Pengaruh pelatihan buku pedoman dan video tutorial terhadap ketepatan dan kelengkapan Indikator Nasional Mutu (INM) pada tim mutu Puskesmas di Kabupaten Majalengka

Authors

  • Ina Cansiwinata Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan, Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Mamlukah Mamlukah Kesehatan Reproduksi, Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Rossi Suparman Kesehatan Reproduksi, Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Lely Wahyuniar Epidemiologi, Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jphi.v4i02.1017

Keywords:

Indikator Nasional Mutu, Puskesmas, Mutu pelayanan Kesehatan, Buku pedoman, Video Tutorial

Abstract

Latar Belakang: Pelaporan (Indikator Mutu) INM sejak Januari-Mei 2023 berjalan fluktuatif di Kabupaten Majalengka, pada Januari belum ada puskesmas yang melaporkan INM, Februari 3 puskesmas (9,38%), Maret 8 puskesmas (25%), April 19 puskesmas (59,38%), Mei semua puskesmas melaporkan INM (100%), tetapi Juni menurun hanya 18 puskesmas (56,25%).
Metode: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi-experimental antara tiga kelompok perlakuan. Populasi penelitian adalah semua tim mutu puskesmas di Kabupaten Majalengka berjumlah 96 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner.
Hasil: Hasil berbeda ditunjukkan kelompok video dengan nilai (p 0,177). Terdapat perbedaan ketepatan pengisian indikator mutu puskesmas antarkelompok perlakuan p= 0,048 (p<0,05). Hasil berbeda terjadi pada variabel kelengkapan. Tidak terdapat perbedaan antara kelengkapan pengisian indikator mutu puskesmas antarkelompok perlakuan p=0,340 (p>0,05).
Kesimpulan: Kombinasi buku pedoman dan video tutorial merupakan media yang paling efektif mempengaruhi ketepatan dan kelengkapan pengisian INM pada Tim Mutu Puskesmas di Kabupaten Majalengka.

References

Afandi, A., & Siregar, N. S. (2020). Efektifitas Buku Saku Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Atlet Unimed Atletik Club (UAC). Jurnal Kesehatan Dan Olahraga, 4(2). https://doi.org/10.24114/ko.v4i2.22168

Akbar, H., Amir, H., Ningsih, S. R., & Astuti, W. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Petugas Kesehatan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Puskesmas X. Pena Medika Jurnal Kesehatan, 10(2). https://doi.org/10.31941/pmjk.v10i2.1247

Asadullah, M., Satmoko, S., & Mardiningsih, D. (2018). Efektivitas Media Video Dalam Peningkatan Pengetahuan Petani Terhadap Budidaya Edamame Di Kelompok Tani “Sederhana”, Kelurahan Bandungan, Kabupaten Semarang. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian, 2(2), 94–100. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/agrisocionomics.v2i2.2331

Astuti, N. D., & Nugrahanta, G. A. (2021). Pengembangan buku pedoman permainan tradisional untuk menumbuhkan karakter kebaikan hati anak usia 9-12 tahun. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(2).

Azadirachta, F. L., & Sumarmi, S. (2018). Pendidikan Gizi Menggunakan Media Buku Saku Meningkatkan Pengetahuan Dan Praktik Konsusmsi Sayuran Dan Buah Pada Siswa Sekolah Dasar. Media Gizi Indonesia, 12(2). https://doi.org/10.20473/mgi.v12i2.107-115

Dinkes Majalengka. (2023). Laporan INM Bulanan Puskesmas Kabupaten Majalengka. Dinas Kesehatan Kab. Majalengka.

Fransiska, A. D., & Dewi, I. J. (2018). Pengaruh Karakteristik Psikografis Konsumen, Sikap Terhadap Video Tutorial Make-Up, Dan Citra Merk Pada Minat Beli. Exero : Journal of Research in Business and Economics, 1(1). https://doi.org/10.24071/exero.v1i1.1660

Kemenkes RI. (2021). Petunjuk Teknis Aplikasi Indikator Nasional Mutu di FKTP. Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. (2023). Evaluasi INM per Kabupaten/Kota Jawa Barat. Kementerian Kesehatan RI.

Lestari, Y. D., Herawati, Permatasari, L., & Hamidah, N. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja melalui Media Animasi terhadap perubahan Pengetahuan dan Sikap pada Siswi SMP di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Midwifery Journal, 3(1).

Lukman, A. R., & Kurniawan, A. T. (2021). Pengaruh Metode Latihan Tutorial Teman Sebaya Dan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Lay Up Shoot. Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi (PORKES), 4(2), 149–157. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4899

Mokoginta, H., Sojow, L., & Manggopa, H. K. (2021). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3). https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1337

Murdyanti, D. Y., & Rachmi, A. (2018). Pengaruh Citra Puskesmas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Dongko Trenggalek. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(1).

Murti, W., Maya, S., & Lestari, P. I. (2022). Pengaruh Penggunaan Buku Pedoman Praktikum Ekologi Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Binomial, 5(1). https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1240

Nuryati, S. (2017). Evaluasi Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di Puskesmas Wilayah Kabupaten Sleman. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 6(2). https://doi.org/10.18196/jmmr.6137

Parida, L., Sahono, B., & Sapri, J. (2018). Pengaruh Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1).

Soekirman. (2011). Taking the Indonesian nutrition history to leap into betterment of the future generation: Development of the Indonesian Nutrition Guidelines. In Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition (Vol. 20, Issue 3).

Suryanto, H., & Madihah, M. (2022). Pengaruh Pembuatan Tutorial Terhadap Peningkatan Pemahaman Petugas Rekam Medis di Fasilitas Pelayanan Kesehatan tentang Pengisian Data pada Aplikasi SIDeKa-Pro. RMIK : Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 5(1), 23–28. https://doi.org/https://doi.org/10.31983/jrmik.v5i1.8363

Wulandari, D. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Cahaya Kelas Viii Di Smp Negeri 01 Kerjo Tahun Ajaran 2015 2016. Unnes.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Cansiwinata, I., Mamlukah, M., Suparman, R., & Wahyuniar, L. (2024). Pengaruh pelatihan buku pedoman dan video tutorial terhadap ketepatan dan kelengkapan Indikator Nasional Mutu (INM) pada tim mutu Puskesmas di Kabupaten Majalengka. Journal of Public Health Innovation, 4(02), 280–287. https://doi.org/10.34305/jphi.v4i02.1017
Abstract viewed = 22 times