Pengaruh permainan edukatif domino card terhadap pengetahuan anak usia sekolah dasar tentang manajemen kebersihan diri saat menstruasi
DOI:
https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i1.846Keywords:
Manajemen kebersihan diri saat menstruasi, Domino Card, Pengetahuan, Permainan EdukatifAbstract
Latar Belakang : Usia 7 sampai 12 tahun adalah usia anak pendidikan sekolah dasar. Pada anak usia 9 sampai 12 tahun anak sekolah dasar mengalami banyak pertumbuhan dan perkembangan. Pada anak perempuan, beberapa mengalami menstruasi. Kebersihan diri saat menstruasi sangat diperlukan sebagai upaya dalam menjaga kesehatan dan kebersihan organ reproduksi agar terhindar dari berbagai infeksi. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan adanya pendidikan kesehatan yang menarik yaitu dengan media permainan Domino Card.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh media domino card terhadap tingkat pengetahuan anak usia sekolah dasar tentang manajemen kebersihan diri saat menstruasi.
Metode : Desain Pra-Experimental dengan pendekatanan One-group-pra-post test design, populasi 63 responden, sampel 63 responden, menggunakan teknik total sampling, instrument penelitian menggunakan kuesioner yang dianalisis dengan Uji Wilcoxon.
Hasil : Pengetahuan responden meningkat secara signifikan dari 54,70 menjadi 91,29 dengan nilai p<0,005.
Kesimpulan : Permainan edukatif domino card mengenai manajemen kebersihan diri saat menstruasi dapat meningkatkan pengetahuan.
Saran : Diharapkan menjadi tumpuan untuk menumbuhkan minat dan motivasi pembelajaran Pendidikan kesehatan pada anak-anak dengan menggunakan permainan edukatif Domino Card
References
Anggraini, S. N., & Marpaung, C. A. B. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Personal Hygiene Saat Menstruasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswi SDN 17 Kota Pekanbaru. Prosiding SINTAKS 2019, 665–671.
Astuti, Y., & Anggarawati, T. (2020). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi. Indonesia Jurnal Perawat, 5(2), 36. https://doi.org/10.26751/ijp.v5i2.1351
Fatmawati, A., Wahyu Ariyanti, F., & Putri Kurniasari, H. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Self Care Pada Remaja Yang Mengalami Dismenore di Long Ikis – Kalimantan Timur. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 2(2), 71–79. https://doi.org/10.22437/jini.v2i2.15548
Hidayati, N. Y. (2021). Personal Hygiene Selama Menstruasi Pada Remaja Putri dengan Media Booklet. (Doctoral Dissertation, Universitas’ Aisyiyah Surakarta).
Moonti, Mutia Agustiani. (2023). Pengaruh Efektivitas Support System Keluarga Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operatif di Ruang Bedah RSUD Gunung Jati Cirebon. Journal of Nursing Practice and Education 3(02):112-118. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i2.656.
Nurlaeli, H., Herman, M., & Indarto, H. (2021). Pengetahuan dan psikologi anak SD kelas atas saat menghadapi menstruasi pertama kali. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 54–66.
Pemiliana, P. D., Agustina, W., & Verayanti, D. (2019). Perilaku Remaja Putri dengan Personal Hygiene saat Menstruasi di SMA Etilandia Medan Tahun 2018. 1(17).
Pradipta, U., Yanuarini, T. A., & Hardjito, K. (2020). Pengaruh Permainan Edukatif Terhadap Perilaku Remaja Putri Dalam Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) The Influence Of Game-Based Education on Adolescents Girl Behavior In Menstrual Hygiene Management (MHM) At MIN Bandar Kidul Kota Kediri (Vol. 9, Issue 1).
Riskesdas. (2018). Hasil Utama Riskesdas. Kemenkes: Badan Penelitian & Pengembangan Kesehatan.
Rosyida, D. A. C. (2021). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. PT. PUSTAKA BARU.
Sa’diyah, K. (2021). Jurnal Peduli Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 3(September), 207–212.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan di jurnal kami, setuju dengan syarat-syarat berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan Jurnal Kami hak dari publikasi pertama dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International yang memungkinkan orang lain untuk melakukan perubahan, menyesuaikan dan membangun karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal dalam Jurnal . Penulis diizinkan untuk menyalin dan mendistribusikan ulang versi karya yang diterbitkan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi di jurnal kami.