Hubungan screen time dengan risiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH) pada anak usia toddler
DOI:
https://doi.org/10.34305/jnpe.v5i1.1269Keywords:
Screen time, gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas, toddler, gadget, kesehatanAbstract
Latar Belakang: Screen time diartikan sebagai waktu lama penggunaan layar (screen) media elektronik atau gadget. Salah satu kekhawatiran terkait kesehatan adalah potensi penggunaan layar terhadap gejala Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH). Perilaku yang menandai terjadinya GPPH berupa gambaran inatensi, impulsivitas, serta hiperaktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan screen time dengan risiko GPPH pada anak usia toddler.
Metode: Cross-sectional dierapkan untuk meneliti melalui metode kuantitatif deskriptif. Orang tua dengan anak yang berusia 1-3 tahun dengan jumlah sebanyak 81 orang diikutsertakan sebagai responden, yang pemilihannya berjalan melalui cara simple random sampling. Lembar observasi ditanyakan kepada orangtua melalui wawancara dan kuisioner SPPAHI diisi oleh orangtua. Data diolah menggunakan SPSS. Pengolahan data dengan uji chi-square.
Hasil: Hasil uji chi-square didapatkann nilai p value sebesar 0,000 (p<0,05). Maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada hubungan yang signifikan antara hubungan screen time dengan risiko gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH) pada anak usia toddler di Posyandu Kelurahan Karangpucung.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara screen time dengan risiko GPPH pada anak usia toddler di Posyandu Kelurahan Karangpucung.
References
Ahmer, Z., Sultan Dar, M., Arif, M., Shah, M., Ain, N. ul, Habiba, U., & Shahid, F. (2023). Screen time and its relationship with attention deficit hyperactivity disorder among children attending a tertiary care hospital. Journal of the Pakistan Medical Association, 73(9), 1847–1851. https://doi.org/10.47391/jpma.8031
American Psychiatric Association. (2019). American Psychiatric Association Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-IV). In SpringerReference. Springer-Verlag. https://doi.org/10.1007/springerreference_179660
Amurothalliba, A. R. (2023). Hubungan Screentime Dengan Gejala Gangguan Pemusatan Perhatian Pada Anak Usia Prasekolah Di Kelurahan Seberang Ulu Ii Skripsi. http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/23742/1/702019073_Bab I_Daftar Pustaka.Pdf
Anggraeni, A. D., Suherman, S., & Sutini, T. (2018). Effectiveness of brain gym and writing therapy in behavioral hyperactivity on pre school-age children with ADHD in school for children with special needs (SLB) ABCD kuncup mas of Banyumas. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 1(2), 1. https://doi.org/10.32584/jika.v1i2.163
Browne, D. T., May, S. S., Colucci, L., Hurst-Della Pietra, P., Christakis, D., Asamoah, T., Hale, L., Delrahim-Howlett, K., Emond, J. A., Fiks, A. G., Madigan, S., Perlman, G., Rumpf, H.-J., Thompson, D., Uzzo, S., Stapleton, J., Neville, R., Prime, H., & Group, M. W. (2021). From screen time to the digital level of analysis: a scoping review of measures for digital media use in children and adolescents. BMJ Open, 11(5), e046367–e046367. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2020-046367
Danielson, M. L., Bitsko, R. H., Ghandour, R. M., Holbrook, J. R., Kogan, M. D., & Blumberg, S. J. (2018). Prevalence of Parent-Reported ADHD Diagnosis and Associated Treatment Among U.S. Children and Adolescents, 2016. Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology : The Official Journal for the Society of Clinical Child and Adolescent Psychology, American Psychological Association, Division 53, 47(2), 199–212. https://doi.org/10.1080/15374416.2017.1417860
Fitriahadi, E., & Daryanti, M. S. (2020). Penggunaan Gadget Mempengaruhi Gangguan Pemusatan Perhatian Pada Anak. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 16(2), 126–134. https://doi.org/10.31101/jkk.1690
Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 15. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636
Kemenkes RI. (2022). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar.
Malau, A. A., Simanjorang, S. A. M. B., Sitanggang, V., Manurung, E. I., & Silitonga, E. (2023). The Effect Of Using Screen Time On Speech Delay In Under-Fives: A Literature Review. Jurnal Perawat Indonesia, 7(3), 1491–1506.
Naufal, A. F., Safitri, E. F., Nurulinsani, A., Susilo, T. E., Darojati, H. P. I., Pristianto, A., & Awanis, A. (2023). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Gejala Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 4(2), 152–160. https://doi.org/10.23917/fisiomu.v4i2.22133
Prasma, E. N., Siringoringo, L., Hunun Widiastuti, S., & Butarbutar, S. (2022). Tingkat Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Toddler di Paud Santa Maria Monica Bekasi Timur. Jurnal Keperawatan Cikini, 2(2). https://doi.org/10.55644/jkc.v2i2.78
Pratiwi, P. A., & Alvina, A. (2022). Intensitas Bermain Gadget dengan Suspek Gangguan Pemusatan Pikiran dan Hiperaktivitas (GPPH) pada Anak. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 5(2), 61–68. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2022.v5.61-68
Saputri, E. L., Supriadi, S., & Wahyuni, R. (2023). Hubungan Lamanya Durasi Screentime Pada Usia 5 Tahun Terhadap Perkembangan Anak. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 6(2), 98–104. https://doi.org/10.54100/bemj.v6i2.96
Yustanta, B. F., & Fitrian, V. S. (2022). Lama Screen Time Menggunakan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Prasekolah. Proceedings of the National Health Scientific Publication Seminar, 1(01), 176–181.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizqika Anu Putri, Atika Dhiah Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Nursing Practice and Education published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0