Hubungan antara faktor demografi dengan stres akademik pada mahasiswa baru program studi keperawatan

Authors

  • Nur Wulan Departemen Keperawatan Jiwa, Program Studi S1 Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Moch. Didik Nugraha Departemen Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis, Program Studi S1 Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i2.1101

Keywords:

Latar Belakang Pendidikan, Jenis Kelamin, Mahasiswa Baru, Stres Akademik, Tempat tinggal

Abstract

Latar Belakang: Stres akademik rentan dialami oleh mahasiswa, tanpa terkecuali mahasiswa baru. Hasil literatur menunjukkan stres pada mahasiswa baru mencapai 45,8% - 71,6%. Penyesuaian diri terhadap lingkungan baru dianggap menjadi salah satu predisposisi stres yang dialami mahasiswa baru.
Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 60 responden dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Analisis Bivariat menggunakan uji korelasi Rank Spearman.
Hasil: Penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara jenis kelamin, tempat tinggal dengan stres akademik pada mahasiswa baru S1 Keperawatan  (p=0,001, p=0,000) namun tidak terdapat hubungan dengan latar belakang pendidikan (p=0,506).
Kesimpulan: Faktor demografi sepeti jenis kelamin dan tempat tinggal memiliki hubungan yang signifikan dengan stres akademik pada mahasiswa baru S1 Keperawatan, namun asal jurusan pendidikan sebelumnya tidak memiliki hubungan. Suport system antar mahsiswa baru diperlukan guna mengurangi rasa stres yang dialami.

References

Adryana, N.C. Et Al. (2020) ‘Perbandingan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat I, Ii Dan Iii Fakultas Kedokteran Universitas Lampung’, Majority, 9, Pp. 142–149.

Ajeng Febrianti Rahayu Et Al. (2021) ‘Hubungan Kemampuan Adaptasi Dan Tempat Tinggal Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Baru’, Journal Of Community Mental Health And Public Policy, 3(2), Pp. 48–58. Available At: Https://Doi.Org/10.51602/Cmhp.V3i2.50.

Ambarwati, P.D., Pinilih, S.S. And Astuti, R.T. (2019) ‘Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa’, Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), P. 40. Available At: Https://Doi.Org/10.26714/Jkj.5.1.2017.40-47.

Arisandi, W. And Setia, A. (2021) ‘Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Mitra Indonesia Tahun 2020’, Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia (Jikmi), 2(2), Pp. 1–9.

Erindana, F.U.N., Nashori, H.F. And Tasaufi, M.N.F. (2021) ‘Penyesuaian Diri Dan Stres Akademik Mahasiswa Tahun Pertama Self Adjustment And Academic Stress In First-Year University Student’, Motiva: Jurnal Psikologi, 4(1), P. 11. Available At: Https://Doi.Org/10.31293/Mv.V4i1.5303.

Fahrianti, F. And Nurmina (2021) ‘Perbedaan Kecemasan Mahasiswa Baru Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), Pp. 1297–1302.

Fauzia, A.R. (2019) Perbedaan Self Regulation Learning Antara Mahasiswa Yang Tinggal Dengan Orang Tua Dan Yang Tidak Tinggal Dengan Orang Tua (Kost).

Handayani, E. And Nirmalasari, N. (2020) ‘Perbedaan Tingkat Stres Mahasiswa Perantauan Dan Bukan Perantauan’, Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 11(December), Pp. 63–66. Available At: Https://Doi.Org/10.33846/Sf11nk31.

Hasanah, A. Et Al. (2022) ‘Gambaran Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru Prodi Diii Keperawatan Tahun Angkatan 2021 – 2022 Di Itsk Rs Dr . Soepraoen Malang Pendahuluan Mahasiswa Baru Merupakan Individu Individu Untuk Mencapai Keseimbangan Dengan’, (1), Pp. 28–36.

Mukrimaa, S.S. Et Al. (2016) Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), P. 128.

Nasrullah, Zahra Zakiya (2021) ‘Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Angkatan 2019 Selama Masa Pandemi Covid-19 Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Disusun’, Jurnal Empati, 26(2), Pp. 173–180.

Rahmawati, W.D., Sukmaningtyas, W. And Muti, R.T. (2021) ‘Hubungan Antara Jenis Kelamin Dan Program Studi Dalam Mempengaruhi Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar Pada Mahasiswa’, Borneo Nursing Journal,

(1), Pp. 18–24.

Rahmayani, R.D., Liza, R.G. And Syah, N.A. (2019) ‘Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor Pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017’, Jurnal Kesehatan Andalas, 8(1), P. 103. Available At: Https://Doi.Org/10.25077/Jka.V8.I1.P103-111.2019.

Romadhoni, I. F., Kiristiastuti, D., Nurlaela, L., Sutiadiningsih, A., Astuti, N., Pangesthi, L. T., ... & Bahar, A. (2020, December). Differences In Achievement Of Learning By Varying Academic Provenance. In International Joint Conference On Arts And Humanities (Ijcah 2020) (Pp. 1209-1214). Atlantis Press.

Soleha, U. (2019) ‘Hubungan Asal Jurusan, Status Ekonomi Orangtua, Dukungan Sosial Keluarga Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Semester Iv’, Pp. 1–12.

Syitin, T.H. (2018) ‘Perbedaan Tingkat Stres Antara Mahasiswa Yang Tinggal Dengan Orang Tua Dan Tinggal Sendiri Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Andalas’, Pp. 59–60.

Pratiwi, E. N., Nurjanah, S., Pratiwi, A. M., Prastyoningsih, A., Murharyati, A., & Saraswati, H. A. C. (2021). The Effect Of Aromatherapy Massage On Anxiety Levels In Postpartum Women. Journal Of Midwifery, 5(2), 1-4.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Wulan, N., & Nugraha, M. D. (2024). Hubungan antara faktor demografi dengan stres akademik pada mahasiswa baru program studi keperawatan. Journal of Nursing Practice and Education, 4(2), 242–250. https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i2.1101
Abstract viewed = 32 times