HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI PUSKESMAS HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU 2022

Authors

  • Taufik Rohman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Dewi Laelatul Badriah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Mamlukah Mamlukah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i01.591

Keywords:

BPJS, Kepuasan, Mutu Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Rawat Jalan

Abstract

Puskesmas di Kabupaten Indramayu yang mengalami penurunan kunjungan pasien dari tahun 2019 hingga tahun 2020 yang mengindikasikan bahwa mutu pelayanan yang belum maksimal dan perlu ditingkatkan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pengguna layanan posyandu di wilayah kerja Puskesmas Margadadi tahun 2021. Menggunakan metode analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel sebanyak 157 responden dengan tehnik Purposive Sampling. Analisis data univariat menggunakan deskriptif, bivariat menggunakan rank spearman dan multivariat menggunakan regresi logistik berganda. Hasil menunjukan sebagian besar responden berada pada distribusi mutu pelayanan reliability baik (50,5%), asurance baik (77,1%), tangible baik (62,9%), empathy baik (57,1%), responsiveness baik (59,4%) dan menyatakan puas (54,7%). Terdapat hubungan antara mutu pelayanan kesehatan reliability, asurance, tangible, empathy, responsiveness dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Haurgeulis Kabupaten Indramayu 2022 (p= 0.000, p= 0.000, p= 0.000, p= 0.000, p= 0.000). Mutu pelayanan assurance menjadi faktor dominan untuk meningkatkan kepuasan pasien BPJS. Adanya peningkatan kualitas layanan secara assurance dan relliability guna meningkatkan tingkat kepercayaan pasien serta memberikan pelayanan sesuai dengan keinginan pasien.

References

Ahmad, H., Adi, A., Napitupulu, M., & Permayasa, N. (2021) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Mangasa Kota Makassar’, Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 6(2), pp. 22–28.

BPJS Kabupaten aIndramayu (2021) Peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran (Iuran).

Bustami (2011) Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: erlangga.

Hasnih, Gunawan, & H. (2016) ‘Pengaruh Lima Dimensi Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng’, Jurnal Mirai Managemen, 1.

Haurgeulis, P. (2021) Kunjungan Pasien BPJS. Puskesmas Haurgeulis.

Immas, H. A. P., Saryadi, & Dewi, R. S. (2013) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Kota Magelang’, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/2992.

Jahid, H. (2013) Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jamkesmas Pada Ruang Rawat Inap di RS Elim Rantepao Kabupaten Toraja Utara.

Kemenkes RI (2019) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Pedoman Penyelenggaraan Puskesmas Mampu PONED. Jakarta: Kemenkes RI.

Pemda Jawa Barat (2020) Jumlah Peserta BPJS Kesehatan Jawa Barat.

Puji Periwi Ilahi (2016) Hubungan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Nagrak Sukabumi. Jakarta.

Rahma, A. (2020) Angka Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan Naik di 2020. Available at: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4477950/angka- kepuasan-peserta-bpjs-kesehatan-naik-di-2020.

Syamsiah, S., & Nurlela, S. (2020) ‘Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan BPJS Terhadap Kapuasan Pasien di Puskesmas Sepatan Kabupaten Tangerang Banten’, Jurnal Ilmu Dan Budaya: Edisi Khusus Fakultas Ilmu 94 Kesehatan, 41, 7901–7910.

Trihono (2015) Manajemen Puskesmas Berbasis Paradigma Sehat. Jakarta: CV Sagung Seto.

Trisna Awalinda (2019) ‘Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan di Puskesmas Bailang Kota Manado’, Jurnal Ilmiah Perawat Manado, 7(1).

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Rohman, T., Badriah, D. L., & Mamlukah, M. (2022). HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI PUSKESMAS HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU 2022. Journal of Nursing Practice and Education, 3(01), 69–78. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i01.591
Abstract viewed = 583 times