Hubungan antara pengetahuan dan jenis kelamin dengan kesehatan mental siswa
DOI:
https://doi.org/10.34305/jphi.v5i2.1554Keywords:
Kesehatan mental, remaja, tingkat pengetahuan, jenis kelamin, depresiAbstract
Latar Belakang: Sekitar 6,2% remaja berusia antara 15 hingga 24 tahun mengalami tingkat depresi dan kasus bunuh diri di Indonesia tercatat dapat mencapai angka hingga 10.000. Kondisi kesehatan mental dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara tingkat pengetahuan dan jenis kelamin dengan kesehatan mental peserta didik di SMAN X Kota Cirebon.
Metode: Pendekatan kuantitatif dengan metode observasional dan desain Cross Sectional. Jumlah populasi dalam penelitian adalah 424 siswa, dengan 93 responden yang dipilih menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis google form, dan analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil: Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa terdapat sebanyak 55 siswa(59,14%) dalam keadaan mental yang baik dan sebanyak 38 siswa lainnya (40,16%) dalam keadaan mental yang kurang. Selain itu, penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan kesehatan mental siswa di SMAN X Kota Cirebon (p<0,05).siswa di SMAN X Kota Cirebon (p<0,05).
Kesimpulan: Temuan penelitian ini memperlihatkan adanya korelasi yang signifikan antara pengetahuan dan kondisi kesehatan mental pada siswa di SMAN X Kota Cirebon. Siswa yang memiliki pengetahuan lebih tinggi cenderung memiliki kesehatan mental yang lebih stabil.
References
Aini, K., & Wulan, N. (2023). Pengalaman trauma masa kecil dan eksplorasi inner child pada mahasiswa keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan: studi fenomenologi. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(01), 33–40. https://doi.org/https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.684
Dirgahayu, N. P. (2015). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Siswa di Madrasah Ibtidaiyah MuhammadiyahGoilan Kartasura Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39505
Febrianti, A., Elita, V., Dewi, W. N., Universitas, F. K., Fakultas, R., & Universitas, K. (2022). Hubungan Pengetahuan Tentang Kesehatan Mental Dengan Status Mental Remaja. Nursing Journal, 1. https://doi.org/10.31258/rnj.1.1.70-79
Kemenkes RI. (2023). Dalam Angka Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kemenkes RI.
Lubis, B. L. A., Ningsih, D. A. W. S., Putri, N., & Muthmainnah, K. (2024). Hubungan Jenis Kelamin dan Usia dengan Kesehatan Mental di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Bukittinggi. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 5(1), 316–322. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/jcm.v5i2.2714
Mahendra, P., Saing, D., SNM, K., YA, R., A, P., A, S., & R.A. (2024). Penyuluhan Kesehatan Mental sebagai Upaya Promotiv Preventif Kesehatan. APMa Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 63–72. https://doi.org/https://doi.org/10.47575/apma.v4i2.578
Mawaddah, N., & Prastya, A. (2023). Upaya Peningkatan Kesehatan Mental Remaja Melalui Stimulasi Perkembangan Psikososial Pada Remaja. Dedikasi Saintek Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 115–25. https://doi.org/https://doi.org/10.58545/djpm.v2i2.180
Sari, W. I. N., & Aryanto, H. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Self Healing Sebagai Upaya Mengatasi Stres Pada Remaja Perempuan di Kota Pasuruan. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(2), 49–64. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jdkv.v4i2.49064
Sarumaha, M., Manik, R. M., Borus, A. V. B., & Sitepu, A. B. (2024). Hubungan penggunaan media sosial dengan kesehatan mental remaja. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 15(02), 323–332. https://doi.org/https://doi.org/10.34305/jikbh.v15i02.1245
Septiana, N. Z. (2021). Dampak peggunaan media sosial terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan sosial remaja dimasa pandemi covid-19. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/nor.v8i1.15632
Supini, P., & Gandakusumah, A. R. P. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental pada Remaja. Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 2(1), 166–172. https://doi.org/https://doi.org/10.57235/jerumi.v2i1.1760
Swarjana, I. K. (2022). Konsep pengetahuan, sikap, perilaku, persepsi, stres, kecemasan, nyeri, dukungan sosial, kepatuhan, motivasi, kepuasan, pandemi covid-19, akses layanan kesehatan–lengkap dengan konsep teori, cara mengukur variabel, dan contoh kuesioner. Penerbit Andi.
Thursina, F. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Siswa Pada Salah Satu SMAN di Kota Bandung. Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science, 1(1), 19–30. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpkws/index
Yoon, Y., Eisenstadt, M., Lereya, S. T., & Deighton, J. (2023). Gender difference in the change of adolescents’ mental health and subjective wellbeing trajectories. Eur Child Adolesc Psychiatry. Eur Child Adolesc Psychiatry, 9(32), 1569–1578. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s00787-022-01961-4
Yuslianawati, S. N. (2018). Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Terhadap Pencegahan Penularan Penyakt Kusta di Wilayah Kerja Puskesmas Baleherjo. STIKES BHAKTI HUSADA MULIA. http://repository.stikes-bhm.ac.id/id/eprint/277
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitri Kurnia Rahim , Icca Stella Amalia, Keisya Fitri Yufada, Susi Sulastri, Yesi Octavia (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Public Health Innovation (JPHI) published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0