Pengaruh edukasi kesehatan terhadap perubahan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.34305/jnpe.v5i1.1444Keywords:
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pendidikan kesehatan, perilaku hidup sehat, sekolah dasar, kesehatanAbstract
Latar belakang: PHBS memegang peranan vital dalam meningkatkan kualitas hidup individu, keluarga, dan masyarakat. Anak-anak yang berusia Sekolah Dasar (SD) adalah golongan yang mudah terkena penyakit berbasis lingkungan, terutama di lingkungan yang kotor. Data menunjukkan bahwa infeksi seperti diare masih merupakan permasalahan besar di Indonesia, sementara kesadaran akan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada siswa SD masih rendah.
Metode: Pendekatan penelitian ini mengunakan desain pre-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan 83 siswa sebagai responden yang dipilih dengan metode stratified random sampling. Metode analisis yang digunakan Uji Paired T-Test.
Hasil: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dalam perilaku hidup sehat siswa setelah menerima edukasi kesehatan, di mana rata-rata skor perilaku hidup sehat melonjak dari 11,64 menjadi 29,05. Hasil Uji Sampel Berpasangan menunjukkan bahwa nilai P kurang dari 0,05, menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari program pendidikan kesehatan terhadap peningkatan perilaku hidup sehat siswa.
Kesimpulan: program edukasi kesehatan terbukti
References
Aisyah, D., Wulandari, R., & Santoso, H. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Perilaku Hidup Sehat Siswa. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(1), 45-53.
Dewi, R., & Priyanto, D. (2022). Pendidikan Kesehatan sebagai Upaya Peningkatan Perilaku Hidup Sehat. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 14(2), 101-109.
Dewi, S., Kartika, M., & Yulianto, R. (2022). Pengaruh Edukasi Kesehatan terhadap Perilaku Hidup Sehat Anak Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 14(1), 65-73.
Aisyah, D., Wulandari, R., & Santoso, H. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Perilaku Hidup Sehat Siswa. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(1), 45–53.
Dewi, R., & Priyanto, D. (2022). Pendidikan Kesehatan sebagai Upaya Peningkatan Perilaku Hidup Sehat. Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 13(1), 101–1009.
Diana Morika, H., Sakti Anggraini, S., Sandra, R., Rika Nofia, V., & Afifah, S. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di SDN 05 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Saintika Meditory, 6(1), 105–112.
Hafiz, F. A., Kamilia, P. N., Putri, A. M., & Arifin, I. (2022). SOSIALISASI DAN PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN AS-SYAHID KOTA BEKASI. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–6.
Handayani, E. (2022). Dampak Pendidikan Kesehatan pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Anak, 17(2), 92–100.
Indriani, D., & Listyandini, R. (2020). Edukasi PHBS Via Daring pada Remaja di Masa COVID-19. Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, 4(2), 204–211.
Kemenkes RI. (2021). Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Data Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan RI. https:/Promkes.Kemkes.Go.Id.
Putra, M., & Ningsih, S. (2021). Edukasi Kesehatan dan Pengaruhnya terhadap Kebiasaan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(4), 75–82.
Rahman, F. (2022). Pengaruh Video Simulasi Animasi terhadap Pengetahuan Kesiapsiagaan Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 102–114.
Rahman, H., & Sutrisno, E. (2021). Efektivitas Program Pendidikan Kesehatan pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Pendidikan Kesehatan Indonesia, 10(3), 99–107.
Rahmat, A., & Wibowo, H. (2021). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan terhadap Perilaku Kebersihan Diri Anak Sekolah. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 15(3), 121–129.
Salim, M. F., M. Syairaji, M. S., Santoso, D. B., Pramono, A. E., & Askar, N. F. (2022). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Samigaluh Kulonprogo. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 4(1), 19. https://doi.org/10.22146/jp2m.51342
Septiani, S., Pramitaningrum, I. K., & Kurniawan, M. R. (2021). Penyuluhan Terkait Cuci Tangan Pakai Sabun Di Tpa Al-Ikhlas Polri Jatisampurna Bekasi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 111. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4866
Sitorus, I., & Rahayu, D. (2023). Pendidikan Kesehatan sebagai Upaya Meningkatkan Pola Hidup Sehat di Sekolah. Jurnal Kesehatan Dan Pendidikan, 12(4), 80–88.
Suryani, A., & Purnama, T. (2021). Efektivitas Program Pendidikan Kesehatan terhadap Peningkatan Kesadaran Hidup Sehat pada Siswa. Jurnal Pendidikan Kesehatan Indonesia, 9(2), 39–47.
Susanto, A. (2022). Pengaruh Edukasi Kesehatan terhadap Gaya Hidup Sehat. Jurnal Kesehatan Dan Lingkungan Sekolah, 15(2), 85–93.
Triasmari, U., Nugraha Kusuma, A., Studi, P., Masyarakat, K., Stikes, F., & Serang, I. (2019). Determinan Personal Hygiene Pada Anak Usia 9–12 Tahun. Faletehan Health Journal, 6(1), 37–44.
WHO. (2023). Diarrhoeal Disease.
Wulandari, R. (2022). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Perilaku Sehat Anak Sekolah. Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 18(1), 45–52.
Yulianti, N. (2023). Intervensi Pendidikan Kesehatan dalam Meningkatkan Kesadaran Hidup Sehat pada Anak. Jurnal Kesehatan Anak, 16(1), 32–41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pramudya Arbi Wilaga, Ernawati Hamidah, Hadi Abdillah, Burhanuddin Basri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Nursing Practice and Education published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0