HUBUNGAN LAMA KALA III PERSALINAN DENGAN KEJADIAN PERDARAHAN PADA IBU POST PARTUM DI RSUD 45 KUNINGAN

Authors

  • Nita Ike Dwi Kurniasih STIKes Kuningan
  • Cecep Heriana STIKes Kuningan
  • Evi Soviyati STIKes Kuningan
  • Ryan Apriyanti STIKes Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jphi.v1i2.302

Keywords:

lama kala III, Perdarahan, post partum

Abstract

Persalinan kala III merupakan bagian dari proses persalinan yang tidak bisa di pandang sebelah mata karena Angka Kematian Ibu di Indonesia masih tinggi salah satunya adalah perdarahan sebesar (42%) dimana sebagian besar disebabkan oleh atonia uteri dan retensio plasenta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Lama Kala III Persalinan Dengan Kejadian Perdarahan Pada Ibu Post Partum di RSUD 45 Kuningan  Kabupaten Kuningan. Jenis penelitian yang digunakan adalah  penelitian analitik dengan rancangan kohort retrospektif menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel ditentukan dengan perhitungan slovin sebanyak 92, dengan teknik pengambilan random sampling. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji Chi Square.

Hasil analisis univariat menunjukan bahwa dari 92 ibu bersalin waktu lama kala III ≤ 15 menit sebanyak 64 orang (69,6%), sedangkan yang mengalami perdarahan post partum sebanyak 21 orang (22.8%). Uji Chi Square diperoleh nilai p value = 0,044 < 0,05. Berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan lama kala III dengan kejadian perdarahan pada ibu post partum di RSUD 45 Kuningan  Kabupaten Kuningan. Disarankan bagi tenaga kesehatan khususnya bidan lebih meningkatkan kualitas dalam prosedur penanganan persalinan terutama dalam penerapan manajemen aktif kala III untuk menurunkan angka kejadian pascapersalinan..

 

Downloads

Published

2021-06-21

How to Cite

Dwi Kurniasih, N. I., Heriana, C., Soviyati, E., & Apriyanti, R. (2021). HUBUNGAN LAMA KALA III PERSALINAN DENGAN KEJADIAN PERDARAHAN PADA IBU POST PARTUM DI RSUD 45 KUNINGAN. Journal of Public Health Innovation, 1(2), 142–148. https://doi.org/10.34305/jphi.v1i2.302
Abstract viewed = 1808 times