Hubungan konsep diri dengan perilaku bullying pada remaja di Desa Sangkanmulya Kecamatan Cigandamekar
DOI:
https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i2.1009Abstract
Latar Belakang: Data dari WHO rata-rata 50% atau kurang lebih 1 milyar anak di dunia berusia 12-17 tahun mengalami kekerasan fisik, seksual, emosional, serta penelantaran. Komisi Perlindungan Anak Indonesia mencatat pada jangka waktu 9 tahun, yaitu mulai tahun 2011 hingga 2019 terdapat 37.381 perilaku kekerasan terhadap anak. Konsep diri salah atu prediktor yang paling penting dari perilaku bullying di kalangan remaja.
Metode: Jenis penelitian kuantitaif dengan metode analitik korelasional menggunakan rancangan penelitian cross sectional dengan teknik pengambilan sampel total sampling, sampel sebanyak 94 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisis univariat dan bivariat uji rank spearman.
Hasil: Penelitian ini diketahui hampir setengahnya responden memiliki konsep diri kategori tinggi (41.5%) sedangkan hampir setengahnya responden memiliki perilaku bullying kategori sedang (39.4%). Hasil uji rank spearman diperoleh nilai p-value=0,000 <α =0,05 dengan r hitung = - 0.792.
Kesimpulan: Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku bullying pada remaja di desa sangkanmulya kecamatan cigandamekar tahun 2023 dengan korelasi yang kuat. Artinya semakin tinggi konsep diri, maka semakin rendah perilaku bullying nya.
References
Felix Trisuko Nugroho. (2022). Hubungan Perilaku Bullying Terhadap Konsep Diri Remaja Di Kelurahan Pilangbango Kota Madiun. Jurnal Konseling Indonesia, 1–7.
Fikri, R. N., Rasyada, A. T., Dewi, E. H., Safytra, F., Adhatiyah, M., Yansu, S. P., ... & Latifah, L. (N.D.). Solusi Mengatasi Fenomena Bullying Pada Komunitas Remaja. In Proceeding Conference On Psychology And Behavioral Sciences. 2022, 1(1), 78–79.
Herdyanti, F., & Margaretha, M. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying Pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi Undip, 15(2), 92. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.14710/Jpu.15.2.92-98
Kemenkes Ri. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Khasanah, A. N., Damayanti, T., & Sirodj, D. A. N. (2017). Gambaran Negative Automatic Thoughts Pada Remaja Korban Bullying Di Sekolah Menengah Pertama Kota Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 239–250. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15575/Psy.V4i2.1698
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., Yulia Citra, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Bullying Di Sekolah (School Bullying) Pada Siswa Sma Terpadu Al-Mumin Majalaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Mulachela, Z. H. (N.D.). Pengaruh Empati Dan Iklim Sekolah Terhadap Cyberbullying Dengan Moral Disengagement Sebagai Mediator (Master’s Thesis, Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta). 2017.
Nubli. M, M. H., Marni, E., & Anggreny, Y. (2019). Hubungan Konsep Diri Pada Remaja Terhadap Kemampuan Menghadapi Perilaku Bullying Di Smkn 2 Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 9(1), 51. Https://Doi.Org/10.31258/Jni.9.1.51-58
Pramanik, G. F., Rohman, U., & Ismail, S. (2024). Analysis Of The Impact Of Bullying On Teeneger Self-Confidence. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 2226–2236.
Rizqi, H., & Inayati, H. (2019). Dampak Psikologis Bulliying Pada Remaja. Wiraraja. Medika: Jurnal Kesehatan, 9(1), 31–34.
Sartana & Helmi, A. F. (2020). Konsep Diri Remaja Jawa Saat Bersama Teman. Jurnal Psikologi, 41(2), 190–204.
Sulisrudatin, N. (2018). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2).
Surilen. (2019). Perilaku Bullying(Perundungan) Pada Anak Dan Remaja. Cdk-236,. 43(1), 35-38.
Tantono, D. F. S. A. (2019). Pengaruh Bullying Terhadap Harga Diri Siswa Sekolah Dasar. Acta Psychologia,. 1(2), 142–148.
Wijayanto, G. A., & Hidayati, E. (2021). Konsep Diri Pada Remaja Yang Mengalami Bullying. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(2), 503–509.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan di jurnal kami, setuju dengan syarat-syarat berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan Jurnal Kami hak dari publikasi pertama dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International yang memungkinkan orang lain untuk melakukan perubahan, menyesuaikan dan membangun karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal dalam Jurnal . Penulis diizinkan untuk menyalin dan mendistribusikan ulang versi karya yang diterbitkan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi di jurnal kami.