PENGARUH MEDIA E-BOOKKET TERADAP PENGETAHUAN ORANG TUA DALAM MENGHADAPI PERSIAPAN PETUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK USIA 0-23 BULAN DI DESA CINDAGA
DOI:
https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i01.552Keywords:
Anak, E-Booklet, Pengetahuan, Perkembangan, PertumbuhanAbstract
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan masalah utama yang terjadi pada anak, dan orang tua harus tau serta paham terkait pertumbuhan dan perkembangan guna untuk mencegah gangguan tumbuh kembang pada anak, banyak anak di Indonesia yang mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Peneliti ini memfokuskan pada pengetahuan orang tua mengenai pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia 0-23 Bulan. Mengetahui Pengaruh Media E-Booklet Terhadap Pengetahuan Orang Tua Dalam Persiapan Perumbuhan dan Perkembangan Pada Anak Usia 0-23 bulan. Menggunakan metode Kuantitatif, Desain yang digunakan dalam penelitian adalah quasi eksperimental dengan rancangan pre test post test with control group design. Penelitian ini telah dilakukan melalui pengukuran dua kelompok yaitu kelompok intervensi diberikan penyuluhan menggunakan E-Booklet dan kelompok kontrol menggunakan media leaflet. Jumlah responnden 46, Analisis uji menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dan Uji Mann Whitney. Responden mayoritas berusia 26-34 tahun, pendidikan terakhir responden mayoritas SMP. Pengetahuan kelompok intervensi sebelum diberikan perlakuan media e-booklet 60,9% (cukup), setelah diberikannya perlakuan menjadi 87,0% (baik) dan pada kelompok kontrol sebelum diberikan perlakuan leaflet 60,9% (cukup) dan setelah diberikan perlakuan leaflet menjadi 73,9% (baik). Nilai p-value uji wilcoxon signed rank test dan uji mann whitney (0,000) yang berarti terdapat pengaruh media e-booklet terhadap pengetahuan. Media E-Booklet lebih berpengaruh dalam upaya meningkatkan pengetahuan orang tua mengenai pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia 0-23 bulan (0,000). Untuk penelitian selanjutnya terkait pertumbuhan dan perkembangan pada anak berkebutuhan khusus.
References
Budiman, A. R. (2013). Kapita Selekta kuisioner. Jakarta : Salemba Medik
IDAI (2013) ‘Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia 0-6 Tahun Berbasis Aplikasi Android’, Jurnal Ilmiah, 1(!). Available at: https://wellness.journalpress.id/wellness.
Noorbaya, S. & Johan, H., Reni, D. P., (2018) ‘Pengaruh Penyuluhan Media Audio Visual Video Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa Kelas 1 Di Sdn 027 Samarinda’, Husada Mahakam : Jurnal Kesehatan, 4(6), 352. Available at: https://doi.org/10.35963/hmjk.v4i6.138.
Lestari wiji (2021). Pendidikan Kesehatan Dengan media Video Dan Media E-Booklet Meningkatkan Pengetahuan Pemberian MP-ASI. Jurnal Sains Kebidanan.Vol (3) No (2)
Notoatmodjo (2012).promosi kesehatan, teori dan aplikasi, ed.revisi 2010. Available at: https%3E//doi.org/10.1108/JMTM-03-2018-0075.
Setyawati, V. A. V., & Herlambang, B. A. (2015). Model Edukasi gizi berbasis e-booklrt untuk meningkatkan pengetahuan gizi ibu balita. Jurnal informatika UPGRIS,, 1(1 Juni). http//journal.upgris.ac.iid/index.php/JIU/aricle/view/810
SSGBI.(2021) ‘Susenas Maret 2019 dan dari studi Status Gizi Blita Indonesia (SSGBI) .https://cegahstunting.id/berita//mengenal-studi-status-gizi-indonesia-2021
Suprayitno, E, & Wahid, A. (2019). Pendampingan Tentang Penyakit Hipertenti Dan Perawatan Keluarga Dengan Hipertensi. Seminar nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 104-106
Via, A,W., Aria,, P & Nur, W. (2021). Pengaruh Penggunaan Buku Sdki, Slki Dan Siki Terhadap Peningkatan Pengetahuan Perawat Dalam Membuat Dokumentasi Keperawatan Berbasis Sdki, Slki, Dan Siki Di Rumah Sakit Kmc Kuningan Tahun 2021. Journal Of Nursing Practice And Eduication, Vol. 02 No. 01, Desember 2021. DOI:10.34305/jnpe.v2il.334.
WHO.(2018) ‘World health statistic’, Jurnal. Available at: http://aps.who.int.
WHO. (2019) ‘Deteksi dini tumbuh kembang anak usia 0-6 tahun berbasis aplikasi android’, Wellness And Healthy magazine, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Nursing Practice and Education published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0