Hubungan stimulasi game lompat tali berirama dengan perkembangan motorik kasar melompat pada anak usia 5 tahun di TK Dharma Wanita Desa Tondomulyo Kecamatan Jakenan Pati
DOI:
https://doi.org/10.34305/jphi.v3i02.750Keywords:
Stimulasi Game Lompat Tali Berirama, Perkembangan Motorik Kasar MelompatAbstract
Latar Belakang: Motorik kasar merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap potensi gerak dalam keterampilan olah tubuh dan mobilitas hidup seseorang. Perkembangan motorik sebagai perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh dan perkembangan tersebut erat kaitannya dengan perkembangan pusat motorik di otak. Permainan untuk anak usia dini adalah permainan yang dapat merangsang kreativitas dan menyenangkan bagi anak. Game Lompat Tali berirama adalah permainan lompat tali yang diiringi musik untuk mestimulasi perkembangan motorik kasar.
Metode: Desain dalam penelitian adalah survey analitik dengan rancangan penelitian cross Sectional. Populasi dan sampel yang digunakan adalah anak usia 5 tahun di TK Dharma Putra sebanyak 30 anak dengan teknik sampling total sampling. Analisis penelitian menggunakan uji korelasi Chi Square.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa nilai X2 hitung 11,090 dan nilai p Value = 0,004 <0,05 artinya Ha diterima sehingga ada hubungan antara stimulasi game lompat tali berirama dengan perkembangan motorik kasar melompat pada anak usia 5 tahun.
Kesimpulan: Ada hubungan stimulasi game lompat tali berirama dengan perkembangan motorik kasar melompat pada anak usia 5 tahun, melakukan bermain lompat tali disertai dengan mendengarkan musik dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak serta dapat meningkatkan motorik kasar pada anak khususnya melompat.
Saran: Sebagai informasi kepada ibu dan tenaga kesehatan untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar pada anak.
References
Achroni, Keen. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jogyakarta: Javalitera.
Anggraeni, Made Ayu ett all. 2018. Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Of Early Chilhood Care and Education Volume 1 No 1
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Eriyani Lilis. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Melompat) Anak Melalui Permainan Lompat Tali Pada Kelompok B.2 Di Tk Dharma Wanita Sukarame Bandar Lampung. Repository UIN Raden Intan Lampung
Ismayadi. 2011. Permainan Lompat Tali Jawa. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Padmaswari, gusti ayu dwi ett all. 2016. Penerapan Bermain Lompat Tali Untuk Meningkatkan Motorik Kasar kelompok A TK Tunas gama Scholl. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 4 No 2 Universitas Pendidikan Ganesha.
Pratiwi, Y., & Kristanto, M. 2014. Upaya meningkatkan kemampuan motorik
kasar (keseimbangan tubuh) anak melalui permainan tradisional engklek di kelompok B Tunas Rimba II tahun ajaran 2014/2015. Paudia: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 18-39
Puspitowati, S. P.2012. Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Sribit Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rokhmawanti, Fera. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Media Tali Karet Pada Anak Usia 4-5 Tahun Paud Cahaya Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga Tahun 2012-2013. Bachelor thesis, Repository Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Sopiyanti. 2021. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Melompat Dengan Menggunakan Media Tali Karet Gelang Pada Kelompak A Di TK Pertiwi Dahlia Desa Sambirejo Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Industrial Engineering & Management Research Vol 2 No 6
Wahyuni, Yuni ett all. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Lompat Tali Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun.
Yuhelmi, 2011. Peningkatan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Minangkabau. Universitas Negeri Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan di jurnal kami setuju dengan syarat-syarat berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan Journal of Public Health Inovation (JPHI) hak dari publikasi pertama dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International yang memungkinkan orang lain untuk melakukan perubahan, menyesuaikan dan membangun karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal dalam Jurnal . Penulis diizinkan untuk menyalin dan mendistribusikan ulang versi karya yang diterbitkan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi di jurnal kami.