Korelasi komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di instalasi rawat inap Rumah Sakit Kuningan Medical Center

Authors

  • Nining Rusmianingsih Sekolh Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i1.960

Abstract

Latar Belakang: Komunikasi terapeutik merupakan salah satu teknik komunikasi yang bertujuan untuk  penyembuhan pasien sebagai salah faktor dalam kepuasan pasien. Dimana kepuasan pasien sebagai komponen evaluasi dari pasien terhadap kinerja tenaga kesehatan khususnya tenaga keperawatan.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis korelasi komunikasi teurapeutik dengan  kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Kuningan Medical Center.

Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah populasi 700 responden dengan teknik accidental sampling. Analisis statistik dengan cara univariat dan bivariat dengan metode Rank spearman. Pengumpulan data dengan kuesioner.

Hasil: terdapat korelasi komunikasi teurapeutik dengan kepuasan pasien dengan nilai (P = 0,001).

Simpulan: Perlu peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan komunikasi terapeutik dalam pemberian pelayanan asuhan keperawatan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Kuningan Medical Center melalui pendidikan dan pelatihan baik formal maupun informal.

References

Daryanti. (2019). Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien rawat inap rumah sakit.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Rahmayana, I. (2019). Hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSI Siti Khadijah Palembang.

Setiyawan, & Supriyanto. (2019). Manajemen rumah sakit. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

UU No.44 2009 tentang Keperawatan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Rusmianingsih, N. (2023). Korelasi komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di instalasi rawat inap Rumah Sakit Kuningan Medical Center. Journal of Nursing Practice and Education, 4(1), 202–205. https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i1.960
Abstract viewed = 102 times