FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR S1 KEPERAWATAN STIKES KUNINGAN DALAM MENYUSUN SKRIPSI

Authors

  • Reza Fajriawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Aria Pranatha Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Aditiya Puspanegara Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i01.572

Keywords:

Faktor Stres, Mahasiswa, Skripsi

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir sering menghadapi kesulitan dalam penyusunan skripsi dan mengalami stres. Tujuan dari penelitian mengetahui faktor faktor yang berhubungan dengan tingkat stress pada mahasiswa S1 Keperawatan STIKes Kuningan dalam menyusun skripsi tahun 2022. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode analitik korelasional. Populasi dan sampel penelitian ini semua mahasiswa tingkat akhir prodi S1 Keperawatan STIKes Kuningan dengan teknik total sampling yang berjumlah 167 mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rank spearman. Hasil penelitian maka tidak terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat stres pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Jawa Barat 2022 dengan ρ-value 0,498. Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi diri dengan tingkat stres pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Jawa Barat 2022 dengan ρ-value 0,007. Tidak terdapat hubungan antara lingkungan tempat belajar dengan tingkat stres pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Jawa Barat 2022 dengan ρ-value 0,738. Berdasarkan hasil Analisis dapat disimpulkan bahwa hanya motivasi yang mempunyai hubungan dengan tingkat stres pada mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Diharapkan agar mahasiswa mempunyai motivasi yang tinggi dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsi karena selain dapat membantu menyelesaikan dapat pula mengurangi tingkat stres yang dideritanya.

References

Badriah, D. L. (2019). Metodologi Penelitian Ilmu-Ilmu Kesehatan.

Mashudi, F. (2013). Panduan Evaluasi dan Supervisi Bimbingan dan Konseling. Diva Press. https://divapress-online.com/book/pedoman-lengkap-evaluasi-dan-supervisi-bimbin

Mubasyiroh, L. (2021). Hubungan Antara Dukungan Keluarga dan Pengetahuan Ibu Bayi dengan Pemberian Imunisasi HBO di Desa Igirklanceng Kecamatan Sirampog Kabupaten

Brebes Tahun 2020. Journal of Nursing Practice and Education, 1(2), 111–123. https://ejournal.stikku.ac.id/index.php/jnpe/article/view/294

Moonti, Mutia Agustiani. (2022). PENGARUH TERAPI KOGNITIF UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN TERHADAP ORANG DENGAN HIV-AIDS (ODHA) DI KOTA GORONTALO. Journal of Nursing Practice and Education 2(02):90–98. https://doi.org/10.34305/jnpe.v2i2.460.

Saifuddin, M. S. I., & Wekke, I. S. (2018). Strategi dan Teknik Penulisan Skripsi. Deepublish. https://books.google.co.id/books/about/Strategi_dan_Teknik_Penulisan_Skripsi.html?id=xJ9LDwAAQBAJ&redir_esc=y

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar., 4(1), 29–39. https://www.researchgate.net/publication/335772193_FUNGSI_DAN_TUJUAN_PENDIDIKAN_INDONESIA.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Fajriawan, R., Pranatha, A., & Puspanegara, A. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR S1 KEPERAWATAN STIKES KUNINGAN DALAM MENYUSUN SKRIPSI. Journal of Nursing Practice and Education, 3(01), 42–50. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i01.572
Abstract viewed = 84 times