Hubungan konsep diri dengan perilaku bullying pada remaja di Desa Sangkanmulya Kecamatan Cigandamekar

Authors

  • Ronny Suhada Firmansyah Departemen Keperawatan Komunitas, Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan
  • Mayang Ramadhiana Puteri Departemen Keperawatan Komunita, Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i2.1009

Abstract

Latar Belakang: Data dari WHO rata-rata 50% atau kurang lebih 1 milyar anak di dunia berusia 12-17 tahun mengalami kekerasan fisik, seksual, emosional, serta penelantaran. Komisi Perlindungan Anak Indonesia mencatat pada jangka waktu 9 tahun, yaitu mulai tahun 2011 hingga 2019 terdapat 37.381 perilaku kekerasan terhadap anak. Konsep diri salah atu prediktor yang paling penting dari perilaku bullying di kalangan remaja.
Metode: Jenis penelitian kuantitaif dengan metode analitik korelasional menggunakan rancangan penelitian cross sectional dengan teknik pengambilan sampel total sampling, sampel sebanyak 94 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisis univariat dan bivariat uji rank spearman.
Hasil: Penelitian ini diketahui hampir setengahnya responden memiliki konsep diri kategori tinggi (41.5%) sedangkan hampir setengahnya responden memiliki perilaku bullying kategori sedang (39.4%). Hasil uji rank spearman diperoleh nilai p-value=0,000 <α =0,05 dengan r hitung = - 0.792.
Kesimpulan: Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku bullying pada remaja di desa sangkanmulya kecamatan cigandamekar tahun 2023 dengan korelasi yang kuat. Artinya semakin tinggi konsep diri, maka semakin rendah perilaku bullying nya.

References

Felix Trisuko Nugroho. (2022). Hubungan Perilaku Bullying Terhadap Konsep Diri Remaja Di Kelurahan Pilangbango Kota Madiun. Jurnal Konseling Indonesia, 1–7.

Fikri, R. N., Rasyada, A. T., Dewi, E. H., Safytra, F., Adhatiyah, M., Yansu, S. P., ... & Latifah, L. (N.D.). Solusi Mengatasi Fenomena Bullying Pada Komunitas Remaja. In Proceeding Conference On Psychology And Behavioral Sciences. 2022, 1(1), 78–79.

Herdyanti, F., & Margaretha, M. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying Pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi Undip, 15(2), 92. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.14710/Jpu.15.2.92-98

Kemenkes Ri. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Khasanah, A. N., Damayanti, T., & Sirodj, D. A. N. (2017). Gambaran Negative Automatic Thoughts Pada Remaja Korban Bullying Di Sekolah Menengah Pertama Kota Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 239–250. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15575/Psy.V4i2.1698

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., Yulia Citra, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Bullying Di Sekolah (School Bullying) Pada Siswa Sma Terpadu Al-Mumin Majalaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Mulachela, Z. H. (N.D.). Pengaruh Empati Dan Iklim Sekolah Terhadap Cyberbullying Dengan Moral Disengagement Sebagai Mediator (Master’s Thesis, Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta). 2017.

Nubli. M, M. H., Marni, E., & Anggreny, Y. (2019). Hubungan Konsep Diri Pada Remaja Terhadap Kemampuan Menghadapi Perilaku Bullying Di Smkn 2 Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 9(1), 51. Https://Doi.Org/10.31258/Jni.9.1.51-58

Pramanik, G. F., Rohman, U., & Ismail, S. (2024). Analysis Of The Impact Of Bullying On Teeneger Self-Confidence. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 2226–2236.

Rizqi, H., & Inayati, H. (2019). Dampak Psikologis Bulliying Pada Remaja. Wiraraja. Medika: Jurnal Kesehatan, 9(1), 31–34.

Sartana & Helmi, A. F. (2020). Konsep Diri Remaja Jawa Saat Bersama Teman. Jurnal Psikologi, 41(2), 190–204.

Sulisrudatin, N. (2018). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2).

Surilen. (2019). Perilaku Bullying(Perundungan) Pada Anak Dan Remaja. Cdk-236,. 43(1), 35-38.

Tantono, D. F. S. A. (2019). Pengaruh Bullying Terhadap Harga Diri Siswa Sekolah Dasar. Acta Psychologia,. 1(2), 142–148.

Wijayanto, G. A., & Hidayati, E. (2021). Konsep Diri Pada Remaja Yang Mengalami Bullying. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(2), 503–509.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Firmansyah, R. S., & Puteri, M. R. (2024). Hubungan konsep diri dengan perilaku bullying pada remaja di Desa Sangkanmulya Kecamatan Cigandamekar . Journal of Nursing Practice and Education, 4(2), 265–270. https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i2.1009
Abstract viewed = 36 times