Efektifitas edukasi jajanan dan penerapan buku catatan harian jajanan dalam meningkatkan pengetahuan pada anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i1.847Keywords:
Buku Catatan Harian, Jajanan, Anak Sekolah DasarAbstract
Latar Belakang : Anak usia sekolah dasar memiliki banyak masalah kesehatan salah satunya adalah kurangnya pengetahuan tentang manfaat jajanan bergizi. Anak usia sekolah dasar mengalami masalah kesehatan salah satunya kurangnya pengetahuan mengkonsumsi jajanan sehat. Banyak anak memilih jajanan yang tidak sehat Ketika di sekolah yang menyebabkan mengalami masalah Kesehatan.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasy exsperimental (eksprerimen semu) dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Two Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling yaitu 64 responden dari 337 populasi. Dengan instrument penelitian menggunakan kuesioner.
Hasil: Rata-rata kelas eksperimen 70.6349 atau 70,6% yang termasuk dalam kategori Cukup Efektif. Sementara untuk rata rata kelas control adalah sebesar 23.5507 atau 23,5% yang termasuk dalam kategori tidak efektif.
Pembahasan : menunjukkan bahwa pengetahuan tentang jajanan dengan buku catatan harian jajanan mengalami peningkatan skor pengetahuan lebih tinggi dibandingkan dengan diberikan menggunakan media power point.
Kesimpulan : Media buku catatan harian jajanan lebih berpengaruh dalam meningkatkan pengetahahuan jajanan pada anak sekolah dasar dibandingkan dengan media power point.
References
Amelia, Z., & Nurfadilah, N. (2021). Implementasi Penggunaan Jurnal Harian di Lembaga PAUD. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1–15.
Anif Lestari, D., & Eko Arianto, M. (2019). PENGARUH PEMBERIAN BUKU SAKU TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SAFETY RIDING PADA SISWA KELAS X DAN XI JURUSAN TBSM (TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR) SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA.
Astuti, A., & Duanita, M. H. (2019). Dampak Penyuluhan Jajanan Sehat terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak Sekolah Dasar di Madrasah Ibtidaiyah Al-fitrah Kampung Nelayan Oesapa Kupang. CHMK Health Journal, 3(3), 62–68.
Auliah, Sitompul, L., Andeka, W., Patroni, R., & Sumaryono, D. (2021). Efektivitas Promosi Kesehatan melalui Media Booklet terhadap Pengetahuan tentang Anemia pada Remaja Putri Kelas Vii di SMP N 19 Kota Bengkulu. Poltekkes Kemenkes Bengkulu.
BNN, H. (2020). Narkoba pada anak anak. Badan Narkotika Nasional Provinsi Suawesi Selatan.
Devriany, A. (2021). Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar tentang Dampak Jajan Sembarangan Bagi Kesehatan. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 35–41.
Diana Sari, Y., & Rachmawati, R. (2020). Kontribusi Zat Gizi Makanan Jajanan Terhadap Asupan Energi Sehari Di Indonesia (Analisis Data Survey Konsumsi Makanan Individu 2014)[Food Away From Home (Fafh) Contribution of Nutrition To Daily Total Energy Intake in Indonesia]. Penelitian Gizi Dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research), 43(1), 29–40.
Franciscato, S. J., Janson, G., Machado, R., Lauris, J. R. P., de Andrade, S. M. J., & Fisberg, M. (2019). Impacto do Programa de educação nutricional “Nutriamigos®” nos níveis de conhecimento sobre alimentação saudável em crianças escolares. Journal of Human Growth and Development, 29(3), 390.
Haryani, W., & Siregar, I. H. Y. (2022). Pop-up book as a media for dental promotion to increase knowledge of dental health in elementary school students. Journal of Drug Delivery and Therapeutics, 12(1), 42–44.
Lestari, O. P. (2018). Kebiasaan Menulis Buku Harian Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learningpada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 1(1), 210–218.
Moonti, Mutia Agustiani. (2023). Pengaruh Efektivitas Support System Keluarga Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operatif di Ruang Bedah RSUD Gunung Jati Cirebon. Journal of Nursing Practice and Education 3(02):112-118. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i2.656.
Mustika Ratu, T. (2022). PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG JAJANAN PADA REMAJA DI SMA NEGERI SULAWESI TENGGARA DAN SMA NEGERI SULAWESI SELATAN DI MASA PANDEMI COVID-19= KNOWLEDGE AND ATTITUDE ABOUT SNACKING BY ADOLESCENTS AT SOUTH SULAWESI STATE SMA AND SULAWESI STATE SMA SOUTH IN TH. Universitas Hasanuddin.
Oliveira, M. L. de, Castagnoli, J. de L., Machado, K. M. C., Soares, J. M., Teixeira, F., Schiessel, D. L., Santos, E. F. dos, & Novello, D. (2022). Interdisciplinary Educational Interventions Improve Knowledge of Eating, Nutrition, and Physical Activity of Elementary Students. Nutrients, 14(14), 2827.
Pendidikan, D. (2021). Edukasi. Dinas Pendidikan Kota Jambi.
Qorrotu Aini, S. (2019). PERILAKU JAJAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR SNACKING BEHAVIOUR OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENT. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 15(2), 133–146. http://ejurnal-litbang.patikab.go.id/index.php/jl/article/viewFile/153/125
Rifaldo, M. (2021). Efektifitas Promosi Kesehatan melalui Media Buku Cerita tentang Makan Buah Sayur terhadap Pengetahuan Aanak Sekolah Dasar di SD N 47 Kota Bengkulu. Poltekkes Kemenkes Bengkulu.
Triasari, R. (2015). Hubungan pengetahuan dan sikap mengenai jajanan aman dengan perilaku memilih jajanan pada siswa kelas V SD Negeri Cipayung 2 kota Depok. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amelia Priyadi Putri, Diyah Yulistika Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Nursing Practice and Education published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0