PENGARUH TERAPI MUROTTAL AL-QUR'AN TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA PRODI S1 KEPERAWATAN TINGKAT II STIKES YPIB MAJALENGKA TAHUN 2019
DOI:
https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i1.193Keywords:
Terapi Murottal Al-Qur’an, KonsentrasiAbstract
Keberhasilan suatu proses belajar dipengaruhi oleh konsentrasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi murottal Al-Qur’an terhadap peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa tingkat II S1 keperawatan STIKes YPIB Majalengka. Desain penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen Design rancangan Non Equaivalent Control Group dengan sampel yaitu 36 mahasiswa kelompok eksperimen dan 36 mahasiswa kelompok kontrol dengan menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner Army Alpha. Analisa data menggunakan uji statistik Uji Wilcoxon. Hasil pengolahan data pada kelompok eksperimen didapatkan nilai Ï value = 0.000 atau Ï < 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi murottal Al-Qur’an terhadap peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa tingkat II S1 keperawatan STIKes YPIB Majalengka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Journal of Nursing Practice and Education published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0