HUBUNGAN STRES KERJA PERAWAT DENGAN IMPLEMENTASI PATIENT SAFETY DI RUANG ANAK, RUANG BEDAH DAN RUANG PENYAKIT DALAM KELAS II DAN III RSU KUNINGAN MEDICAL CENTER TAHUN 2019

  • Neneng Aria Nengsih STIKes Kuningan
  • Lian Yuliana STIKes Kuningan

Abstract

Latar Belakang : Stres kerja pada perawat dapat berpengaruh pada
kinerja, kepuasan, produktivitas, pelayanan dan perilaku caring perawat. Dengan
stres kerja yang tinggi dan tidak segera dikelola dapat menimbulkan masalah
yang meningkat sehingga menyebabkan tidak terpantaunya sistem keselamatan
pasien (patient safety. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan stres
kerja perawat dengan implementasi patient safety di ruang anak, ruang bedah
dan ruang penyakit dalam kelas II dan III di RSU Kuningan Medical Center
tahun 2019. Metode : Jenis penelitian ini adalah cross sectional. Populasi dalam
penelitian ini sebanyak 69 orang dengan jumlah sampel 61 responden diambil
menggunakan total sampling sesuai kriteria inklusi dan eklusi. Instrumen
penelitian menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan rank spearman.
Hasil : Hasil penelitian diperoleh nilai p value 0,637 yang menunjukkan bahwa
nilai p lebih kecil dari nilai α = 0,05 sehingga tidak terdapat hubungan yang
signifikan stres kerja perawat dengan implementasi patient safety.
Simpulan dan saran : Simpulan dalam penelitian ini, bahwa tidak ada
pengaruh stres kerja dengan implementasi patient safety di ruang anak, ruang
bedah, ruang penyakit dalam kelas II dan III di RSU Kuningan Medical Center
tahun 2019. Disarankan perawat dapat mengaplikasikan tentang keselamatan
pasien (patient safety) dengan baik dan mengikuti pelatihan yang diadakan agar
keselamatan pasien (patient safety) dapat terlaksana lebih baik lagi

Published
2020-12-28
How to Cite
Nengsih, N., & Yuliana, L. (2020). HUBUNGAN STRES KERJA PERAWAT DENGAN IMPLEMENTASI PATIENT SAFETY DI RUANG ANAK, RUANG BEDAH DAN RUANG PENYAKIT DALAM KELAS II DAN III RSU KUNINGAN MEDICAL CENTER TAHUN 2019. Journal of Public Health Innovation, 1(1). Retrieved from http://ejournal.stikku.ac.id/index.php/jphi/article/view/221