KORELASI SUPERVISI KEPALA RUANG DENGAN KELENGKAPAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD ’45 KUNINGAN

Authors

  • Aria Pranatha STIKes Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i1.210

Keywords:

Supervisi, Kepala Ruang, Pendokumentasian, Asuhan Keperawatan

Abstract

Dokumentasi asuhan keperawatan merupakan aspek penting dalam proses keperawatan dan merupakan salah satu indikator dalam meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di rumah sakit. Walaupun sebenarnya dokumen asuhan keperawatan ini merupakan hal yang penting, terkadang di rumah sakit kualitas pendokumentasian asuhan keperawatan masih dirasa kurang baik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di ruang Cempaka RSUD ’45 Kuningan, lima dari tujuh dokumentasi asuhan keperawatan masih terdapat belum lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara supervisi kepala ruangan dengan kelengkapan pendokumentasian asuhan keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD ’45 Kuningan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif analitik cross sectional dengan jumlah sampel 48 responden dan menggunakan teknik probability sampling dengan cara proporsional sampel acak berstrata. Analisa data yang digunakan yaitu analisis statistik korelasi Rank Spearmen. Gambaran supervisi kepala ruang yang termasuk kedalam kategori baik yaitu sebanyak 29 orang (60,4%). Sedangkan gambaran kelengkapan pendokumentasian asuhan keperawatan yang dilakukan oleh perawat yang termasuk ke dalam kategori lengkap terdapat 32 orang (66,7%). Hasil uji korelasi Rank Spearmen didapatkan nilai r = 0,783 dan p value = 0,000. Terdapat korelasi yang signifikan antara supervisi kepala ruang dengan kelengkapan pendokumentasian asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD ’45 Kuningan. Kepala ruang diharapkan lebih meningkatkan supervisi keperawatan kepada perawat pelaksana khususnya memberikan pengarahan terkait pendokumentasian asuhan keperawatan sesuai dengan standar yang ada

References

Daftar Pustaka
Ahaddyah, R. M. (2012). Analisis Pelaksanaan Supervisi Keperawatan di RSUD Kota Depok Tahun 2012.
Dewi, R., Yetti, K., & Ayubi, D. (2008). Supervisi Kepala Ruangan Berdasarkan Kelengkapan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(3), 187–192.
Diyanto, Y. (2007). Analisis Faktor–Faktor Pelaksanaan Dokumentasi Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
Iyer, P. W. (2004). Dokumentasi Keperawatan Suatu Pendekatan Proses Keperawatan Edisi 3. EGC.
Nainggolan, M. J. (2010). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Islam Malahayati Medan.
Notoatmodjo, S. (2010). Pengantar Pendidikan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanti, E. D. (2012). Kelengkapan Dokumentasi Asuhan Keperawatan dan Karakteristiknya Pada Pasien Rawat Inap Dewasa Non Kebidanan Di Rumah Sakit Haji Jakarta. Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia.
Silawati, T., & Kurniawati, T. (2014). Hubungan antara Supervisi Kepala Ruang dengan Kelengkapan Dokumentasi Asuhan keperawatan di Ruang Rawat Inap Nur Hidayah Bantul. STIKES’Aisyiyah Yogyakarta.
Siswanto, L. M. H., Hariyati, R. T. S., & Sukihananto, S. (2013). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kelengkapan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 16(2), 77–84.
Sumaedi, D. A. (2010). Persepsi Perawat dalam Pelaksanaan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di RSUD GJ Kota Cirebon. Universitas Indonesia.
Triyanto, E., & Kamaluddin, R. (2008). Gambaran Motivasi Perawat dalam Melakukan Dokumentasi Keperawatan di RSUD Prof. Dr. Margono SOekarja Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 3(2), 66–80.
Widodo, W. N., Wungow, H., & Hamel, R. S. (2016). Hubungan Peran Ketua Tim dengan Kinerja Perawat Pelaksana dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Irina F Rsup Prof Dr. RD Kandou Manado. Jurnal Keperawatan, 4(2).
Yanti, R. I., & Warsito, B. E. (2013). Hubungan Karakteristik Perawat, Motivasi, dan Supervisi dengan Kualitas Dokumentasi Proses Asuhan Keperawatan. Jurnal Manajemen Keperawatan, 1(2).

Downloads

Published

2020-12-23

How to Cite

Pranatha, A. (2020). KORELASI SUPERVISI KEPALA RUANG DENGAN KELENGKAPAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD ’45 KUNINGAN. Journal of Nursing Practice and Education, 1(1), 73–82. https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i1.210
Abstract viewed = 715 times