HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SEPATAN
DOI:
https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i2.305Keywords:
Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Kepuasan Pasien,, Harapan PasienAbstract
Pelayanan kesehatan merupkan salah satu sub-sistem dari pelayanan kesehatan nasional. Berdasarkan Permenkes nomor 75 tahun 2014 yang wajib dilakukan puskesmas merupakan pelayanan yang berdasarkan komitmen nasional untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang terpadu. Adapun kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, karena pasien sebagai mahkluk bio-psiko-social memerlukan terpenuhinya harapan dari aspek kesehatan (biologis), aspek kepuasan (psikologis), serta aspek budaya (culture). Namun pada era JKN (jaminan kesehatan nasional) kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan menurun. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya informasi yang diberikan petugas kepada masyarakat, karena akan mempengaruhi persepsi pasien yang ingin berobat ke puskesmas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Sepatan. Metode penelitian ini dilakukan secara kuantitatif deskriptif analitik (Analytic Cross Sectional Study) dan teknik pengambilan sampel secara incidental sampling kepada 108 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan 33 pernyataan menggunakan skala Likert, kemudian data diolah menggunakan Software SPSS untuk analisa univariat dan bivariat (analisa chi square dan kolerasi). Berdasarkan hasil uji statistic terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kepuasan pasien dengan kualitas pelayanan kesehatan, dapat dilihat dari disribusi 4 dimensi tingkat pelayanan yaitu reliability (p-value 0,015), assurance (p-value 0,040), tangibles (p-value 0,001) dan empathy (p-value 0,034). Dengan dilakukannya pengukuran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas Sepatan, diharapkan seluruh petugas kesehatan yang bertugas dapat memberikan pelayanan kesehatan yang prima.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Journal of Nursing Practice and Education published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0