PENGARUH TERAPI MUROTTAL AL-QUR'AN TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA PRODI S1 KEPERAWATAN TINGKAT II STIKES YPIB MAJALENGKA TAHUN 2019

Authors

  • Yophi Nugraha STIKes YPIB Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i1.193

Keywords:

Terapi Murottal Al-Qur’an, Konsentrasi

Abstract

Keberhasilan suatu proses belajar dipengaruhi oleh konsentrasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi murottal Al-Qur’an terhadap peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa tingkat II S1 keperawatan STIKes YPIB Majalengka. Desain penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen Design rancangan Non Equaivalent Control Group dengan sampel yaitu 36 mahasiswa kelompok eksperimen dan 36 mahasiswa kelompok kontrol dengan menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner Army Alpha. Analisa data menggunakan uji statistik Uji Wilcoxon. Hasil pengolahan data pada kelompok eksperimen didapatkan nilai Ï value = 0.000 atau Ï < 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi murottal Al-Qur’an terhadap peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa tingkat II S1 keperawatan STIKes YPIB Majalengka.

Downloads

Published

2020-12-21

How to Cite

Nugraha, Y. (2020). PENGARUH TERAPI MUROTTAL AL-QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA PRODI S1 KEPERAWATAN TINGKAT II STIKES YPIB MAJALENGKA TAHUN 2019. Journal of Nursing Practice and Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i1.193
Abstract viewed = 798 times