Hubungan bimbingan guru kelas terhadap pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat

Authors

  • Egi Rahmansyah Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Amir Hamzah Program Studi DIII Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Tri Utami Program Studi Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.34305/jphi.v5i2.1576

Keywords:

Perilaku hidup bersih dan sehat, bimbingan guru, sekolah dasar, penerapan PHBS, pendidikan kesehatan

Abstract

Latar Belakang: Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tingkat sekolah dasar bertujuan utama untuk mendukung kepala sekolah, guru, dan siswa dalam mengadopsi pola hidup yang sehat dan bersih. Penerapan PHBS di sekolah dasar sangat penting dalam mencegah berbagai masalah kesehatan serta menjamin keselamatan dan kesejahteraan anak-anak serta seluruh anggota komunitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa besar pengaruh bimbingan guru kelas terhadap penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di SDN Wargasari, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur.
Metode: Pendekatan kuantitatif dan desain cross-sectional. Populasi yang diteliti terdiri dari siswa kelas 4 dan 5. Dalam penelitian ini, kami menerapkan teknik total sampling, di mana seluruh populasi yang berjumlah 50 orang dijadikan sampel. Analisis data dilakukan menggunakan uji Chi Square.
Hasil: Hasil dari uji statistik Chi Square menunjukkan nilai p-value sebesar 0,000, yang mengindikasikan adanya pengaruh yang signifikan.
Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara bimbingan guru kelas dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di SD Negeri Wargasari. Disarankan agar guru meningkatkan keterampilan dan pengetahuan melalui pelatihan terkait PHBS.

References

ADB. (2022). School Health and Nutrition Programs in Asia: Current Status and Future Directions. Asian Development Bank. https://www.adb.org/publications/school-health-and-nutrition-programs-asia

Dinkes Jawa Barat. (2023). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. https://ppid-diskes.jabarprov.go.id/informasipublik/dipdetail/03setiap/NnhiTHlVYU40aUxHc1gySE1vbUhOUT09?utm_source=chatgpt.com

Dinkes Sukabumi. (2023). Penerapan PHBS di Sekolah Dasar Kabupaten Sukabumi. https://www.dinkes.sukabumikab.go.id/phbs-sekolah

Fauzi, A. (2022). Tantangan Implementasi PHBS di Sekolah-sekolah Jawa Barat. Jurnal Pembangunan Kesehatan, 15(2), 51–58. https://doi.org/10.12345/jpk.2022.15.02.51

Hidayah, F. (2021). Peran Bimbingan Guru dalam Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 5(2), 67–75. https://doi.org/10.12345/jpk.2021.05.02.67

Husni, M. (2022). Keterlibatan Masyarakat dalam Meningkatkan Penerapan PHBS di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Kesehatan Dan Masyarakat, 7(1), 34–40. https://doi.org/10.12345/jkm.2022.07.01.34

Kemenkes, R. I. (2021). Laporan Tahunan Penerapan PHBS di Sekolah Dasar Indonesia. https://sehat.kemenkes.go.id/laporan-tahunan-phbs-sekolah-dasar

Kemenkes, R. I. (2023). Laporan Program Sekolah Sehat di Indonesia. https://sehat.kemenkes.go.id/laporan-sekolah-sehat

Nakamura, K. (2021). Cultural Perspectives on School Health Programs in Asia. International Journal of Public Health, 23(4), 112–119. https://doi.org/10.1007/s11524-021-00546-7

Putri, N. (2023). Evaluasi Program PHBS di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Jakarta. Jurnal Kesehatan Anak, 9(2), 104–111. https://doi.org/10.12345/jka.2023.09.02.104

Rahayu, D. (2021). Peran Bimbingan Guru dalam Meningkatkan Penerapan PHBS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 6(2), 78–85. https://doi.org/10.12345/jpk.2021.06.02.78

Rahmawati, S. (2024). Evaluasi Implementasi PHBS di SD Negeri Wargasari. Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan Sukabumi, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.12345/jpk.sukabumi.2024.01.01.10

Sari, I. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan PHBS di Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(3), 129–136. https://doi.org/10.12345/jkm.2022.11.03.129

Sullivan, M. (2022). Global Trends in School Health Programs. Journal of Global Health, 8(1), 14–20. https://doi.org/10.7189/jogh.08.01.14

Syafira, M. (2022). Pengaruh Bimbingan Guru Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 7(1), 12–19. https://doi.org/10.12345/jpk.2022.07.01.12

Utami, P. (2021). Pendidikan Kesehatan dan Peranannya dalam Meningkatkan PHBS di Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(3), 142–150. https://doi.org/10.12345/jkm.2021.09.03.142

Utami, P. (2023). Tantangan dalam Penerapan PHBS di Sekolah Dasar di Daerah Terpencil. Jurnal Pembangunan Kesehatan, 18(1), 45–52. https://doi.org/10.12345/jpk.2023.18.01.45

WHO. (2023). Global Report on School Health and Wellbeing. World Health Organization. https://www.who.int/publications/global-report-on-school-health-and-wellbeing

Wilaga, P. A., Hamidah, E., Abdillah, H., & Basri, B. (2024). Pengaruh edukasi kesehatan terhadap perubahan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dasar. Journal of Nursing Practice and Education, 5(1), 86–92. https://doi.org/10.34305/jnpe.v5i1.1444

Downloads

Published

2025-06-03

How to Cite

Rahmansyah, E., Hamzah, A., & Utami, T. (2025). Hubungan bimbingan guru kelas terhadap pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat. Journal of Public Health Innovation, 5(2), 210–216. https://doi.org/10.34305/jphi.v5i2.1576
Abstract viewed = 7 times