Analisis faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan
DOI:
https://doi.org/10.34305/jphi.v5i2.1553Keywords:
Tampilan fisik, kehandalan, jaminan, empati, kepuasan pasienAbstract
Latar Belakang: Puskesmas bertanggung jawab untuk melaksanakan kebijakan kesehatan di wilayah kecamatan untuk meningkatkan pembangunan kesehatan dan mendukung terciptanya masyarakat sehat. Kabupaten Brebes memiliki tingkat kepuasan pasien dengan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat yaitu sebesar 83,86 dengan mutu pelayanan baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Paguyangan.
Metode: Analitik deskriptif dengan rancangan kuantitatif korelasional. Sampel sebanyak 103 responden menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data penelitian diolah dan dianalisis menggunakan uji statistik Rank Spearman dan analisis regresi logistik.
Hasil: Berdasarkan hasil uji Rank Spearman diperoleh adanya hubungan antara tampilan fisik (p=0,493), kehandalan (p=0,493), jaminan (p=0,512), ketanggapan (p=595) dan empati (p=0,613) dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Paguyangan.
Kesimpulan: Adanya ketanggapan petugas yang memenuhi syarat sesuai ketentuan dan tenaga kesehatan dapat meningkatkan layanan dengan melakukan survei berkala tentang kepuasan pasien dan kualitas layanan.
References
Annisa, N. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di Rumah Sakit Tk . IV Madiun Tahun 2017. Stikes Bhakti Huasada Mulia Madiun.Skripsi.
Arifuddin, Amir, Supriadi Abdul Malik, & Supirno. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Madya Palu Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(6). https://doi.org/10.56338/jks.v6i6.3824
Aulia, N. R., Anggraeni, S., & Octaviana, E. S. L. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Landasan Ulin.
Dewi, R., & Jihad, F. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pesertsa BPJS Kesehatan. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3).
Dinkes Jatim. (2021). Profil Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2020. Profil Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2020.
Dinkes Jatim. (2023). Profil Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur 2023. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.
Djuwa, A. S. S., Sinaga, M., & Dodo, D. O. (2020). Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di Puskesmas Bakunase Kecamatan Kota Raja. Media Kesehatan Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.35508/mkm.v2i2.2850
Karolina. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Oesapa Kota Kupang. Media Kesehatan Masyarakat, 4(1).
Maretta, B. (2022). Literature Review Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien di Puskesmas. Kesehatan Masyarakat, 3(6).
Mernawati, D., & Zainafree, I. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal, 1(1).
Muninjaya. (2015). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Edisi 2. In Jurnal Kesehatan Masyarakat: Vol. II (Issue Mare-Sepetember).
Prastica, I. (2019). pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien unit rawat jalan di rumah sakit umum daerah kota madiun. Αγαη, 8(5).
Puskesmas Paguyangan. (2023). Profil Puskesmas Paguyangan Tahun 2023.
Roviah, N. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Rantang Kecamatan Medan Petisah Tahun 2019. In Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan (Vol. 2020, Issue 1).
Tjiptono, F. (2014). Sevice, Quality & Satisfaction Edisi 3. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).
Usman, S. (2017). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Sekadau Tahun 2017 [Universitas Muhammadiyah Pontianak]. http://repository.unmuhpnk.ac.id/953/1/I-V-VI.pdf
Wahyuningsih, S. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Puskesmas dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Tanjung Puri Kabupaten Sintang Tahun 2019. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan ….
Widiasari, W., Handiyani, H., & Novieastari, E. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(1). https://doi.org/10.7454/jki.v22i1.615
Yuliani, T., Suparman, R., Mamlukah, M., & Wahyuniar, L. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rsud Linggajati Kabupaten Kuningan Tahun 2022. Journal of Health Research Science, 2(02). https://doi.org/10.34305/jhrs.v2i02.596
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agus Nasrulloh, Lely Wahyuniar, Mamlukah Mamlukah, Esty Febriani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Public Health Innovation (JPHI) published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0