Hubungan mutu pelayanan kesehatan pasca salin dengan kepuasan pelayanan

Authors

  • Nurani Nurani Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bhakti Husada Indonesia
  • Esty Febriani Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bhakti Husada Indonesia
  • Susianto Susianto Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bhakti Husada Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34305/jnpe.v5i2.1705

Keywords:

Daya tanggap, jaminan, berwujud, empati, keandalan

Abstract

Latar Belakang: Kematian ibu pasca persalinan masih menjadi masalah global yang memerlukan perhatian, meskipun berbagai upaya telah dilakukan. Di Indonesia, AKI sebesar 189 dan di Jawa Barat 96,89. Di Kota Cirebon, kasus kematian ibu meningkat, termasuk satu kasus di wilayah kerja Puskesmas Drajat. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan pasca salin dengan kepuasan pelayanan wilayah kerja UPT Puskesmas Drajat Kota Cirebon tahun 2024.
Metode: Penelitian menggunakan metode mix methods dengan desain eksplanatori sekuensial pada 40 ibu nifas yang datang pada bulan Agustus–Desember 2024. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara univariat, bivariat (chi-square), multivariat (regresi logistik), serta kualitatif.
Hasil: Terdapat hubungan bermakna antara kepuasan pelayanan dengan dimensi responsiveness nilai p-value 0,007, assurance nilai p-value 0,003, tangible nilai p-value 0,000, empathy nilai p-value 0,000, dan reliability nilai p-value 0,001.
Kesimpulan: Adanya peningkatan kualitas layanan secara assurance dan reliability guna meningkatkan tingkat kepercayaan pasien serta memberikan pelayanan sesuai dengan keinginan pasien.

References

Afrioza, S., & Baidillah, I. (2021). Hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Sepatan. Journal Of Nursing Practice And Education, 1(2), 169–180. https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i2.305

Apriani, N., Suparman, R., Mamlukah, M., & Wahyuniar, L. (2023). Faktor-faktor yang berhubungan kepuasan pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) terhadap layanan whatsapp siap 45 dalam pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah 45 Kuningan 2023. Journal Of Health Research Science, 3(02), 104–119. https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i02.927

Badan Pusat Statistik. (2020). Mortalitas di Indonesia hasil long form sensus penduduk 2020.

Danehchin, N., Javadifar, N., Iravani, M., & D., M. (2022). Service quality gap of care during childbirth and postpartum and its relationship with childbirth satisfaction. Journal Of Health Sciences And Surveillance System, 11(1), 63–69. https://doi.org/10.30476/jhsss.2021.92294.1334

Dinas Kesehatan. (2022). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Barat. https://diskes.jabarprov.go.id/profilkesehatan

Hatijar, H., Utama, R. P., & Toyo, D. S. (2021). Hubungan kepuasan klien post natal care terhadap kualitas pelayanan bidan di puskesmas. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 585–591. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.654

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Rencana aksi kerja kegiatan direktorat P2PTM 2021-2024.

Niloofar Danehchin, Nahid Javadifar, Mina Iravani, M. D. (2022). Service quality gap of care during childbirth and postpartum and its relationship with childbirth satisfaction. Journal Of Health Sciences And Surveillance System, 11(1), 63–69. https://doi.org/https://doi.org/10.30476/jhsss.2021.92294.1334

Pranatha, A., Moonti, M. A., & Gumelar, P. (2023). Hubungan antara pengetahuan dan sikap perawat tentang visi dan misi rumah sakit dengan kepuasan kerja perawat di RSU KMC Kuningan tahun 2022. National Nursing Conference, 1(2), 277–292. https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.897

Rafika Putri, Aisyah, B. W. (2021). Mutu pelayanan kesehatan setelah persalinan yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan ibu nifas. Indonesian Journal Of Public Health And Nutrition, 1(2), 282–290. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijphn.v1i2.45446

Rofiqoh, R., Badriah, D. L., & Mamlukah, M. (2022). Hubungan antara kinerja tenaga kesehatan berdasarkan achieve model dengan capaian target pelayanan kesehatan di Puskesmas Jatibarang Kabupaten Indramayu 2022. Journal Of Nursing Practice And Education, 3(01), 59–68. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i01.590

Rohman, T., Badriah, D. L., & Mamlukah, M. (2022). Hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Haurgeulis Kabupaten Indramayu 2022. Journal Of Nursing Practice And Education, 3(01), 69–78. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i01.591

Sianipar, Y. G., Sari, S. N., Fauzianty, A., & Sari, F. N. (2023). Hubungan mutu pelayanan KIA (kehandalan) dengan kepuasan ibu bersalin secara normal di Puskesmas Lalang Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara. An-Najat, 1(2), 171–176. https://doi.org/10.59841/an-najat.v1i2.192

Solichati, S., Kartasurya, M. I., & Agushybana, F. (2024). Perbandingan kualitas pelayanan persalinan antara puskesmas dengan praktik mandiri bidan di Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 15(1), 40–49. https://doi.org/10.26751/jikk.v15i1.2156

Taswati Nova, Wijayaningrum, Haryana Dewy, A. M. (2022). Pengendalian mutu kualitas pelayanan menggunakan T2 hotelling control chart (studi kasus di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang). Yume : Journal Of Management, 5(2), 495–507. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.7498

Who. (2024). Angka kematian ibu (P. 1). https://data.unicef.org/topic/maternal-health/maternal-mortality

Yudha, R. M., Suparman, R., Mamlukah, M., & Wahyuniar, L. (2024). Hubungan dimensi mutu layanan kesehatan dengan pemanfaatan kembali layanan rawat inap di UPTD Puskesmas Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya. Journal Of Health Research Science, 4(1), 29–38. https://doi.org/10.34305/jhrs.v4i1.1063.

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Nurani, N., Febriani, E., & Susianto, S. (2025). Hubungan mutu pelayanan kesehatan pasca salin dengan kepuasan pelayanan . Journal of Nursing Practice and Education, 5(2), 258–266. https://doi.org/10.34305/jnpe.v5i2.1705
Abstract viewed = 0 times