Pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah di TK Harapan Bunda Kabupaten Aceh Utara
DOI:
https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i1.941Keywords:
Anak Prasekolah, Perkembangan Motorik, PuzzleAbstract
Latar Belakang : Keterlambatan perkembangan dapat memberikan dampak pada masalah kesehatan pada anak, salah satunya kesukaran dalam memfokuskan gerakan motorik halus. Sekitar 16% balita mengalami keterlambatan dalam perkembangan motorik halus dan Provinsi Aceh anak usia 1-5 tahun sebesar 2,2% mengalami keterlambatan yang tidak sesuai sehingga perlu peran orang tua memberikan stimulus agar dapat merangsang perkembangan otak dan otot anak. Di TK Harapan Bunda masih terdapat anak yang pasif dan mengalami kesukaran menggerakkan pensil. Media puzzle belum tersedia namun proses belajar sering menggunakan origami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah di TK Harapan Bunda Aceh Utara.
Metode: Jenis penelitian Quasi Experiment dengan pendekatan one group pretest dan posttest design. Sampel penelitian berjumlah 18 responden dengan menggunakan tehnik total sampling. Data di analisis menggunakan uji Wilcoxon. Penelitian telah dilakukan dari tanggal 4 sampai 5 Agustus 2023.
Hasil: Analisis data univariat, menunjukkan rata-rata perkembangan motorik halus sebelum dilakukan permainan puzzle diperoleh nilai mean sebesar 1.6667 dan sesudah 2.7222. Hasil analisis bivariat dengan menggunakan uji Wilcoxon didapatkan nilai p value 0,001
Kesimpulan: Berdasarkan hasil uji statistik Wilcoxon, maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh perkembangan motorik halus anak sesudah dilakukan permainan puzzle dengan nilai P-Value 0,001 < α 0,05
Saran: Diharapkan kepada orangtua dan guru agar dapat melakukan simulasi permainan puzzle ini setiap harinya dalam melatih perkembangan motorik halus anak sebagai sarana untuk meningkatkan perkembangan anak
References
Adiwena, B., Noviadji, B. R., & Aldora, J. (2022). Desain Puzzle Sebagai Media Untuk Menstimulasi Motorik Halus Anak Usia 3-5. Jurnal Fakultas Desain Institut Informatika Indonesia Surabaya, 6(2), 111–125. https://doi.org/https://doi.org/10.34148/artika.v6i2.559
Akbar, G. F., Karta, I. W., & Astawa, I. M. S. (2022). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif, Motorik Halus dan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Labuhan Haji. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2695–2703. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1042
Ananda, Y. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Pra Sekolah Di Tk Inti Gugus Tulip Iii Padang Tahun 2018. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 2(2), 29–35. https://doi.org/10.36341/jka.v2i2.622
Hani, U., & Hibana, H. (2022). Ular Tangga Covid-19 sebagai Redesain Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 162–171. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1262
Harmila, Hanik Fetriyah, U., & Joac Brett Nito, P. (2023). Permainan Puzzle Mempengaruh Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11(3), 581–590. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.581-590
Izzah, N., Chaizuran, M., & Muammar. (2021). Pengaruh Stimulasi Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Balita. Darussalam Indonesian Journal Fo Nursing and Midwifery, 4(1), 58–67. https://doi.org/10.30633/jkms.v9i2.195
Jada, W., Salwiah, & Henny. (2022). Menstimulasi Perkembangan Motori Halus Anak Melalui Kegiatan Puzzle Stik Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Burangasi Rumbia Kecamatan Lapandewa. Lentera Anak, 1 No. 2(2), 63–77. https://doi.org/https://doi.org/10.35326/jla.v1i2.924
Karimah, D., Nurwati, N., & Basar, G. G. K. (2015). Pengaruh Pemenuhan Kesehatan Anak Terhadap Perkembangan Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 118–125. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.13266
Khoerunnisa, S. R., Muqodas, I., & Justicia, D. R. (2023). Pengaruh Bermain Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. 4(2), 49–58. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.279
Khumaeroh, S., & dkk. (2022). Penggunaan Puzzle Sebagai Alat Permainan Edukatif dan ImplementasiTerhadap Aspek Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 5(2), 164–171. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v5i2.5921
Mahdalena, R., Shodiq, M., & Dewantoro, D. A. (2020). Melatih Motorik Halus Anak Autis Melalui Terapi Okupasi. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(1), 1. https://doi.org/10.17977/um031v6i12020p1-6
Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14. https://doi.org/https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564
Mursid, S. N. (2021). Upaya Pengembangan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Menari Di RA Imama Kedungpane Mijen Semarang. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(2). https://doi.org/10.21580/joecce.v1i2.8961
Nikmah, N., Qomari, S. N., & Zainiyah, H. (2023). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia 24-36 Bulan. Indonesian Journal of Professional Nursing, 4(1), 52. https://doi.org/10.30587/ijpn.v4i1.5773
Panzilion, Padila, Amin, M., & Andri, J. (2020). Perkembangan Motorik Prasekolah antara Intervensi Brain Gym dengan Puzzle. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 510–519. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v3i2.1120
Putri, E. R. (2021). Persepsi Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia (3-4) Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Sako Palembang [Universitas Sriwijata]. https://repository.unsri.ac.id/58164/3/RAMA_86207_06141281722029_0021068901_01_front_ref.pdf
Rahayuningrum, L., & Wahyuni, M. (2021). Terapi Bermain Playdough Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Autis Di Rumah Sakit. Journals of Ners Community, 12(1), 131–142. https://doi.org/https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v12i1.1326
Renteng, S. (2021). Stimulasi Perkembanganpada Anak Usia Prasekolah. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 10(3), 6. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i3.2334
Retnowati, A. D. A. (2022). Pengaruh Media E-Bookket Teradap Pengetahuan Orang Tua Dalam Menghadapi Persiapan Petumbuhan Dan Perkembangan Pada Anak Usia 0-23 Bulan Di Desa Cindaga. JURNAL OF NURSHING PRACTICE AND EDUCATION, 03(1), 22–32. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i01.552
Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161
Sudarsih. (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Media Bermain Menggambar Dekoratif Pada Kelompok B3 Tk Bhayangkari Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Program Sarjana S1 Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. https://repository.unib.ac.id/8649/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-sud-FK.pdf
Wigati, P. W., Sutrisni, S., Widyastuti, A., & Prasetyo, R. T. (2022). Pengaruh Pemberian Stimulasi Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus. Jurnal Bidan Pintar Universitas Kadiri, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30737/jubitar.v3i2.4271
Yuniati, E. (2018). Puzzle Mempengaruhi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Tk At Taqwa Mekarsari Cimahi. Indonesian Journal of Nursing Practice, 2(2), 65–74. https://doi.org/10.18196/ijnp.2280
Zulfa, R. A. A., & Utami, H. T. (2021). Upaya Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu dan Permainan Edukatif pada Siswa SD Negeri Nusamangir. Journal of Education and Teaching, 2(2), 51–59. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jete.v3i1.14512
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Nursing Practice and Education published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0