PENGARUH MASA KERJA TERHADAP GANGGUAN PENDENGARAN YANG TERPAPAR KEBISINGAN MELEBIHI NAB DI PT BINTANG ASAHI TEKSTIL INDUSTRI

Authors

  • Bella Oktavia Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jphi.v3i01.517

Keywords:

kebisingan, gangguan pendengaran, masa kerja

Abstract

Bahaya di tempat kerja dikelompokkan menjadi beberapa tipe, salah satunya bahaya fisik seperti kebisingan. Kebisingan yang melebihi nilai ambang batas >85 dBA berpengaruh  terhadap pendengaran pekerja dan pada tingkat kebisingan >85 dBA setelah masa kerja 10 tahun pekerja akan mengalami kehilangan pendengaran. Proses produksi pada PT Bintang Asahi Tekstil Industri menggunakan mesin-mesin yang dapat menimbulkan kebisingan dan memiliki risiko gangguan pendengaran bagi pekerjanya. PT Bintang Asahi Tekstil Industri menyiapkan beberapa alat pelindung diri bagi pekerjanya, termasuk menyediakan alat pelindung telinga. Alat pelindung telinga yang disediakan berupa gumpalan benang untuk melindungi pekerja dari paparan kebisingan. Tingkat kesadaran pekerja untuk patuh menggunakan APD masih kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh  masa kerja terhadap gangguan pendengaran pada pekerja yang terpapar kebisingan melebihi NAB pada PT Bintang Asahi Tekstil Industri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah pekerja bagian produksi pada PT Bintang Asahi Tekstil Industri dengan hasil perhitungan sampel didapat 71 responden diambil dengan simple random sampling. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Pearson Product. Hasil penelitian didapatkan nilai uji  pengaruh masa kerja terhadap gangguan pendengaran adalah (p=0,0001). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh masa kerja terhadap gangguan pendengaran pada pekerja yang terpapar kebisingan melebihi NAB di PT Bintang Asahi Tekstil Industri.

References

Babba, J. 2007. “Hubungan Intensitas Kebisingan Di Tempat Kerja Dengan Peningkatan Tekanan Darah. Tesis. Semarang. Universitas Diponegoro.”

Heryana, Ade. 2020. “Analisis Data Penelitian Kuantitatif.” Penerbit Erlangga, Jakarta (June):1–11. doi: 10.13140/RG.2.2.31268.91529.

Irmawartini, and Nurhaedah. 2017. Metodologi Penelitian.

Khakim, UI. 2011. “Hubungan Masa Kerja Dengan Nilai Ambang Dengar Tenaga Kerja Yang Terpapar Bising Pada Bagian Weaving Di PT Triangga Dewi Surakarta. [Skripsi Ilmiah].” Surakarta:Universitas Sebelas Maret.

Nasution, Sangkot. 2017. “Variabel Penelitian.” 1–9.

Nurdin, Ismail, and Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial.

Peraturan Mentri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. 2011. “Nilai Ambang Batas Faktor Fisika Dan Faktor Kimia Di Tempat Kerja. Jakarta: Permenakertrans RI.”

Permaningtyas, Laras D, Anton BD, Diah KS. 2011. “Hubungan Lama Masa Kerja Dengan Kejadian Noise Induced Hearing Loss Pada Pekerja Home Industry Knalpot Di Kelurahan Purbalingga Lor. Jurnal Mandala Kesehatan. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jendral Soedirman.”

Putri, WW dan Tri M. 2016. “Hubungan Usia Dan Masa Kerja Dengan Nilai Ambang Dengar Pekerja Yang Terpapar Bising Di PT X Sidoarjo. Jurnal Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Universitas Airlangga. Vol 05 No2. Https://Doi.Org/10.34305/.V2i2.414.”

Sayidah, P, Novita S, Dewi WI. 2016. “Pengaruh Kebisingan Dengan Gangguan Pendengaran Di Dusun Jagalan Tegaltirto Berbah Sleman. Jurnal Kesehatan Lingkungan. Program Studi Kesehatan Lingkungan Stikes Wirahusada Yogyakarta.” 04:01.

Setiyani, Meita Sari. 2020. “Analisis Univariat Dan Multivariat Pada Perusahaan Pt Ace Hardware Indonesia Tbk Dan Pt Ekadharma International Tbk Rahmat.” 1(7):1–9.

Suma’mur, PK. 2009. “Higiene Perusahaan Dan Kesehatan Kerja (Hiperkes). Jakarta: Sagung Seto.”

Tarwaka, Solichul HA, Bakri, Sudiajeng L. 2004. “Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja Dan Produktivitas. Surakarta: UNIBA Press.”

Tarwaka. 2014. “Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (Edisi 2). Surakarta: Harapan Press.”

Widyawati, NI. 2012. “Hubungan Intensitas Kebisingan Terhadap Gangguan Pendengaran Pekerja Industri Informal Pembuatan Gamelan Mojolaban Sukoharjo. [Skripsi Ilmiah]. Surakarta : Program Diploma IV Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Universitas Sebelas Maret.”

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Oktavia, B. (2022). PENGARUH MASA KERJA TERHADAP GANGGUAN PENDENGARAN YANG TERPAPAR KEBISINGAN MELEBIHI NAB DI PT BINTANG ASAHI TEKSTIL INDUSTRI. Journal of Public Health Innovation, 3(01), 62–72. https://doi.org/10.34305/jphi.v3i01.517
Abstract viewed = 66 times