HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI PADA PASANGAN USIA SUBUR DI PUSKESMAS SUNYARAGI KOTA CIREBON TAHUN 2020

  • Rany Muliany Sudirman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Rina Herdiana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
Keywords: Dukungan suami, Kontrasepsi, PUS

Abstract

Alat kontrasepsi (KB) memiliki berbagai macam jenis metode dengan kekurangan dan kelebihan dalam penggunaannya. Dukungan suami sangat diperlukan karena dapat memberikan motivasi dan kenyamanan dalam memilih alat kontrasepsi. Dari 10 orang ibu akseptor KB di Kelurahan Sunyaragi RT/RW 02/03 Kecamatan Kesambi Kota Cirebon, diketahui bahwa 8 dari 10 ibu menggunakan KB atas sepengetahuan suaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan suami terhadap pemilihan metode kontrasepsi pada pasangan usia subur di Puskesmas Sunyaragi Kecamatan Kesambi Kota Cirebon Tahun 2020.

Jenis penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian  ini adalah 1.033 pasangan usia subur yang menjadi akseptor di Puskesmas Sunyaragi Kecamatan Kesambi Kota Cirebon  Tahun 2020. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, dengan rumus slovin didapat jumlah sampel penelitian sebanyak 43 orang. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner serta handphone sebagai alat bantu berkomunikasi dengan para responden. Uji analisis yang dipakai uji chi Square.

Hasil penelitian didapatkan bahwa lebih dari separuh responden mendapat dukungan yang positif dari suami (51,2%). Hampir sebagian responden memilih kontrasepsi pil KB (39,5%). Hasil analisis bivariat dengan chi-square diperoleh p value=0,004.

Simpulan penelitian, terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan suami dengan pemilihan metode kontrasepsi pada pasangan usia subur di Puskesmas Sunyaragi Kota Cirebon Tahun 2020. Saran agar suami memberikan support kepada istri dalam pemilihan metode kontrasepsi yang tepat.

Published
2020-12-21
How to Cite
Sudirman, R., & Herdiana, R. (2020). HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI PADA PASANGAN USIA SUBUR DI PUSKESMAS SUNYARAGI KOTA CIREBON TAHUN 2020. Journal of Nursing Practice and Education, 1(1), 21-29. https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i1.196