Efektivitas Abdominal Streching terhadap penurunan nyeri Disminorhe pada siswi di SMPN 2 Mamosalato Morowali Utara
DOI:
https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i2.756Keywords:
Abdominal Streching, Nyeri, DisminoreAbstract
Latarbelakang: pergantian secara normal pada seorang wanita yang berlangsung rutin dan disebabkan oleh hormon reproduksi. Seringnya rasa nyeri haid ini dialami pada hari pertama sampai hari kedua haid dan umumnya rasa nyeri haid akan berkurang jika darah haid keluar lumayan banyak. Tujuan penelitian untuk menilai efektivitas abdominal stretching dengan pengurangan tingkat nyeri haid siswi di SMPN 2 Mamosalato.
Metode: Desain riset yang digunakan peneliti ialah rancangan Pra Eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-post test design. Desain riset ini, menghasilkan korelasi sebab akibat dengan mengikutkan satu kelompok responden.
Hasil: Hasil dari uji Mann withney didapat nilai probabilitas (nilai p) adalah value 0,02<0,05 hal ini menggambarkan ada perbandingan yang signifikan dari nilai nyeri haid pada siswi yang belum mendapatkan perlakuan abdominal streching dan remaja yang telah mendapatkan intrvensi abdominal screching. Nilai mean rank yang diperoleh menggambarkan nilai mean rank pos tes lebih maksimal yaitu 30,10 dipadankan nilai pre test 10.79.
Kesimpulan: intervensi abdominla streching efektif menurunkan intensitas nyeri disminore karena perbaikan aliran darah ke dengan melakukan peregangan dapat mengeluarkan endorphin dan mampu mengurangi ketegangan otot sehingga menggurangi nyeri yang dirasakan saat menstruasi.
References
Astuti, F. C. (2018). Pengaruh Acupressure Pada Titik Hegu (Li 4) Terhadap Intensitas Nyeri Dismenore Primer Di Madrasah Aliyah Al Wathoniyyah Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.
Ayu Cahya Rosyida, D., Suwandono, A., Ariyanti, I., Djamaluddin Mashoedi, I., Fatmasari, D., Terapan Kebidanan, M., & Kemenkes Semarang, P. (2017). Desta Ayu Cahya Rosyida Magister Applied Midwifery, Health Ministry Polytechnic Semarang Jl. Belitung Nursing Journal, 3(3), 221–228.
Kholisoh, et.all (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda Bahaya Kehamilan Berdasarkan Karakteristik Ibu Di Desa Sengon Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Journal of Nursing Practice and Education,Vol.1(02):90–98.https://doi.org/10.34305/jnpe.v2i2.460
Notoatmodjo S. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Nursalam, N. (2013). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan ed. 2. Salemba Medika.
Partiwi, N., Saleha, S., & Mustary, M. (2021). Efektivitas Senam Dismenore Dan Abdominal Stretching Exercise Terhadap Intensitas Nyeri Haid Pada Remaja Dismenore Primer. Jurnal Berita Kesehatan, 14(1). https://doi.org/10.58294/jbk.v14i1.48
Pribakti, B. (2010). Tips dan trik merawat organ intim. Jakarta. Sagung Seto.
Proverawati, A., & Misaroh, S. (2009). Menarche menstruasi pertama penuh makna. Yogyakarta: Nuha Medika, 144.
Qittun. (2008). Konsep Dismenore primer. Jakarta: Salemba Pustaka Pembangunan.
Sadjarwo, G. M. F., & Sarwinanti, S. (2016). PENGARUH LATIHAN SENAM DISMENORE TERHADAP NYERI DISMENORE PADA MAHASISWI FISIOTERAPI DI UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA. Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta.
Silviani, Y. E., Rosnita, T., & Keraman, B. (2020). Pengaruh Abdominal Stretching Exercise Terhadap Penurunan Dysmenorhea. Jurnal SMART Kebidanan, 7(1), 58–62.
Tirtana, A., Emha, M. R., & Azma, A. (2018). Pengaruh pemberian latihan abdominal stretching terhadap penurunan intensitas nyeri haid (disminore) pada remaja putri stikes madani yogyakarta.
Windastiwi, W., Pujiastuti, W., & Mundarti, M. (2017). Pengaruh abdominal stretching exercise terhadap intensitas nyeri dismenorea. Jurnal Kebidanan, 6(12), 17–26.
Yuniza, Y., Novayanti, W. C., & Suzana, S. (2021). Pengaruh Abdominal Stretching Exercise Terhadap Penurunan Nyeri Haid Pada Remaja. Masker Medika, 9(1), 365–371. https://doi.org/10.52523/maskermedika.v9i1.440
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hasma Yakup, Yuli Irnawati, Zulhijriani Zulhijriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Nursing Practice and Education published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0