Pemberian edukasi video dan diskusi interaktif terhadap peningkatan pengetahuan bahaya merokok, narkoba, dan seks bebas pada remaja
DOI:
https://doi.org/10.34305/jphi.v3i02.746Keywords:
edukasi, kesehatan, napza, pengetahuan, remajaAbstract
Latar Belakang: Pengetahuan bahaya merokok, narkoba, dan seks bebas pada remaja sangat penting untuk mencegah perilaku berisiko. Pemberian edukasi melalui video dan diskusi interaktif dapat menjadi metode efektif dalam meningkatkan pengetahuan remaja terkait masalah ini. Namun, masih perlu penelitian yang mengevaluasi sejauh mana pengaruh kombinasi metode tersebut dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran remaja terhadap risiko yang terkait.
Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimen one group pre-post test. Data pengetahuan diambil dengan menggunakan kuesioner pada bulan Juni 2022. Intervensi pemaparan video dan diskusi interaktif dilakukan dalam satu kali pertemuan selama 60 menit. Jumlah sampel sebanyak 33 remaja berusia 15-20 tahun yang dipilih secara purposive sampling. Lokasi penelitian di Dusun Krapyak, Desa Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.
Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa Nilai pre test pengetahuan bahaya merokok adalah 85,0%, bahaya narkoba 87,0%, dan bahaya seks bebas 81,0%. Sedangkan hasil post test pengetahuan bahaya merokok adalah 96%, bahaya narkoba 96%, dan bahaya seks bebas sebanyak 93%.
Kesimpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan bahaya merokok, narkoba dan seks bebas pada remaja setelah diberikan edujaso dengan kombinasi metode pemaparan video dan diskusi interaktif.
Saran: Promosi kesehatan tentang bahaya merokok, narkoba, dan seks bebas perlu ditingkatkan dengan kombinasi video dan diskusi interaktif
References
Adziim, A. Muh. F., Manyullei, S., Tarisa, S., Hamka, A., Putri, A., Yunus, R. B., & Yusuf, T. W. A. (2022). Promosi Kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak SDN Inpres 190 Bura’ne Desa Boddia, Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar Tahun 2022. Locus Abdimas, 1(2), 238–247. https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/94
Dananjaya, U. (2017). Media Pembelajaran Aktif (IV). Nuansa Cendekia.
Emilia, O., Prabandari, Y. S., & Supriyati, S. (2019). Promosi Kesehatan dalam Lingkup Kesehatan Reproduksi. Gadjah Mada University Press.
Hidayatullaili, N. A., Musthofa, S. B., & Margawati, A. (2023). Literasi Kesehatan Media Terhadap Perilaku Pencegahan Penyakit Tidak Menular : (Literature Review). Jurnal Ners, 7(1), 343–352. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.13325
Indrianingsih, I., Nurafifah, F., Misnawati, M., Ramdani, D., Hamdani, S., Amri, Y., Pratama, Y. H., Putri, D. A., Putriyani, N. L. S., & Januarti, L. (2020). Analisis Dampak Pernikahan Usia Dini dan Upaya Pencegahan di Desa Janapria. Jurnal Warta Desa, 2(1), 16–26. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.13325
Juariah, J. (2021). Pendidikan Sebaya Meningkatkan Pengetahuan Remaja Awal tentang Kesehatan Reproduksi (Studi Pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Subang, Jawa Barat). Jurnal Kesmas Indonesia, 13(2), 261–274. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.ki.2021.13.2.3800
Kurniati, G., Widiatutik, O., & Suwarni, L. (2020). Efektivitas Media Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Bahaya Merokok Pada Anak Sekolah Menengah Pertama: (Studi di SMPN 05 Menyuke Kabupaten Landak). Jurnal Endurance : Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 5(2), 254–262. https://doi.org/http://doi.org/10.22216/jen.v5i2.4571
Mutammimutsani, M., Aminullah, F., & Nizar, H. A. (2020). Kepemimpinan Demokratis: Pemimpin Tua dan Pegawai Muda. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 541–551. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/527
Nugraha, C. T. H., Budhi, N. G. M. A. A., & Sari, Y. (2021). Hubungan Pengetahuan Terhadap Sikap Pencegahan TRIAD KRR Pada Remaja Komunitas Penyanyi Jalanan (KPJ) Di Kabupaten Serang Tahun 2021. Journal of Issues In Midwifery, 5(3), 129–139. https://doi.org/10.21776/ub.JOIM.2021.005.03.4
Prihartini, T., Nuryoto, S., & Aviatin, T. (2002). Hubungan Antara Komunikasi Efektif Tentang Seksualitas Dalam Keluarga Dengan Sikap Remaja Awal Terhadap Pergaulan Bebas Antar Lawan Jenis. Jurnal Psikologi, 29(2), 124–139. https://doi.org/10.22146/jpsi.7020
Putri, A. S., Putri, G. S., & Priyandita, N. (2021). Penggunaan Media Liveworksheet Untuk Peningkatan Partisipasi Aktif Dalam Pembelajaran Tematik di SD Kelas Tinggi. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 6(1), 21–32.
Putri, R. N., Nugraheni, S. A., & Pradigdo, S. F. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Obesitas Sentral pada Remaja Usia 15-18 Tahun di Provinsi DKI Jakarta (Analisis Riskesdas 2018). MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA, 21(3), 169–177. https://doi.org/10.14710/mkmi.21.3.169-177
Riska, H. A., Krisnatuti, D., & Yuliati, L. N. (2018). Pengaruh Interaksi Remaja dengan Keluarga dan Teman serta Self-Esteem terhadap Perilaku Prososial Remaja Awal. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(3), 206–218. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.206
Setiarto, R. H. B., Karo, M. B., & Tambaip, T. (2021). Penanganan Virus HIV/AIDS. Deepublish Publiser.
Suarnianti, S., & Haskas, Y. (2021). Penguatan Intervensi Perilaku terhadap Pencegahan HIV pada Kelompok Berisiko: Sistematic Review. Jurnal Kesehatan Andalas, 9(4), 439–448. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/jka.v9i4.1431
Sulthan, M., & Istiyanto, S. B. (2019). Model Literasi Media Sosial Bagi Mahasiswa. Jurnal Aspikom, 3(6), 1076–1092. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.280
Tarsikah, T., Setyaningsih, W., & Abdilla, Y. (2020). Gangguan Seksual pada Akseptor Suntik Depo Medroxyprogesteron Asetat. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.26630/jkm.v13i1.1971
Yuniardi, A. P., Isro’in, L., & Maghfirah, S. (2020). Studi Literatur: Edukasi Nutrisi Metode Konseling Intensif Dengan Follow Up Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Dengan Masalah Keperawatan Defisit Nutrisi. Health Sciences Journal, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.24269/hsj.v4i2.507
Zubaidah, S. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 1–24. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan di jurnal kami setuju dengan syarat-syarat berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan Journal of Public Health Inovation (JPHI) hak dari publikasi pertama dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International yang memungkinkan orang lain untuk melakukan perubahan, menyesuaikan dan membangun karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal dalam Jurnal . Penulis diizinkan untuk menyalin dan mendistribusikan ulang versi karya yang diterbitkan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi di jurnal kami.