HUBUNGAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT JUANDA KUNINGAN

  • Aditiya Puspanegara STIKes Kuningan
  • Suci Apriyanti
Keywords: Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal, Tingkat Kepuasan Pasien

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan pasien di Rumah Sakit Juanda
Kuningan masih ada pasien merasa tidak puas dalam pelayanannya. Komunikasi
verbal dan non verbal yang dilatih secara terus menerus melalui kemampuan
belajar mandiri, penyegaran dan pelatihan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi
verbal dan non verbal perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di
Rumah Sakit Juanda Kuningan Tahun 2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross
sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap ruang RPU 3 di
Rumah Sakit Juanda Kuningan bulan Januari sampai Maret 2020 rata-rata per
bulan sebanyak 65 pasien. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
Total Sampling sehingga diperoleh 72 pasien. Instrumen dalam penelitian adalah
kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan
analisis bivariat.
Tidak ada hubungan komunikasi verbal dan non verbal perawat dengan
tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Juanda Kuningan Tahun 2020.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan Rumah Sakit hendaknya dalam
rancangan dan membuat kebijakan pelayanan keperawatan dalam memenuhi
kebutuhan pasien agar terciptanya kepuasaan pasien.

Published
2020-12-23
How to Cite
Puspanegara, A., & Apriyanti, S. (2020). HUBUNGAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT JUANDA KUNINGAN. Journal of Nursing Practice and Education, 1(1). Retrieved from http://ejournal.stikku.ac.id/index.php/jnpe/article/view/214