Studi Pada Poliklinik Jantung RSUD Bakti Dharma Husada Surabaya). Pragmatis Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 72–80. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:nLBWHG5BYnIJ:https://journal.uwks.ac.id/index.php/pragmatis/article/download/2087/1208&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=idz

Wulaisfan, R., & Fauziah, Y. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Mediasi Pasien Rawat Inap di RSU Dewi Sartika Kendari. Window of Health : Jurnal Kesehatan, 2(2), 97–105.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Fauziah, S. R., Basri, B., & Abdillah, H. (2023). Hubungan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Sekarwangi. Journal of Public Health Innovation, 4(01), 43–50. https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.808
Abstract viewed = 71 times