Pengaruh edukasi media audio visual dan poster terhadap pengetahuan dan sikap peserta program prolanis

Authors

  • Selena Amalia Pratiwi Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat,Universitas Bhakti Husada Indonesia
  • Lely Wahyuniar Epidemiologi, Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Bhakti Husada Indonesia
  • Esty Febriani Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat,Universitas Bhakti Husada Indonesia
  • Mamlukah Mamlukah Kesehatan Reproduksi, Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Bhakti Husada Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34305/jphi.v5i01.1421

Keywords:

Audio visual, poster, katarak, sikap, pengetahuan

Abstract

Latar Belakang: Menurut data WHO, lebih dari 100 juta orang mengalami katarak hingga tahun 2020, dengan 17 juta di antaranya mengalami kebutaan. Di Jawa Barat, prevalensi kebutaan adalah 2,8%, sementara prevalensi katarak di Kabupaten Cirebon mencapai 7%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi melalui media audiovisual dan poster terhadap pengetahuan dan sikap peserta program Prolanis.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan rancangan two-group pre test-post test group design yang melibatkan 204 responden, terbagi dalam dua kelompok: 102 responden mendapat intervensi media audiovisual dan 102 responden mendapat intervensi media poster. Analisis data meliputi analisis univariat dan uji Paired Sample t-test.
Hasil: Edukasi dengan media audiovisual meningkatkan pengetahuan responden (pretest 8,13; posttest 8,35; P = 0,000) namun tidak memengaruhi sikap mereka (pretest 30,33; posttest 30,36; P = 0,320). Sementara itu, edukasi dengan media poster menunjukkan peningkatan dalam pengetahuan (pretest 5,07; posttest 8,94; P = 0,000) dan sikap (pretest 29,55; posttest 30,36; P = 0,001) peserta Prolanis.
Kesimpulan: Media poster lebih efektif dalam mengubah sikap responden dibandingkan media audiovisual. Responden diharapkan aktif memanfaatkan poster dan audiovisual untuk menambah pengetahuan tentang pengelolaan penyakit kronis seperti katarak.

References

Ajzen, I., & Fishbein, M. (2020). Understanding attitudes and predicting social behaviour (p. 50). Prentice-Hall.

Aprilian, D., & Siregar, S. P. A. (2023). Penerapan Pelaksanaan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Bpjs Kesehatan Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Sipea-Pea Sorkam Barat Dinda. Jurnal Kesehatan, 1(1).

Arifin, M. (2021). Pengaruh Edukasi Audiovisual terhadap Pengetahuan Pasien Diabetes dalam Program Prolanis di Sulawesi Selatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(3), 234–245.

Bourne, R. R. A., Steinmetz, J. D., Flaxman, S., Briant, P. S., Taylor, H. R., Resnikoff, S., Casson, R. J., Abdoli, A., Abu-Gharbieh, E., Afshin, A., Ahmadieh, H., Akalu, Y., Alamneh, A. A., Alemayehu, W., Alfaar, A. S., Alipour, V., Anbesu, E. W., Androudi, S., Arabloo, J., & Vos, T. (2021). Trends in prevalence of blindness and distance and near vision impairment over 30 years: An analysis for the Global Burden of Disease Study. The Lancet Global Health, 9(2). https://doi.org/10.1016/S2214-109X(20)30425-3

Dearing, J. W. (2021). Diffusion of Innovations. In The Oxford Handbook of Organizational Change and Innovation. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780198845973.013.23

Firmansyah, D. (2022). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Pengetahuan Pasien Hipertensi pada Program Prolanis di Puskesmas Kota Surabaya. Jurnal Edukasi Kesehatan Indonesia, 7(2), 98–107.

Kusuma, H. (2021). Pengaruh Edukasi Audiovisual terhadap Sikap Pasien Penyakit Kardiovaskular di Jakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(1), 102–112.

Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning: Principles and Applications. Cambridge University Press.

Notoadmodjo, S. (2017). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. PT Rineka Cipta.

Nurhasanah, R., Setiawan, H., & Amiruddin, A. (2020). Evaluasi efektivitas media poster dalam penyuluhan kesehatan jangka panjang. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 15(3), 111–120.

Rahmani, S., & Ratnaningsih, D. N. (2023). Strategi Penanggulangan Kebutaan Katarak Di Kabupaten Garut.

Rahmawati, N., Rahayu, I., & Prasetya, D. (2022). Pengaruh penggunaan poster kesehatan terhadap perubahan sikap masyarakat dalam pencegahan penyakit kronis. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 17(1), 55–63.

Rahmawati, S. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dalam Upaya Pengendalian Hipertensi Di Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Tahun 2019. https://lib.fikumj.ac.id/index.php?p=fstream-pdf&fid=13521&bid=4920

RI, K. (2018). Peta Jalan Penanggulangan gangguan penglihatan di Indonesia Tahun 2017-2030.

Sari, A. D., Masriadi, M., & Arman, A. (2018). Faktor Risiko Kejadian Katarak Pada Pasien Pria Usia 40-55 Tahun Dirumah Sakit Pertamina Balikpapan. https://doi.org/10.33096/woh.v1i2.645

Sari, N. (2022). Efektivitas Media Audiovisual dalam Edukasi Kesehatan terhadap Sikap Pasien Prolanis di Yogyakarta. Jurnal Edukasi Kesehatan Indonesia, 8(2), 76–85.

Suharto, A., Widodo, S., & Kurniawan, H. (2021). Evaluasi Dampak Jangka Panjang Penggunaan Poster Dalam Edukasi Kesehatan. Jurnal Promosi Kesehatan Nasional, 14(2), 101–109.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Pratiwi, S. A., Wahyuniar, L., Febriani, E., & Mamlukah, M. (2024). Pengaruh edukasi media audio visual dan poster terhadap pengetahuan dan sikap peserta program prolanis. Journal of Public Health Innovation, 5(1), 67–75. https://doi.org/10.34305/jphi.v5i01.1421
Abstract viewed = 43 times