Hubungan mutu pelayanan kesehatan pasca salin dengan kepuasan pelayanan
DOI:
https://doi.org/10.34305/jnpe.v5i2.1705Keywords:
Daya tanggap, jaminan, berwujud, empati, keandalanAbstract
Latar Belakang: Kematian ibu pasca persalinan masih menjadi masalah global yang memerlukan perhatian, meskipun berbagai upaya telah dilakukan. Di Indonesia, AKI sebesar 189 dan di Jawa Barat 96,89. Di Kota Cirebon, kasus kematian ibu meningkat, termasuk satu kasus di wilayah kerja Puskesmas Drajat. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan pasca salin dengan kepuasan pelayanan wilayah kerja UPT Puskesmas Drajat Kota Cirebon tahun 2024.
Metode: Penelitian menggunakan metode mix methods dengan desain eksplanatori sekuensial pada 40 ibu nifas yang datang pada bulan Agustus–Desember 2024. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara univariat, bivariat (chi-square), multivariat (regresi logistik), serta kualitatif.
Hasil: Terdapat hubungan bermakna antara kepuasan pelayanan dengan dimensi responsiveness nilai p-value 0,007, assurance nilai p-value 0,003, tangible nilai p-value 0,000, empathy nilai p-value 0,000, dan reliability nilai p-value 0,001.
Kesimpulan: Adanya peningkatan kualitas layanan secara assurance dan reliability guna meningkatkan tingkat kepercayaan pasien serta memberikan pelayanan sesuai dengan keinginan pasien.
References
Afrioza, S., & Baidillah, I. (2021). Hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Sepatan. Journal Of Nursing Practice And Education, 1(2), 169–180. https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i2.305
Apriani, N., Suparman, R., Mamlukah, M., & Wahyuniar, L. (2023). Faktor-faktor yang berhubungan kepuasan pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) terhadap layanan whatsapp siap 45 dalam pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah 45 Kuningan 2023. Journal Of Health Research Science, 3(02), 104–119. https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i02.927
Badan Pusat Statistik. (2020). Mortalitas di Indonesia hasil long form sensus penduduk 2020.
Danehchin, N., Javadifar, N., Iravani, M., & D., M. (2022). Service quality gap of care during childbirth and postpartum and its relationship with childbirth satisfaction. Journal Of Health Sciences And Surveillance System, 11(1), 63–69. https://doi.org/10.30476/jhsss.2021.92294.1334
Dinas Kesehatan. (2022). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Barat. https://diskes.jabarprov.go.id/profilkesehatan
Hatijar, H., Utama, R. P., & Toyo, D. S. (2021). Hubungan kepuasan klien post natal care terhadap kualitas pelayanan bidan di puskesmas. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 585–591. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.654
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Rencana aksi kerja kegiatan direktorat P2PTM 2021-2024.
Niloofar Danehchin, Nahid Javadifar, Mina Iravani, M. D. (2022). Service quality gap of care during childbirth and postpartum and its relationship with childbirth satisfaction. Journal Of Health Sciences And Surveillance System, 11(1), 63–69. https://doi.org/https://doi.org/10.30476/jhsss.2021.92294.1334
Pranatha, A., Moonti, M. A., & Gumelar, P. (2023). Hubungan antara pengetahuan dan sikap perawat tentang visi dan misi rumah sakit dengan kepuasan kerja perawat di RSU KMC Kuningan tahun 2022. National Nursing Conference, 1(2), 277–292. https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.897
Rafika Putri, Aisyah, B. W. (2021). Mutu pelayanan kesehatan setelah persalinan yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan ibu nifas. Indonesian Journal Of Public Health And Nutrition, 1(2), 282–290. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijphn.v1i2.45446
Rofiqoh, R., Badriah, D. L., & Mamlukah, M. (2022). Hubungan antara kinerja tenaga kesehatan berdasarkan achieve model dengan capaian target pelayanan kesehatan di Puskesmas Jatibarang Kabupaten Indramayu 2022. Journal Of Nursing Practice And Education, 3(01), 59–68. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i01.590
Rohman, T., Badriah, D. L., & Mamlukah, M. (2022). Hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Haurgeulis Kabupaten Indramayu 2022. Journal Of Nursing Practice And Education, 3(01), 69–78. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i01.591
Sianipar, Y. G., Sari, S. N., Fauzianty, A., & Sari, F. N. (2023). Hubungan mutu pelayanan KIA (kehandalan) dengan kepuasan ibu bersalin secara normal di Puskesmas Lalang Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara. An-Najat, 1(2), 171–176. https://doi.org/10.59841/an-najat.v1i2.192
Solichati, S., Kartasurya, M. I., & Agushybana, F. (2024). Perbandingan kualitas pelayanan persalinan antara puskesmas dengan praktik mandiri bidan di Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 15(1), 40–49. https://doi.org/10.26751/jikk.v15i1.2156
Taswati Nova, Wijayaningrum, Haryana Dewy, A. M. (2022). Pengendalian mutu kualitas pelayanan menggunakan T2 hotelling control chart (studi kasus di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang). Yume : Journal Of Management, 5(2), 495–507. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.7498
Who. (2024). Angka kematian ibu (P. 1). https://data.unicef.org/topic/maternal-health/maternal-mortality
Yudha, R. M., Suparman, R., Mamlukah, M., & Wahyuniar, L. (2024). Hubungan dimensi mutu layanan kesehatan dengan pemanfaatan kembali layanan rawat inap di UPTD Puskesmas Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya. Journal Of Health Research Science, 4(1), 29–38. https://doi.org/10.34305/jhrs.v4i1.1063.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurani Nurani, Esty Febriani, Susianto Susianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Nursing Practice and Education published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0