PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH SAAT PEMERIKSAAN GIGI DAN MULUT DENGAN STATUS KARIES GIGI

Authors

  • Dwi Liliani Enggar Puspitasari Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Atika Dhiah Anggraeni Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i01.568

Keywords:

Anak Prasekolah, Puzzle, Tingkat Kecemasan

Abstract

Kesehatan mulut dan gigi merupakan bagian yang terpenting dalam kesehatan anak usia prasekolah. Pemeriksaan gigi dan mulut seringkali membuat anak cemas. Kecemasan dapat diatasi dengan non farmakologi yaitu bermain, dengan bermain anak dapat mengelola rasa cemas. Permainan puzzle merupakan salah satu cara untuk menangani kecemasan pada anak saat pemeriksaan gigi dan mulut. Mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah saat pemeriksaan gigi dan mulut dengan status karies gigi. Menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain quasy eksperiment non equivalent control group dengan pendekatan one group pretest-postest,dengan jumlah responden 40 anak pada bulan Mei 2022. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi FIS (Facial Image Scale) dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Menunjukkan mayoritas responden perempuan dengan umur 5-6 tahun tingkat kecemasan sebelum diberikan perlakuan sangat cemas dan setelah diberikan perlakuan terdapat penurunan menjadi sangat tidak cemas. Permainan puzzle berpengaruh terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah saat pemeriksaan gigi dan mulut dengan status karies gigi dengan hasil p-value 0,000<0,05. Terdapat pengaruh permainan puzzle terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah saat pemeriksaan gigi dan mulut dengan status karies gigi. Media untuk penanganan kecemasan pada anak usia prasekolah bagi tenaga kesehatan.

References

Alfiyah, I., Sulastri, S., & Sutrisno. (2014). Penggunaan Terapi Bermain Terhadap Kecemasan. 125–130.

Ardini, P., & Lestariningrum, A. (2018). Ardini (pp. 1-undefined).

Brown, J. (2019). Effects of group medical play on reducing stress, fear, and anxiety in children.

Fitriani, W., Santi, E., & Rahmayanti, D. (2017). Terapi Bermain Puzzle Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Menjalani Kemoterapi Di Ruang Hematologi Onkologi Anak. Dunia Keperawatan, 5(2), 65. https://doi.org/10.20527/dk.v5i2.4107

Ghazali, A., Ngabekti, D. K., & Andriani, N. P. (2021). Papan Permainan Puzzle Sebagai Media PembelaGhazali, A., Ngabekti, D. K., & Andriani, N. P. (2021). Papan Permainan Puzzle Sebagai Media Pembelajaran Aksara Jawa Pada Anak Usia Dini. CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication, 2(1), 34–40. CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication, 2(1), 34–40.

Hamudeng, A. M., Rafdi, A., Ilmu, B., Gigi, K., Studi, P., Gigi, K., Kedokteran, F., & Universitas, G. (2010). Gambaran kecemasan pada siswa kelas IV , V , dan VI sekolah dasar terhadap perawatan gigi ( Overview of anxiety on student of class IV , V , and VI elementary school on dental care ). Makassar Dent J, 4(6), 200–204.

Mutiah, D. (2015). Bermain Anak Usia Dini (5th ed.). Kencana Prenada Media Group.

Nengsih, N. A. (2020). Origami Sebagai Tindakan Adjuvant Atraumatic Care Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Yang Menjalani Hospitalisasi Di Rsud 45 Kuningan. Journal of Nursing Practice and Education, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i1.194

Riskesdas. (2018). Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (p. 198). http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf

Sari, E. (2012). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gosok Gigi Dengan Metode Simulasi Ular Tangga Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap, Dan Aplikasi Tindakan Gosok Gigi Anak Usia Sekolah. https://e-journal.unair.ac.id/IJCHN/article/view/11902

Trisyana, S., & Reza, M. (2013). Melalui Media Puzzle Pada Kelompok B Di Tk Siswa Budi I Surabaya. 2(2), 1–7.

Widayanti, N. (2014). Faktor yang berhubungan dengan karies gigi anak pada usia 4-6 tahun. Jurnal Berkala Epidemiologi, 2(2), 196–205.

Wuisang, M., Gunawan, P., & Kandou, J. (2015). Gambaran Kecemasan Terhadap Penambalan Gigi Pada Anak Umur 6 – 12 Tahun Di Poli Gigi Dan Mulut Puskesmas Tuminting Manado. E-GIGI, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.35790/eg.3.1.2015.7663.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Puspitasari, D. L. . E. ., & Anggraeni, A. D. . (2022). PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH SAAT PEMERIKSAAN GIGI DAN MULUT DENGAN STATUS KARIES GIGI. Journal of Nursing Practice and Education, 3(01), 51–58. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i01.568
Abstract viewed = 88 times