PENGARUH TERAPI MUROTTAL AL-QUR'AN TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA PRODI S1 KEPERAWATAN TINGKAT II STIKES YPIB MAJALENGKA TAHUN 2019
DOI:
https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i1.193Keywords:
Terapi Murottal Al-Qur’an, KonsentrasiAbstract
Keberhasilan suatu proses belajar dipengaruhi oleh konsentrasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi murottal Al-Qur’an terhadap peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa tingkat II S1 keperawatan STIKes YPIB Majalengka. Desain penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen Design rancangan Non Equaivalent Control Group dengan sampel yaitu 36 mahasiswa kelompok eksperimen dan 36 mahasiswa kelompok kontrol dengan menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner Army Alpha. Analisa data menggunakan uji statistik Uji Wilcoxon. Hasil pengolahan data pada kelompok eksperimen didapatkan nilai Ï value = 0.000 atau Ï < 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi murottal Al-Qur’an terhadap peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa tingkat II S1 keperawatan STIKes YPIB Majalengka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan di jurnal kami, setuju dengan syarat-syarat berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan Jurnal Kami hak dari publikasi pertama dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International yang memungkinkan orang lain untuk melakukan perubahan, menyesuaikan dan membangun karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal dalam Jurnal . Penulis diizinkan untuk menyalin dan mendistribusikan ulang versi karya yang diterbitkan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi di jurnal kami.