Tingkat kepuasan pengguna terhadap pemamfaatan rekam medis elektronik dalam kelengkapan informasi klinis

Authors

  • M. Afif Rijal Husni Program Studi D3 Perekam dan Informasi Kesehatan, Universitas Noor Huda Mustofa
  • Dimas Aulia Savitri Program Studi D3 Perekam dan Informasi Kesehatan, Universitas Noor Huda Mustofa
  • Rulisiana Widodo Program Studi D3 Perekam dan Informasi Kesehatan, Universitas Noor Huda Mustofa
  • Putri Regina Cahyani Program Studi D3 Perekam dan Informasi Kesehatan, Universitas Noor Huda Mustofa

DOI:

https://doi.org/10.34305/jphi.v5i2.1523

Keywords:

Rekam medis elektronik, kepuasan pengguna, kelengkapan informasi klinis, akurasi data, masa transisi

Abstract

Latar Belakang: Rumah Sakit Umum Anna Medika Madura telah menerapkan rekam medis elektronik, namun pada masa transisi masih ada petugas dan dokter yang belum sepenuhnya memahami atau langsung mengisi data klinis. Penelitian ini mengukur kepuasan pengguna terkait kelengkapan informasi klinis dalam RME.
Metode: Deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna rekam medis elektronik di unit rawat jalan dengan menggunakan accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 responden.
Hasil: Hasil Uji Validitas dengan r-tabel sebesar 0,308 dapat dinyatakan bahwa semua pertanyaan dalam kuesioner valid. Hasil Uji Reliabilitas dengan nilai ɑ sebesar 0,60 dapat dinyatakan bahwa semua variabel dalam penelitian ini reliabel/konsisten. Hasil Uji Determinasi menunjukkan R2 sebesar 0,645 jika dibandingkan dengan tabel interpretasi koefisien korelasi, nilai tersebut berada pada interval 0,41-0,70 yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Hasil Uji T menunjukkan bahwa 4 variabel tidak berpengaruh terhadap variabel dependen. Sedangkan 1 variabel yaitu Akurasi dinyatakan berpengaruh terhadap variabel dependen.
Kesimpulan: Kepuasan pengguna rekam medis elektronik di RSU Anna Medika Madura terutama dipengaruhi oleh akurasi informasi klinis. Peningkatan akurasi data perlu menjadi prioritas untuk mendukung kelengkapan informasi

References

Aini, R. N., Rosiandini, R., Angelica, P., Kusumadewi, A. F., Putri, N., Oviola, R. A., Cahyaningrum, H. P., & Herawati, D. (2024). Legalitas Tanda Tangan Elektronik pada Rekam Medis di RS PKU Muhammadiyah Gamping. J Manaj Inf Kesehat Indones, 12(1), 9–13. https://doi.org/10.33560/jmiki.v12i1.536

Alfiansyah, G., Fajeri, A. S., Santi, M. W., & Swari, S. J. (2020). Evaluasi Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (EHR) Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) di Unit Rekam Medis Pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 11(3), 258–263. https://doi.org/10.33846/sf11307

Andini, H., Widodo, A., Rumana, N. A., & Indawati, L. (2022). Tinjauan kepuasan pengguna dalam menggunakan rekam medis elektronik (RME) di Rumah Sakit Siloam Balikpapan. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i4.8021

Daniyanti, E. S., Moeljono, E., Savira, D. Y., & Damayanti, N. P. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Menggunakan Metode Eucs Di Puskesmas Banyuanyar. Nursing Update : Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan P-ISSN : 2085-5931 e-ISSN : 2623-2871, 14(2), 395–402. https://doi.org/10.36089/nu.v14i2.1341

Darma, B. (2021). Statistika penelitian menggunakan SPSS (Uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji F, R2). Guepedia.

Golo, Z. A., Subinarto, S., & Garmelia, E. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Puskesmas. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 4(1), 52–56. https://doi.org/10.31983/jrmik.v4i1.6789

Ismatullah, N. K., Widodo, A. P., & Nugraheni, S. A. (2022). Model EUCS (End User Computing Satisfaction) untuk Evaluasi Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Bidang Kesehatan: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(5), 463–467. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i5.2343

Mayasari, E., Munna, N., Kodriyah, L., Herawati, I., & Aditya, R. S. (2020). Keputusan Masyarakat Dalam Pemilihan Rumah Sakit Untuk Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Malang Raya. JKEP, 5(2), 114–121. https://doi.org/10.32668/jkep.v5i2.317

Merahabia, H. A., & Papilaya, F. S. (2022). Analisis kepuasan pelanggan terhadap penggunaan aplikasi SIMRS di VK ponek RSUD abepura menggunakan metode EUCS. AITI J. Teknol. Inf, 12. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/26201

Permenkes RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020. Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.

Permenkes RI. (2022). Peraturan Menteri Kesehtan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022. Rekam Medis. 31 Agustus. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 829. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Putri, L. A., Santi, M. W., & Wijayanti, R. A. (2020). Evaluasi Sistem Informasi Admisi Terpadu Dengan Metode EUCS di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(3), 255–263. https://doi.org/10.25047/j-remi.v1i3.2052

Sabran, S., Muhammad Yunus, Y., & Arniati Ramadhani, A. (2023). Evaluasi Pengguna Hospital Management Information System (HMIS) dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr. Kariadi Semarang. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia. https://doi.org/10.35746/jtim.v5i1.329

Setyawan, F. E. B., & Supriyanto, S. (2020). Manajemen rumah sakit. Zifatama Jawara.

Simatupang, D. N., & Zagoto, T. (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Di Puskesmas Sibabangun Menggunakan Metode EUCS Tahun 2023. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 3(1), 32–39. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v3i1.2672

Downloads

Published

2025-06-03

How to Cite

Husni, M. A. R., Savitri, D. A., Widodo, R., & Cahyani, P. R. (2025). Tingkat kepuasan pengguna terhadap pemamfaatan rekam medis elektronik dalam kelengkapan informasi klinis . Journal of Public Health Innovation, 5(2), 260–267. https://doi.org/10.34305/jphi.v5i2.1523
Abstract viewed = 5 times