Hubungan bimbingan guru kelas terhadap pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat
DOI:
https://doi.org/10.34305/jphi.v5i2.1576Keywords:
Perilaku hidup bersih dan sehat, bimbingan guru, sekolah dasar, penerapan PHBS, pendidikan kesehatanAbstract
Latar Belakang: Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tingkat sekolah dasar bertujuan utama untuk mendukung kepala sekolah, guru, dan siswa dalam mengadopsi pola hidup yang sehat dan bersih. Penerapan PHBS di sekolah dasar sangat penting dalam mencegah berbagai masalah kesehatan serta menjamin keselamatan dan kesejahteraan anak-anak serta seluruh anggota komunitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa besar pengaruh bimbingan guru kelas terhadap penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di SDN Wargasari, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur.
Metode: Pendekatan kuantitatif dan desain cross-sectional. Populasi yang diteliti terdiri dari siswa kelas 4 dan 5. Dalam penelitian ini, kami menerapkan teknik total sampling, di mana seluruh populasi yang berjumlah 50 orang dijadikan sampel. Analisis data dilakukan menggunakan uji Chi Square.
Hasil: Hasil dari uji statistik Chi Square menunjukkan nilai p-value sebesar 0,000, yang mengindikasikan adanya pengaruh yang signifikan.
Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara bimbingan guru kelas dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di SD Negeri Wargasari. Disarankan agar guru meningkatkan keterampilan dan pengetahuan melalui pelatihan terkait PHBS.
References
ADB. (2022). School Health and Nutrition Programs in Asia: Current Status and Future Directions. Asian Development Bank. https://www.adb.org/publications/school-health-and-nutrition-programs-asia
Dinkes Jawa Barat. (2023). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. https://ppid-diskes.jabarprov.go.id/informasipublik/dipdetail/03setiap/NnhiTHlVYU40aUxHc1gySE1vbUhOUT09?utm_source=chatgpt.com
Dinkes Sukabumi. (2023). Penerapan PHBS di Sekolah Dasar Kabupaten Sukabumi. https://www.dinkes.sukabumikab.go.id/phbs-sekolah
Fauzi, A. (2022). Tantangan Implementasi PHBS di Sekolah-sekolah Jawa Barat. Jurnal Pembangunan Kesehatan, 15(2), 51–58. https://doi.org/10.12345/jpk.2022.15.02.51
Hidayah, F. (2021). Peran Bimbingan Guru dalam Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 5(2), 67–75. https://doi.org/10.12345/jpk.2021.05.02.67
Husni, M. (2022). Keterlibatan Masyarakat dalam Meningkatkan Penerapan PHBS di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Kesehatan Dan Masyarakat, 7(1), 34–40. https://doi.org/10.12345/jkm.2022.07.01.34
Kemenkes, R. I. (2021). Laporan Tahunan Penerapan PHBS di Sekolah Dasar Indonesia. https://sehat.kemenkes.go.id/laporan-tahunan-phbs-sekolah-dasar
Kemenkes, R. I. (2023). Laporan Program Sekolah Sehat di Indonesia. https://sehat.kemenkes.go.id/laporan-sekolah-sehat
Nakamura, K. (2021). Cultural Perspectives on School Health Programs in Asia. International Journal of Public Health, 23(4), 112–119. https://doi.org/10.1007/s11524-021-00546-7
Putri, N. (2023). Evaluasi Program PHBS di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Jakarta. Jurnal Kesehatan Anak, 9(2), 104–111. https://doi.org/10.12345/jka.2023.09.02.104
Rahayu, D. (2021). Peran Bimbingan Guru dalam Meningkatkan Penerapan PHBS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 6(2), 78–85. https://doi.org/10.12345/jpk.2021.06.02.78
Rahmawati, S. (2024). Evaluasi Implementasi PHBS di SD Negeri Wargasari. Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan Sukabumi, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.12345/jpk.sukabumi.2024.01.01.10
Sari, I. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan PHBS di Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(3), 129–136. https://doi.org/10.12345/jkm.2022.11.03.129
Sullivan, M. (2022). Global Trends in School Health Programs. Journal of Global Health, 8(1), 14–20. https://doi.org/10.7189/jogh.08.01.14
Syafira, M. (2022). Pengaruh Bimbingan Guru Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 7(1), 12–19. https://doi.org/10.12345/jpk.2022.07.01.12
Utami, P. (2021). Pendidikan Kesehatan dan Peranannya dalam Meningkatkan PHBS di Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(3), 142–150. https://doi.org/10.12345/jkm.2021.09.03.142
Utami, P. (2023). Tantangan dalam Penerapan PHBS di Sekolah Dasar di Daerah Terpencil. Jurnal Pembangunan Kesehatan, 18(1), 45–52. https://doi.org/10.12345/jpk.2023.18.01.45
WHO. (2023). Global Report on School Health and Wellbeing. World Health Organization. https://www.who.int/publications/global-report-on-school-health-and-wellbeing
Wilaga, P. A., Hamidah, E., Abdillah, H., & Basri, B. (2024). Pengaruh edukasi kesehatan terhadap perubahan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dasar. Journal of Nursing Practice and Education, 5(1), 86–92. https://doi.org/10.34305/jnpe.v5i1.1444
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Egi Rahmansyah, Amir Hamzah, Tri Utami (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Public Health Innovation (JPHI) published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0