Pengaruh edukasi audio visual self-care behaviour terhadap peningkatan pengetahuan penderita hipertensi pada usia dewasa
DOI:
https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i1.829Keywords:
Hipertensi, Audio Visual, Self-care BehaviourAbstract
Latar Belakang : Tingkat pengetahuan penderita hipertensi tentang perilaku perawatan diri sangat berperan dalam menentukan langkah penencegahan hipertensi. Media audio visual merupakan media edukasi dengan efektivitas yang baik dalam meningkatkan pengetahuan penderita hipertensi karena melibatkan indera pendengaran dan penglihatan. Ada pengaruh edukasi audio visual Self-care Behaviour Terhadap Peningkatan Pengetahuan Penderita Hipertensi Usia Dewasa di Desa Jati.
Metode: penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam rancangan one-group pretest postest design dengan 59 sampel penelitian. Instrumen penelitian menggunakan media audio visual tentang hipertensi dan self-care behaviour serta kuesioner Hypertension Fact Questionnaire dan Hypertension Self Management Behavior Questionnaire. Hasil penelitian di analisis secara statistik menggunakan SPSS dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test.
Hasil: Dari 59 responden didapatkan rata-rata tingkat pengetahuan sebelum diberikan edukasi audio visual 57.6% pada kategori pengetahuan rendah dan Setelah diberikan edukasi rata-rata tingkat pengetahuan responden sebesar 84.7% pada tingkat pengetahuan tinggi serta didapatkan hasil p value 0,000<(0,05) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan.
Pembahasan : Sarana untuk menyampaikan edukasi kesehatan memerlukan media yang nantinya dapat meningkatkan pengetahuan dan dapat mengubah perilau kearah yang positif.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pengetahuan responden sebelum dan sesudah diberikan edukasi audio visual self-care behaviour pada penderita hipertensi usia dewasa di Desa Jati dengan nilai signifikansi p value < 0,05.
References
Ariyanti, M. (2019). Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Perubahan Perilaku Penderita Hipertensi di Puskesmas Lhok Bengkuang Tahun 2019. Doctoral Dissertation, Institut Kesehatan Helvetia.
Elsandi, S., Pardosi, S., Annisa, R., Efendi, P., & Heriyanto, H. (2021). Pengaruh Edukasi Hipertensi Menggunakan Video terhadap Kepatuhan Minum ObatHipertensi pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Pasar Ikan Kota Bengkulu. Tahun 2021 (Doctoral dissertation).
Fernalia, F., Busjra, B., & Jumaiyah, W. (2019). Efektivitas metode edukasi audiovisual terhadap self management pada pasien hipertensi. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 221–233.
Harefa, D. (2022). Edukasi Pembuatan Bookcapther Pengalaman Observasi Di Smp Negeri 2 Toma Haga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 69–73.
Hidayat, W. (2019). Pengembangan Media Layanan Informasi Audio Visual Untuk Pemahaman Bahaya Narkoba Di Sekolah Menengah Atas. (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Idu, D. M. (2022). Faktor–Faktor Yang mempengaruhi Perilaku Self-Care Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Lalang Tahun 2022. Wawasan Kesehatan, 7(1), 30–38.
Jatmika, S. E. (2019). Pengembangan Media Promosi Kesehatan. Yogyakarta: K- Media.
Kemenkes, R. I. (2019). Profil kesehatan indonesia tahun 2019. Kementrian Kesehatan.
Makawekes, E., Suling, L., & Kallo, V. (2020). Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Tekanan Darah Pada Usia Lanjut 60-74 Tahun 2020. Jurnal Keperawatan, 8(1), 83–90.
Moonti, Mutia Agustiani. (2023). Pengaruh Efektivitas Support System Keluarga Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operatif di Ruang Bedah RSUD Gunung Jati Cirebon. Journal of Nursing Practice and Education 3(02):112-118. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i2.656.
Rahmatillah, V. P. (2020). Hubungan Karakteristik, Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan Tekanan Darah pada Lanjut Usia di Posbindu. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 30(3).
Rasiman, N. B. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Lansia Mengikuti Kegiatan Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Uekuli Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una Una. Pustaka Katulistiwa: Karya Tulis Ilmiah Keperawatan, 3(2), 31–43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan di jurnal kami, setuju dengan syarat-syarat berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan Jurnal Kami hak dari publikasi pertama dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International yang memungkinkan orang lain untuk melakukan perubahan, menyesuaikan dan membangun karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal dalam Jurnal . Penulis diizinkan untuk menyalin dan mendistribusikan ulang versi karya yang diterbitkan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi di jurnal kami.