Hubungan peran perawat manajer dengan etika perawat pelaksana dalam pelayanan asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSU Kuningan Medical Center

Authors

  • Aditiya Puspanegara Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Nur Wulan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Clarita Rena Putri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jphi.v3i02.688

Keywords:

Perawat Manajer, Etika Perawat Pelaksana, Asuhan Keperawatan, Rawat Inap

Abstract

Latar Belakang: Perawat manajer sebagai pemimpin langsung dari perawat pelaksana dituntut untuk dapat berperan optimal dalam mendorong perawat pelaksana untuk bersikap etis terhadap klien. Fenomena sikap perawat yang kurang etis terhadap klien jika dibiarkan dapat berdampak terhadap mutu pelayanan keperawatan yang berpengaruh terhadap kepuasan dan kualitas rumah sakit. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan peran perawat manajer dengan etika perawat pelaksana dalam pelayanan asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSU Kuningan Medical Center.

Metode: Rancangan penelitian ini adalah desain cross secional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode teknik total sampling dengan besar sampel 38. Analisis yang digunakan uji rank spearman dengan kepercayaan α = 0,05.

Hasil: Analisis univariat menunjukan bahwa peran perawat manajer cenderung memiliki persentase yang sama yaitu baik dan kurang baik dengan kategori tinggi sebanyak 13 (34,2%), etika perawat pelaksan baik dengan kategori tinggi sebanyak 16 (42.1%). Hasil bivariat dengan nilai korelasi rank spearman di dapatkan nilai 0,038 (p<0.05).

Kesimpulan: Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara peran perawat manajer dengan etika perawat pelaksana dalam pelayanan asuhan keperawatan di ruangan rawat inap RSU Kuningan Medical Center. Penelitian ini disarankan kepada perawat manajer untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan dengan supervisi pada staf yang memberikan asuhan keperawatan khususnya dalam peran perawat manajer dalam membina etika perawat pelaksana di ruang rawat inap RSU Kuningan Medical Center.

References

Alemania, R., Djafri, D., & Pabuti, A. (2018). Hubungan Peran Manajer dengan Pelaksanaan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit di Ruang Rawat Inap Bedah RSUP Dr.M. Djamil Padang Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Andalas, 7(1), 65–73. https://doi.org/10.25077/JKA.V7I1.781

Fadilah, J. (2018). Pelaksanaan Prinsip Etik Keperawatan dalam Asuhan Keperawaan Pada Perawat Pelaksana. Bagian Keilmuan KDDK, Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Hutahaean, H. (2018). Pengembangan Fungsi Dan Peran Kepala Ruangan Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Di Rumah Sakit X. Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, 4.

K.Yetti, E. N. (2018). hubungan peran kepala ruang terhadap perilaku perawat pelaksana dalam pelaksanaan keselamatan pasien. jurnal.stikes_adc.ac.id.

Mulat, H. (2019). Pengaruh peran kepala ruangan terhadap kinerja perawat dalam pemberian asuhan keperawatan diruang rawat inap. jurnal ilmiah kesehatan sandi husada.

Nasir, P. (2019). pengaruh penerapan kode etik keperawatan terhadap pelayanan keperawatan. jurnal ilmiah STIKES kendal.

Notoatmodjo. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. PT. Rienka Cipta.

Panggabean, N. S. (2019). Prinsip Etika Keperawatan Dalam Pelaksanaan Asuhan Keperawatan. https://doi.org/10.31227/OSF.IO/F5T6C

Pasthikarini, P., Wahyuningsih, A., & Richard, S. D. (2018). Peran Manajer Keperawatan Dalam Menciptakan Motivasi Kerja Perawat. Jurnal PenelitianKeperawatan,4(2). https://doi.org/10.32660/JURNAL.V4I2.322

Roadhah, N. (2017). hubungan peran kepala ruangan dengan kinerja perawat di ruang rawat inap RSUD Syekh Yusuf kabupaten gowa. Al-Sihah: Public Health Science Journal.

Sari, A. P. (2015). hubungan etika perawat pelaksana dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III RSD Kalisat Jember. http://fikes.unmuhjember.ac.id.

Simamora, R. H. (2018). Peran Manajer Dalam Pembinaan Etika Perawat Pelaksana Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Asuhan Keperawatan. IKESMA,4(2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/IKESMA/article/view/16

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Puspanegara, A., Wulan, N. ., & Putri, C. R. (2023). Hubungan peran perawat manajer dengan etika perawat pelaksana dalam pelayanan asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSU Kuningan Medical Center. Journal of Public Health Innovation, 3(02), 115–121. https://doi.org/10.34305/jphi.v3i02.688
Abstract viewed = 800 times