Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Komunikasi Efektif Perawat Di Ruang Rawat Inap RS Juanda Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i1.1014Keywords:
Kelelahan fisik, bahasa, dukungan pimpinan, penghargaan, komunikasi efektifAbstract
Latar Belakang: Berdasarkan data terakhir pada tahun 2017 jumlah kunjungan pasien rawat jalan mengalami penurunan yaitu sebanyak 108.249 pasien lama dan 72.957 untuk pasien baru. Adapun jumlah kunjungan pasien rawat inap pada Tahun 2015 yaitu sebanyak 527 pasien lama dan 4049 pasien baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan komunikasi efektif diruang Rawat Inap Rumah Sakit Juanda Kuningan Tahun 2023.
Metode Penelitian: Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analitik korelasi. Populasi penelitian seluruh perawat Rumah Sakit Juanda Kuningan dan sampel penelitian sebanyak 64 perawat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu uji rank-spearment test.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian dari 64 perawat hampir seluruhnya memiliki kelelahan fisik sedang sebesar 84,4%, sebagian besar menggunakan bahasa Indonesia sebesar 57,8%, sebagian besar pimpinan mendukung sebesar 67,2%, sebagian besar memiliki penghargaan tinggi sebesar 53,1%, sebagian besar memiliki komunikasi efektif baik sebesar 50%.
Simpulan dan Saran: Tidak terdapat hubungan antara kelelahan fisik, bahasa, dukungan pimpinan, penghargaan dengan komunikasi efektif diruang rawat inap rumah sakit Juanda Kuningan Tahun 2023
References
Fanny, N., Fatimah, F. S., & Huda, M. I. N. (2022). Hubungan Komunikasi Efektif Petugas Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit X. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan, 506–512. http://ojs.udb.ac.id/index.php/sikenas/article/download/2104/1660
Lutfi, M., Puspanegara, A., & Mawaddah, A. U. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelelahan Kerja (Burnout) Perawat Di Rsud 45 Kuningan Jawa Barat. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 12(2), 173–191. https://doi.org/10.34305/jikbh.v12i2.332
Mutmainnah, U., Ahri, A. R., & Arman. (2021). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar 2020. Journal of Muslim Community Health, 2(1), 52–74.
Ndorang, T. A. (2020). Spiritualitas Kristiani Dan Pengaruhnya Terhadap Pelayanan Perawat Katolik. Jurnal Wawasan Kesehatan , 5(1), 29–34.
Notoatmodjo, S. (2018). Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Pertiwi, M. R., Annalia, W., Raziansyah, Lucia, F., Annisa, F., Yohana, S., Dely, M., Widya, A., Ikhsan, F., & Arniati. (2022). Komunikasi terapeutik dalam kesehatan.
Syagitta, M. (2017). Jurnal Persepsi Perawat Terhadap Pelaksanaan Komunikasi Fektif Di IRJ Al-Islam Bandung. Urnal Keperawatan BSI, 5(2), 140.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indrayani Indrayani, Aditiya Puspanegara, Legina Fajri Agustina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Nursing Practice and Education published under the terms of a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they include credit to the Author of the original work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0